in , ,

Candi Jawi Prigen, Situs Bersejarah dengan Latar Belakang Gunung Penanggungan

Panoramanya dijamin memanjakan mata

Bagi Teman Traveler yang gemar berwisata sejarah, tentunya nama Candi Jawi Prigen sudah tidak asing lagi. Terutama untuk yang tinggal di Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya. Lokasinya yang berada di jalan raya dan dekat dengan Kawasan Tretes ini membuat candi ini sangat mudah ditemukan. Kira-kira apa sih menariknya Candi Jawi ini? Yuk kita simak ulasannya.

Baca juga : Cicipi Paria Kambu Khas Makassar, Ubah Pahit Pare Jadi Gurih

Sejarah Candi

candi jawi prigen
Relief candi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Candi Jawi merupakan situs yang bercorak Hindu-Buddha dan merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Singhasari. Candi ini dibangun sekitar abad ke 13. Menurut Negarakretagama, nama Candi Jawi ini adalah Jajawa. Candi ini merupakan tempat penyimpanan abu raja terakhir Kerajaan Singhasari yaitu Raja Kertanegara.

candi jawi prigen
Ruangan dalam candi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Candi ini memiliki ukuran panjang 14,24 meter, lebar 9,55 meter dan tinggi mencapai 24,5 meter. Saat ini, bilik dalam tubuh candi dalam keadaan kosong, menurut Nagarakretagama, dahulunya terdapat arca Siwa di dalam bilik tersebut. Namun, karena candi telah dipugar beberapa kali, arca-arca sudah tidak lengkap lagi. Ada yang dipindah ke museum maupun ke tempat komersial.

Lokasi Candi

candi jawi prigen
Candi Jawi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Candi Jawi terletak di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi ini terletak di pertengahan jalan raya antara Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Prigen. Jika Teman Traveler ingin ke candi ini, bisa naik bus jurusan Surabaya-Malang maupun sebaliknya dan turun di Terminal Pandaan. Dari Terminal Pandaan, kalian bisa naik ojek maupun naik kendaraan umum jurusan Tretes.

Candi yang Berlatar Belakang Gunung Penanggungan

candi jawi prigen
Latar belakang Gunung Penanggungan (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Candi Jawi yang terletak di kaki Gunung Welirang ini mempunyai panorama yang indah. Salah satunya yaitu view Gunung Penanggungan. Kalian bisa melihatnya, di bagian belakang candi yang membuat situs ini tampak semakin indah.

Lingkungan yang Bersih dan Terawat

Dokumentasi Pribadi
Bagian belakang candi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Walaupun Candi Jawi tidak sebesar dan seterkenal Candi Borobudur, lokasi candi ini sangat terawat. Biaya pemeliharaan candi ini didapat dari sumbangan pengunjung secara sukarela maupun dari LSM.  Tidak ada sampah di area halaman candi. Jadi kalau Teman Traveler mampir kesana, jangan buang sampah sembarangan, ya.

Hal yang Bisa Dilakukan di Candi

Dokumentasi Pribadi
Candi Jawi dari bawah (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Banyak sekali yang bisa Teman Traveler lakukan di Candi Jawi. Selain berwisata sejarah, kalian juga bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar candi. Selain itu, kalian juga bisa berfoto di sekitar candi baik dengan view Gunung Penanggungan maupun dengan view Candi Jawi.

Penginapan di sekitar Candi Jawi

Dokumentasi Pribadi
Halaman depan Candi Jawi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler berasal dari luar kota dan ingin menginap, kalian tidak perlu khawatir karena di sekitar Candi Jawi terdapat banyak sekali penginapan. Teman traveler bisa memilih mulai tempat kos harian sampai hotel yang mewah. Selain itu, kaliam bisa juga menginap di Kawasan Tretes yang sejuk karena berada di area pegunungan.

Bagaimana, menarik sekali bukan Candi Jawi Prigen ini? Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan di sini. Mulai dari wisata sejarah hingga menikmati panorama indah. Bagaimana, kapan nih kalian ingin berkunjung ke sini? Next

ramadan

Umeda Sky Building, Melihat Keindahan Osaka dari Gedung Berarsitektur Unik

Dianugerahi Sebagai Kota Terbersih se-ASEAN, Ini 5 Wisata Gratis di Semarang