in ,

Wisata Edukasi Omah Jenang, Bisa Memasak, Cicipi, sampai Pelajari Filosofinya

Wisata Edukasi Omah Jenang, Wisata Sembari Belajar dan Kulineran

Wisata Edukasi Omah Jenang
Wisata Edukasi Omah Jenang

Kalau selama ini tahunya Blitar hanya Kampung Coklat. kamu salah. Ada wisata menarik lainnya yang juga bisa untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Edukasi Omah Jenang. Banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba. Seperti apa Wisata Edukasi Omah Jenang ini?

Baca juga : Mie Ayam Pak Thoyonk, Kuliner Enak di Jogja yang Buka Hingga Tengah Malam

Berawal dari Rumah Produksi Jenang Sejak 1985

Omah Jenang di Blitar, via Instagram/ulyanaeti
Omah Jenang di Blitar, via Instagram/ulyanaeti

Bukan langsung menjadi wisata edukasi, ternyata Omah Jenang ini berawal dari industri rumahan. Sejak tahun 1985 dan kemudian turun temurun dan dikelola oleh para penerusnya. Awalnya jenang dipesan saat ada acara-acara hajatan, kemudian lama-kelamaan dikembangkan untuk oleh-oleh khas Blitar dan dibungkus kecil-kecil.

Omah Jenang Jadi Wisata Edukasi Tahun 2016

Bisa untuk foto-foto juga, via Instagram/dewimayonk
Bisa untuk foto-foto juga, via Instagram/dewimayonk

Yuyun yang merupakan putri dari sang pendiri mengembangkan berbagai inovasi dan kreasi. Usahanya sempat mengalami penurunan dan pemesanan jenang berkurang. Sampai pada akhirnya pada tahun 2016 yang lalu, tempat yang awalnya jadi lokasi pengolahan jenang ini beralih ke arah wisata edukasi. Orang-orang yang datang bisa belajar tata cara pembuatan jenang.

Tawarkan Banyak Aktivitas Menarik

Wisata edukasi di Blitar, via Instagram/chinyochristiawan
Wisata edukasi di Blitar, via Instagram/chinyochristiawan

Wisata Edukasi Omah Jenang ini menawarkan beragam aktivitas yang menarik. Para pengunjung yang datang bisa berbelanja jenang. Mereka juga bisa mempelajari seluk beluk jenang, sampai dengan filosofi di baliknya. Kamu juga bisa melihat secara langsung pengolahan jenang yang nantinya dipasarkan sebagai salah satu oleh-oleh dari Blitar ini.

Produk jenang, via Instagram/dharygraph
Produk jenang, via Instagram/dharygraph

Para pengunjung bisa merasakan sensasi langsung mengaduk jenang menggunakan tungku besar yang disebut jedi. Satu jedi ini biasanya akan menampung 100-125 biji kelapa, 30kg ketan dan juga 30kg gula kelapa. Pembuatan jenang ini kira-kira menghabiskan waktu kurang lebih sampai 7 jam lamanya.

Alamat Wisata Edukasi Omah Jenang

Dikunjungi oleh berbagai kalangan, via Instagram/chinyochristiawan
Dikunjungi oleh berbagai kalangan, via Instagram/chinyochristiawan

Omah Jenang berada di Jl. Masjid No. 46, rejowinangun, Kademangan, Blitar. Butuh waktu kurang lebih 30 menit perjalanan dari pusat Kota Blitar. Tempat ini telah menjadi wisata edukasi dan sudah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Jenang dipatok Rp25.000 sampai dengan Rp30.000 per satu kilogramnya. Lantaran bisa bertahan sampai 1 bulan lamanya, cocok sekali untuk diajdikan oleh-oleh.

Wisata Edukasi Omah Jenang ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin berkunjung ke tempat-tempat menyenangkan, sembari belajar ilmu baru. Ajak sekalian anak-anak dan rombongan, mereka akan sangat senang diajak ke tempat ini. Next

ramadan
Keliling Ho Chi Minh City jalan kaki

Keliling Ho Chi Minh City Jalan Kaki? Bisa Kok!

Es Kapal Pak Suradi

Es Kapal Pak Suradi yang Telah Sejak Tahun 1957 Beroperasi, Simpan Nilai Filosofis di Dalamnya