in ,

Sate Karang Pak Prapto, Legendanya Kuliner di Kotagede Jogjakarta Sejak 1947

Sate Karang Pak Prapto di Kotagede yang Begitu Melegenda

Via Instagram/jogjabikinlaper
Via Instagram/jogjabikinlaper

Jogja memiliki banyak tempat yang menarik sekali untuk dituju, salah satunya Kotagede. Yup, daerah yang terdapat di bagian selatan Jogja ini menyuguhkan bergama daya tarik wisata, ada wisata sejarah, budaya, sampai dengan kerajinan perak. Lelah jalan-jalan ke banyak destinasi wisata Kotagede, waktunya untuk berburu kuliner lezat. Salah satunya adalah Sate Karang Pak Prapto atau ada juga yang menyebutkan sebagai Sate Karang Mbah Karyo, ini sama.

Baca juga : Wisata Batu Angus, Bukti Dahsyat Kekuatan Gamalama

Kuliner Turun Temurun dengan Resep Terjaga

Sate karang legendaris, Via Instagram/jogjabikinlaper
Sate karang legendaris, Via Instagram/jogjabikinlaper

Sate Sapi Karang Pak Prapto ini ternyata dirintis oleh Mbah Karyo Semitro. Singkat cerita, pada tahun 1947, Mbak Karyo Semitro awalnya berjualan sate sapi dengan menggunakan pikulan dan dibawa keliling di kawasan Kotagede. Sampai akhirnya pada tahun 1964, usaha sate ini diteruskan oleh anaknya yang bernama Prapto Hartono. Nama yang lebih terkenal daripada perintisnya.

Kulineran di Kotagede, Via Instagram/jogjabikinlaper
Kulineran di Kotagede, Via Instagram/jogjabikinlaper

Sementara itu untuk nama karang yang diusung, ternyata tidak ada kaitannya sama sekali dengan batuan karang. Sate ini dijual di sekitaran daerah yang bernama Karang, maka dari itulah, sampai sekarang ini disebut demikian. Dan ini menajdi perintis sate-sate lainnya di daerah Karang.

Penyajian Sate yang Berbeda dari Lainnya

Disajikan dengan lontong sayur, Via Instagram/gilamakanjogja
Disajikan dengan lontong sayur, Via Instagram/gilamakanjogja

Jika sate lainnya dipadu dengan bumbu kacang ataupun kecap, berbeda dengan di sini. Memang di sini dibumbui dengan kacang, namun teksturnya lebih kering dan padang. Lebih mirip dengan sate Ponorogo. Untuk lontongnya disajikan dengan sayur lodeh tempe pedas dengan kuah santan encer seperti halnya ketupat sayur. Dan citarasanya adalah manis, gurih, dan pedas.

Untuk porsinya, ada tiga yang bisa dipilih, kecil (5 tusuk), sedang (7 tusuk), dan porsi utuh (10 tusuk sate. Jadi, kamu bisa memilih mana porsi yang pas. Jika sedang kelaparan, porsi sate utuh bisa dicoba.

Alamat Sate Karang Pak Prapto

Rekomended untuk dicicipi, Via Instagram/masclink_kulineran
Rekomended untuk dicicipi, Via Instagram/masclink_kulineran

Alamat Sate Karang Pak Prapto ini berada di tepi Lapangan Karang, di sebelah utara Pasar Legi, Kotagede, Jogja. Lokasi tepatnya di Jl. Nyi Pembayun, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Jogjakarta. Buka setiap hari mulai dari pukul 17:00 sampai 22:00 WIB. Cocok dikunjungi buat kamu yang kulineran di malam hari. Sementara itu untuk harganya sendiri, seporsi sate di sini dibanderol Rp33.000, dengan rincian sate Rp23.000 dan lontong sayur Rp10.000 per November 2018.

Sate Karang Kotagede, Via Instagram/javafoodie
Sate Karang Kotagede, Via Instagram/javafoodie

Jika sedang berencana untuk kulineran di sekitaran Kotagede, jangan lupa untuk mencici Sate Karang Pak Prapto ini ya Teman Traveler. Citarasa sate sapi yang bikin ketagihan, teksturnya empuk dengan citarasa yang pas. Next

ramadan
Akomodasi di Magelang dekat tempat wisata

Mulai dari Bangunan Bersejarah Hingga Tempat Instagenic, Bisa Dijangkau dengan Akomodasi di Magelang Ini!

Wisata di Padang Panjang

Wisata di Padang Panjang, Destinasi Wisata Asik untuk Liburan Akhir Tahun