in , ,

Wisata Ikonik Nusa Penida, Auto Menyesal Kalau Gak Mampir

Daftar Destinasi yang Wajib Disambangi di Nusa Penida

Pantai Kelingking Nusa Penida
Pantai Kelingking Nusa Penida (c) Rosita/Travelingyuk

Nusa Penida kini jadi primadona bagi sebagian besar wisatawan Bali. Pulau mungil ini sajikan beragam pesona alam memukau yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Setidaknya ada empat wisata ikonik Nusa Penida yang wajib disambangi jika Teman Traveler berkesempatan mampir ke sini. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Acara di Bali Agustus 2019, Yuk Kunjungi Biar Liburan Makin Berkesan!

Pantai Kelingking

Tebing terjal menuju Pantai Kelingking (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin sudah tak asing lagi dengan Kelingking Beach alias Pantai Kelingking. Destinasi ini kerap jadi primadona wisatawan kala liburan di Nusa Penida. Berfoto dari atas tebing dengan pemandangan karang berbentuk T-Rex selalu jadi pose andalan para pelancong.

Namun demikian, Teman Traveler wajib siapkan stamina prima jika ingin menjejakkan kaki di Pantai Kelingking. Bukan sekedar jalan setapak biasa, kalian bakal melewati tebing tebing terjal dengan tingkat kemiringan antara 70 hingga 80 derajat.

Pantai Kelingking sendiri berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Jangan sampai lewatkan mampir jika sedang berada di kawasan ini ya.

Broken Beach

Broken Beach (c) Rosita/Travelingyuk

Pasih Uug mungkin masih sedikit terdengar asing di telinga sebagian besar wisatawan. Spot ikonik lain di Nusa Penida lebih dikenal oleh para turis sebagai Broken Beach. Lokasinya berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Butuh waktu sekitar 90 menit perjalanan dari Pelabuhan Nusa Penida untuk bisa sampai sini.

Sebutan Pasih Uug sendiri memiliki makna pantai rusak. Namun demikian, destinasi ini justru tawarkan pesona alam tiada duanya. Bahkan jika sedang ramai, Teman Traveler harus antre beberapa saat sebelum bisa abadikan keindahan di sekitar sini.

Daya tarik utama kawasan wisata ini adalah tebing dengan lubang besar di tengahnya. Jika diperhatikan, hampir membentuk semacam terowongan. Konon fenomena ini terjadi lantaran kikisan deburan air laut yang terjadi selama ratusan tahun.

Angel’s Billabong

Angel’s Billabong (c) Rosita/Travelingyuk

Hanya 300 meter dari Pasih Uug, Teman Traveler bakal temukan spot cantik bernama Angel’s Billabong. Destinasi satu ini masuk wilayah Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Di sini kalian bisa melihat muara sungai yang menyambung langsung dengan lautan lepas. Di sekelilingnya terdapat banyak tebing batu tinggi dengan deretan cerukan yang membentuk kolam alami.

Laguna alam memukau ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Selama berada di sini, Teman Traveler bakal dimanja merdunya deburan ombak Samudera Hindia menghempas karang. Tapi jangan lupa perhatikan kondisi pasang surut laut ya. Jika kondisi tengah pasang, ombak bisa menembus masuk ke karang Angel’s Billabong.

Crystal Bay

Crystal Bay (c) Rosita/Travelingyuk

Warga sekitar lebih mengenal spot ini dengan nama Pantai Penida. Garis pantainya sendiri tidak terlalu panjang. Di seberangnya Teman Traveler bisa melihat pulau karang kecil bernama Batu Mejineng. Satu hal yang membuatnya unik adalah perairan sebening kristal yang tampak mengkilap ketika terpapar sinar matahari.

Tak hanya itu, pantai ini juga merupakan surga bagi pecinta snorkeling dan scuba diving. Kawasannya memiliki beberapa spot snorkeling seperti Manta Point, Crystal Bay, dan Gamat Bay. Teman Traveler bisa menemukan destinasi ini Desa Sakti, sekitar 30 menit dari Pelabuhan Nusa Penida.

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa wisata ikonik Nusa Penida yang pantang dilewatkan. Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Bali dan jangan lupa mampir ke tempat-tempat di atas ya. Next

ramadan
Pantai Teluk Asmara

Teluk Asmara, Sekeping Raja Ampat di Selatan Malang

Equator Coffee and Gallery, Rasakan Sensasi Ngopi di Tempat Artsy