in ,

Es Kapal Pak Suradi yang Telah Sejak Tahun 1957 Beroperasi, Simpan Nilai Filosofis di Dalamnya

Es Kapal Pak Suradi yang Legendaris di Solo

Es Kapal Pak Suradi
Es Kapal Pak Suradi

Solo, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan destinasi wisata budaya Jawa yang kental. Tak hanya wisata berbasis budaya saja, kota yang juga disebut sebagai Surakarta ini menawarkan banyak kuliner menarik. Salah satunya adalah Es Kapal. Sekilas, minuman segar ini mirip dengan es puter, namun berbeda. Nah, salah satu yang telah bertahun-tahun ada adalah Es Kapal Pak Suradi.

Baca juga : Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Legendaris Surabaya dengan Cita Rasa Penuh Selera!

Es Kapal Pak Suradi yang Telah Ada Sejak 1957

Es Kapal Pak Suradi, via Instagram/solokenyang
Es Kapal Pak Suradi, via Instagram/solokenyang

Pak Suradi berjualan es kapal sejak tahun 1957. Ia mulai berjualan sejak usia yang belia, 15 tahun. Perbedaanya dengan sekarang, pada zaman dahulu Pak Suradi menjajakan dagangannya dengan cara dipikul. Sekarang ini memanfaatkan gerobak untuk berjualan. Disebut dengan Es Kapal lantaran bentuk gerobak untuk jualannya menyerupai sebuah kapal.

Tidak hanya itu saja, ada makna mendalam lainnya yang menjadi latar belakang penamaan es kapal. Yakni, lantaran Indonesia pada zaman dahulu banyak pelautnya, maka es kapal ini juga menjadi semacam bentuk penghargaan tersendiri. Roti dimasukkan ke dalam gelas juga mirip moncong kapal.

Seporsi Kesegaran Es Kapal Pak Suradi

Rekomended buat dicoba, via Instagram/solokenyang
Rekomended buat dicoba, via Instagram/solokenyang

Es kapal terbuat dari bahan-bahan seperti halnya santan kelapa yang dicampur dengan serutan es. Nah, setelah bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam gelas saji, selanjutnya ditambah sepotong roti tawar yang diatasnya akan dilumeri dengan susu coklat. Salah satu pilihan kuliner penghilang dahaga saat jalan-jalan ke Solo. Begitu istimewa, kuliner yang keberadaaanya jarang ditemukan di luar Solo.

Es Legendaris dengan Harga yang Murah Meriah

Segar dan menggiurkan, via Instagram/waosansurakarta
Segar dan menggiurkan, via Instagram/waosansurakarta

Memang benar es kapal ini masuk jajaran kuliner legendaris di Solo, namun harganya tetap terkangkau di berbagai kalangan. Satu porsi es kapal dibandrol Rp5.000 saja. Dengan uang yang tak seberapa, kamu bisa menangkal panasnya Solo. Maka dari itulah, jika sedang berada di kota kelahirannya Presiden Jokowi, jangan segan untuk mencicipi es kapal ya.

Tempat Mangkal Es Kapal Pak Suradi

Es Kapal jangan dilewatkan, via Instagram/dianpermatasari_
Es Kapal jangan dilewatkan, via Instagram/dianpermatasari_

Pak Suradi mulai berjualan pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Kemudian untuk lokasi mangkalnya, biasanya berada di depan Museum Keris Nusantara, Solo. Alamat tepatnya berada di Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

Atau jika tidak biasanya ya berada di sekitaran Museum Keris Nusantara ini. Sudah banyak wisatawan yang berbru kenikmatannya, jadi Teman Traveler jangan melewatkannya ya

Es-es jadul seperti halnya Es Kapal Pak Suradi ini rekomended buat dicicipi. Ada nilai filosofis mendalam di baliknya, dan rasanya juga begitu menggiurkan. Semoga kamu punya kesempatan untuk mencobanya ya. Next

ramadan
Wisata Edukasi Omah Jenang

Wisata Edukasi Omah Jenang, Bisa Memasak, Cicipi, sampai Pelajari Filosofinya

Bermalam di Tempat Menginap Unik Jepang Ini, Lucu Sekaligus Menyeramkan!