in , ,

Dianugerahi Sebagai Kota Terbersih se-ASEAN, Ini 5 Wisata Gratis di Semarang

Ada jalan a la Malioboro juga lho

Ada kabar gembira untuk semua warga Indonesia nih. Semarang baru saja mendapat predikat sebagai kota wisata terbersih se-ASEAN pada ajang ASEAN Tourism Forum 2020. Nah, oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas salah satu hal tentang kota ini. Yaitu beragam wisata gratis yang ada di Semarang. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Baca juga : Sate Sambas Haji Rofii, Kuliner Legendaris Jakarta dengan Bumbu Khas yang Tak Berubah

1. Tugu Muda

wisata gratis di semarang
Tugu Muda Semarang (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pertama, ada Tugu Muda yang berlokasi di bundaran persimpangan arah ke Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan MGR. Soegijopranoto. Di sini, selain menyaksikan tugu bernilai sejarah kalian juga bisa mengabadikan momen karena banyak sekali spot foto instagenik.

Kemudian, di sini juga terdapat dancing fountain dengan nyala lampu berwarna-warni, taman luas dengan aneka tanaman hias yang rimbun, pemandangan langsung Lawang Sewu, hingga downtron yang dipasang di Gedung Pandanaran. Dengan spot wisata sebanyak itu, kalian bisa menikmatinya tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sepeser pun.

2. Bridge Fountain

wisata gratis di semarang
Bridge fountain (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selanjutnya, ada Bridge fountain di Semarang yang merupakan air mancur menari pertama di Indonesia. Letaknya berada di Jembatan Banjir Kanal Barat, Semarang. Letak air mancur berada di sisi kanan, kiri dan tengah jembatan.

wisata gratis di semarang
Bridge fountain yang berubah warna (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Di sini, kalian bisa menikmati air terjun dengan background lampu warna-warni yang menari-nari serasi dengan irama lagu yang dimainkan. Untuk jadwal penghidupan air mancur menari ini adalah pada hari Jumat & Sabtu malam jam 19:30-20:00 dan 21:00-21:30.

Menariknya, kalian tak perlu membayar biaya apapun, cukup berhenti di sepanjang jalan dan Teman Traveler bisa melihat keindahan dancing fountain di sini. Namun jangan lupa perhatikan tempat berhentimu ya, agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas serta membahayakan keselamatan.

3. Sky Bridge

whatsapp_image_2020_01_28_at_22_whk.jpeg
Sky Bridge (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Kemudian, ada Sky Bridge yaitu jembatan penyeberangan orang (JPO) di Semarang yang baru diresmikan pada tanggal 9 Januari 2020. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan antara gedung parkir Pandanaran dengan pusat oleh-oleh Pandanaran di Jalan Pandanaran.

whatsapp_image_2020_01_28_at_22_UJS.jpeg
Sky bridge dengan warna hijau (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Jembatan ini terbilang sangat indah, dengan desain futuristik yang dilengkapi lampu-lampu warna-warni dengan bentuk unik dan sangat instagenic. Lalu, di bawah jembatan ini, Teman Traveler juga bisa melihat sebuah taman kecil dengan air mancur di dalamnya. Selain itu, di jembatan ini juga tersedia balkon sehingga kamu bisa melihat keindahan lalu-lintas bawah dari ketinggian.

4. Taman Indonesia Kaya

whatsapp_image_2020_01_28_at_22_WLx.jpeg
Taman Indonesia Kaya (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Ada lagi nih wisata gratis di Semarang yang bernama Taman Indonesia Kaya. Itu adalah taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang ditujukan sebagai wadah ekspresi para seniman dan pekerja seni.

Taman ini adalah hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dan diresmikan pada Rabu, 10 Oktober 2018. Untuk masuk ke taman ini, kalian tak perlu membayar tiket masuk, cukup dengan biaya parkir sebesar Rp2.000.

5. Trotoar a la Malioboro

whatsapp_image_2020_01_28_at_22_ULe.jpeg
Trotoar di Jalan Imam Bonjol (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Beberapa trotoar di Kota Semarang sudah banyak diubah ke fungsi aslinya dan juga dipercantik dengan hiasan taman-taman kecil, bola-bola artistik, serta kursi-kursi cantik di sepanjang pinggir trotoar. Di sini, kalian bisa duduk santai sambil berfoto-foto cantik di sepanjang jalan dengan gratis.

whatsapp_image_2020_01_28_at_22_FqZ.jpeg
Trotoar di Jalan Madukoro (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Itulah beberapa wisata gratis yang ada di Semarang. Semuanya menarik dan tentu bisa menjadi spot berfoto. Bagaimana, apa kalian ingin mengunjunginya dalam waktu dekat? Next

ramadan

Candi Jawi Prigen, Situs Bersejarah dengan Latar Belakang Gunung Penanggungan

Sunrise Terlihat dari Dalam Kereta

Serunya Melihat Sunrise dari Dalam Kereta Api Tumapel Malang Surabaya