in ,

Wisata di Padang Panjang, Destinasi Wisata Asik untuk Liburan Akhir Tahun

Jangan Lupa Mampir ke Wisata di Padang Panjang, Habiskan Liburan Panjang

Wisata di Padang Panjang
Wisata di Padang Panjang

Jika menyebut Provinsi Sumatera Barat, Teman Traveler pasti langsung teringat nikmatnya sajian kuliner yang selalu menggugah selera. Selain kuliner, tentunya bervariasi destinasi wisata bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih. Di Sumatera Barat, terdapat satu wilayah terkecil yang menyimpan beragam destinasi wisata yang memiliki pesona tersendiri. Ini pesona wisata di Padang Panjang yang bisa Teman Traveler jadikan lokasi wisata di liburan mendatang.

Baca juga : Best Spots to Visit in Pesisir Selatan, Western Sumatera

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM)

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau via Instagram @genpipadangpanjang
Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau via Instagram @genpipadangpanjang

Saat melakukan wisata di Padang Panjang, Teman Traveler bisa banget mampir ke salah satu museum yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, yaitu Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Berada di dalam bangunan khas Minangkabau, Rumah Gadang Koto Piliang, di museum ini Teman Traveler bisa menjumpai banyak informasi juga koleksi tentang kebudayaan Minangkabau. Tak hanya lebih dari 360 buah koleksi foto, tapi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau juga terdapat dokumentasi audio.

Lembah Anai Padang Panjang

Lembah Anai Padang Panjang via Instagram @rose_nafrin
Lembah Anai Padang Panjang via Instagram @rose_nafrin

Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, berasal dari aliran sungai Batang Lurah Dalam yang mengalir dari atas Gunung Singgalang. Air terjun ini berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Saat melintasi jalan trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukit Tinggi, Teman Traveler bisa melihat air terjun ini karena hanya berjarak beberapa meter dari pinggir jalan.

Kampung Wisata Kubu Gadang

Kampung Wisata Kubu Gadang via Instagram @desawisatakubugadang
Kampung Wisata Kubu Gadang via Instagram @desawisatakubugadang

Di Padang Panjang, Teman Traveler bisa berkunjung ke desa wisata Kubu Gadang, tepatnya berada di Jalan Haji Miskin, Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Di desa ini, Teman Traveler bisa menginap di homestay dan menikmati keindahan alam yang masih asri seperti sawah dan pemandangan gunung. Tak hanya pemandangan, Teman Traveler bisa merasakan serunya paket wisata yang telah disediakan, berupa paket edukasi, kuliner dan atraksi. Dalam paket edukasi, Teman Traveler bisa belajar masakan tradisional atau kegiatan edukasi lainnya. Beberapa tari tradisional bisa disaksikan dalam paket atraksi.

Pasar Digital Kubu Gadang

Pasar Kubu Gadang via Instagram @genpipadangpanjang
Pasar Kubu Gadang via Instagram @genpipadangpanjang

Puas menikmati keindahan alam dan paket wisata di desa wisata Kubu Gadang, boleh banget nih beralih ke pasar digital Kubu Gadang. Pasar ini mengusung konsep yang menarik yang mengundang perhatian untuk dikunjungi. Segala objek yang ada di pasar digital Kubu Gadang, mulai dari penampilan pedagang, tempat jual beli hingga alat tukar untuk bertransaksi, dibuat unik. Terdapat kuliner tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan ada di pasar ini, seperti bakwan lanyah, sarang pinjangek, lompong sagu dan masih banyak lagi. Tak boleh dilewatkan, banyak spot asik untuk dijadikan latar berfoto yang instagram-able.

Meski merupakan wilayah terkecil di Sumatera Barat, namun Padang Panjang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menikmati pemandangan, melakukan kegiatan seru dan mencicip kuliner, destinasi wisata di Padang Panjang sangat instagram-able. Jadi, Teman Traveler sudah siap berwisata di Padang Panjang? Next

ramadan
Via Instagram/jogjabikinlaper

Sate Karang Pak Prapto, Legendanya Kuliner di Kotagede Jogjakarta Sejak 1947

Desa Liya Togo, Pesona Wakatobi Lainnya yang Sayang Dilewatkan