in ,

Wisata Kabupaten Cirebon, Eksplorasi Keelokan Alam yang Menyejukkan Mata

Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Bahari di Kabupaten Cirebon, Bikin Hari Hari Semakin Senang

Deretan wisata kabupaten Cirebon
Deretan wisata kabupaten Cirebon

Indonesia dianugerahi segala bentuk keindahan. Dari alam pegunungan, hingga lautan dengan kecantikan yang bikin tertegun dan tersebar ke setiap sudutnya. Terletak di jalur pantura, kabupaten Cirebon juga menawarkan sejumlah wisata yang siap untuk dieskplorasi terutama keelokan alamnya. Penasaran seindah apa? Yuk simak ulasan tentang wisata kabupaten Cirebon ini.

Baca juga : Nyeruput Soto Gerabah, Kuliner di Solo dengan Citarasa Istimewa

Danau Situ Patok

Danau Situ Patok via Instagram @nurfaridahanung
Danau Situ Patok via Instagram @nurfaridahanung

Danau Situ Patok merupakan wisata kabupaten Cirebon yang berada di Kecamatan Mundu. Kawasan ini sering juga disebut sebagai Danau Tobanya Cirebon, karena adanya sebuah pulau kecil di tengahnya. Teman Traveler bisa berkeliling danau ini dengan menggunakan kapal sewaan dengan biaya Rp20 ribuan saja, bahkan sampai ke pulau kecil di tengah.

Tidak hanya menikmati keindahan hamparan danau dan pepohonan asri di area ini, pelancong pun bisa sembari mencicipi jajanan khas Cirebon yang dijual di warung sekitar. Kalau ingin bermalam pun juga bisa, tersedia cottage di sekitar area ini.

Banyu Panas Gempol

Banyu Panas Gempol via Instagram @achmadsupandii
Banyu Panas Gempol via Instagram @achmadsupandii

Wisata kabupaten Cirebon berupa sumber air panas ini berlokasi di kecamatan Palimanan, sekitar 11 kilometer dari pusat kabupaten atau 25 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor. Teman Traveler cukup merogoh kocek sekitar Rp11 ribuan untuk memasuki wilayah ini sekaligus ke pemandiannya. Bisa menghangatkan diri di sumber air panas yang kedalamannya sekitar 1,5 meter, lho. Terdapat pancuran bilas, kamar mandi, dan kamar kecil untuk para pengunjung.

Situ Sedong

Situ Sedong via Instagram @sahroni_06
Situ Sedong via Instagram @sahroni_06

Situ Sedong atau pernah disebut Situ Pengasinan ini menawarkan hamparan air waduk alami, dengan latar belakang Gunung Ciremai. Biasanya pelancong menikmati keindahannya dari pinggir jalan di sepanjang dinding beton yang dibangun agar air waduk tidak mengalir ke jalan. Akan lebih menyenangkan kalau berada di kawasan ini sembari menikmati matahari terbenam. Wisata kabupaten Cirebon satu ini terletak di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, berjarak kurang lebih 1 jam dengan kendaraan bermotor dari kota.

Telaga Remis

Telaga Remis via Instagram @mas_rudal
Telaga Remis via Instagram @mas_rudal

Telaga Remis secara administratif terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Namun dari pusat Kabupaten Cirebon jaraknya tidak begitu jauh, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 40 menit. Dalam bahasa Sunda, telaga berarti danau sedangkan remis merupakan sejenis kerang berwarna putih yang banyak hidup di kawasan ini. Telaga dengan luas sekitar 3 hektar lebih ini menawarkan pemandangan alam yang alami dan indah.

Teman Traveler pun bisa mengakses fasilitas di area ini cukup dengan membayar sekitar Rp10 ribuan untuk tiket masuk dan biaya parkir. Terdapat wahana sepeda air bagi pelancong yang ingin mengelilingi danau. Kalau suka berjalan kaki, juga ada jalur khusus pejalan kaki yang dibuat mengitari danau alami ini. Bahkan bagi yang suka memancing pun bisa melakukan aktivitas tersebut dan membawa pulang aneka ikan seperti mujair dan mas.

Keelokan wisata kabupaten Cirebon yang telah diulas di atas jangan sampai dilewatkan untuk dieksplorasi. Tapi tetap menjaga kebersihan ketika berada di kawasan tersebut ya, agar keindahannya tetap terjaga. Bagaimana, ada yang sudah pernah Teman Traveler singgahi? Next

ramadan
Via Instagram/katanya_diet

Soto Tangkar Tanah Tinggi, Berdiri Setahun Setelah Indonesia Merdeka

3D Lampung Walk, Wisata Selfie Pertama di Kota Pisang dengan Puluhan Spot Instagenic