in ,

Jelajah Wisata di Solok, Mampir Setelah Hadiri Baralek Gadang Festival

Usai Saksikan Baralek Gadang Festival, Jangan Lupa Jelajah Wisata di Solok

Wisata di Solok
Wisata di Solok

Solok, Kabupaten yang tersohor dengan wisata Danau Singkarak ini rutin mengadakan Baralek Gadang ‘Pesta Rakyat’ sebagai perayaan ulang tahun Solok. Menampilkan beragam parade budaya, pertunjukan seni, dan makan baronjin alias makan bersama. Tahun ini selebrasi ini akan dilaksanakan pada 14 Desember. Inilah saat yang tepat untuk singgah, selain menyaksikan beragam atraksi di pesta rakyat ini. Teman Traveler juga bisa jelajah wisata di Solok. Apa saja ya? Yuk dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Pulau Gebe, Menikmati Keindahan di Ujung Tenggara Kaki Halmahera

Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang via Instagram @ardiesensei
Kebun Teh Alahan Panjang via Instagram @ardiesensei

Kebun teh yang berada di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumantri ini berada di ketinggian 1400-1600 mdpl. Dari ibu kota kabupaten Solok berjarak sekitar 25 kilometer, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 45 menit. Teman Traveler dapat menikmati keindahan kebun teh Alahan Panjang dengan menyewa sepeda yang disediakan di kawasan ini. Selain itu, pengunjung bisa memetik teh bersama petani.

Danau Kembar

Danau Kembar via Instagram @kvitlandmusicofficial
Danau Kembar via Instagram @kvitlandmusicofficial

Wisata di Solok ini berlokasi di Bungo Tanjung, Nagari Alahan Panjang, berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kabupaten. Kawasan ini memiliki dua buah danau terletak berdekatan dengan ukuran hampir sama, disebut Danau di Atas dan Danau di Bawah. Uniknya, Danau di Bawah posisinya lebih tinggi daripada Danau di Atas. Danau Kembar menawarkan panorama hamparan air kebiruan dengan latar belakang perbukitan hijau.

Puncak Gobah

Puncak Gobah via Instagram @darie_chan
Puncak Gobah via Instagram @darie_chan

Wisata di Solok ini tidak jauh dari Danau Singkarak dan dapat diakses dengan motor selama sekitar 40 menit perjalanan. Sehingga dari Puncak Gobah, Teman Traveler bisa menikmati keindahan Danau Singkarak dari atas. Pengunjung bisa naik ke atas rumah pohon yang biasa dijadikan spot berfoto sekaligus menikmati keelokan area ini.

Bukik Chi Nang Kiek

Bukik Chi Nang Kiek via Instagram @bilajani_lubis
Bukik Chi Nang Kiek via Instagram @bilajani_lubis

Bukik Chi Nang Kiek merupakan wisata di Solok yang menawarkan panorama bukit hijau. Tempat ini berlokasi di Singkarak. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 2 jam dari pusat kabupaten Solok. Teman Traveler dapat menikmati keindahan Danau Singkarak dari area ini. Disediakan rumah pohon, tempat outbond, motor trail untuk jelajah kawasan ini, tempat makan, dan lainnya. Hanya perlu siapkan budget untuk tiket dan parkir sekitar Rp10 ribuan.

Sejumlah wisata di Solok tersebut sudah siap nih menyambut Teman Traveler, setelah menghadiri Baralek Gadang ‘Pesta Rakyat’. Mampir sekalian ke Danau Singkarak juga bisa. Sudah ada rencana untuk liburan ke kabupaten ini? Next

ramadan
Akomodasi di Jogja dengan Family Room

Akomodasi di Jogja dengan Family Room di Bawah 500 Ribu, Liburan Hemat ala Keluarga

Taman Riung Gunung

Ragam Pilihan Tempat Wisata di Puncak Bogor, Refreshing Seru di Akhir Pekan