in , ,

Wisata Kuliner ala Sandiaga Uno, Menteri Baru Kemenparekraf

Wisata Kuliner ala Sandiaga Uno di Beberapa Daerah di Indonesi

fi kuliner sandiaga uno

Hari ini 23 Desember 2020, Sandiaga Uno akan dilantik menjadi Menparekraf yang baru di Kabinet Indonesia Maju menggantikan Wishnutama. Mantan Wagub DKI Jakarta ini ternyata sering keliling Indonesia dan kulineran di tiap daerahnya. Yuk simak wisata kuliner di mana saja.

Baca juga : 5 Kuliner Olahan Jengkol, Tak Hanya Disemur

1. Warma Pi’an di Tegal

warma pi'an
Ilustrasi via instagram bayugumilang

Laki-laki yang akrab dipanggil Sandi ini pernah singgah ke Warma Pi’an di Tegal, Jawa Tengah. Warung makan legendaris sudah ada sejak tahun 1926, memiliki menu andalan yaitu Nasi Lengkonya.

Selain itu di sini juga ada beberapa menu lain seperti Sate Kambing, Tongseng, Soto, Gulai Kambing, berbagai olahan ayam, Nasi Ponggol, dan berbagai pilihan minuman. Jika memesan Nasi Lengko, Teman Traveler juga wajib pesan Teh Poci yang segar, dijamin makin nikmat.

Harga menunya dibanderol sekitar Rp 15.000 sampai Rp 50.000, cukup terjangkau bukan? Warma Pi’an kini berlokasi di Jalan Koloner Sudiarto Ruko Dwika, Tegal Jawa Tengah, tak jauh dari lokasi sebelumnya dekat stasiun. Warung buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

2. Kedai Waringin Anom PL di Jakarta

kedai waringin anom pl
Ilustrasi via instagram bikinkenyang

Selanjutnya Teman Traveler akan diajak ke Kedai Waringin Anom PL (Pangudi Luhur) sudah ada sejak tahun 1985an yang cukup hits dikalangan artis dan juga menjadi langganan Sandi saat dirinya masih bersekolah. Menu favorit di sini ada Nasi Pecel Ayam dengan sambal andalannya, selalu bikin ketagihan.

Menu lainnya ada Sop Kambing, Gulai Kambing, Rawon, Soto Ayam, Sop Tangkar Sapi, Pecel Lele dan lainnya serta minuman dengan harga yang ramah dikantong yaitu mulai Rp 2.000 sampai Rp 30.000.

Kedai Waringin Anom PL berlokasi di Jalan H. Jian Belakang RS Ibu & Anak Brawijaya Jakarta Selatan, buka setiap hari mulai 09.00 hingga 22.00 WIB, kecuali hari senin sampai 21.00 WIB.

3. RM Khas Sunda M. Iki di Garut

rm miki khas sunda
Ilustrasi via instagram siska.amran

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga berwisata kuliner di Rumah Makan Khas Sunda M. Iki, memiliki keunikan berada di dekat rel kereta api sejak 1971. Ada berbagai menu lalapan khas sunda dengan ciri khas daun bawang pada setiap menu lauk gorengnya, ditambah sambal pedas yang terkenal lezat.

RM Khas Sunda Mang Iki berlokasi di Jalan Pasar Baru No.84 Ciwalen Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

4. Kedai Bubur Ayam Kite di Tanjung Pandan Belitung

bubur ayam kite
Ilustrasi via instagram dhy_kitchenworld

Kedai Bubur Ayam Kite yang wajib dicoba saat datang ke Belitung, seperti Sandi juga telah mencicipi kelezatannya. Selain bubur ayam, di sini ada berbagai pilihan menu Nasi Goreng, Bakso, Ayam Goreng serta Bakar, aneka minuman jus dan lainnya.

Menunya dibanderol mulai Rp 7.000 hingga Rp 30.000 saja. Kedai ini beralamatkan di Jalan Kapten Saridin, Paal Satu, Tj. Pandan, Kab. Belitung, Kep. Bangka Belitung, buka setiap hari selama 24 jam.

5. Warkop Dg Anas di Makassar

warkop dg anas
Ilustrasi via instagram

Terakhir Sandi berkunjung ke Warung Kopi Dg Anas yang merupakan tempat nongkrong semua kalangan profesi. Menyajikan kopi dengan cara seduh tradisional, memiliki aroma dan rasa yang khas.

Warkop ini juga ada banyak cabangnya, salah satu kedai di Jalan Dr. Insiyur Sutami, Sudiang, Makassar. Buka setiap senin-sabtu pukul 06.00 hingga 18.00 WITA.

Demikian ulasan tempat wisata kuliner ala Sandiaga Uno di berbagai daerah di Jawa, Kep. Bangka Belitung dan Sulawesi. Bisa dijadikan rekomendasi jika Teman Traveler berkunjung pada salah satunya. Next

ramadan

Menikmati Keindahan Sunset di Pantai Selong Belanak Lombok

fi kalinampu jogja

Wisata Swafoto ala Jepang di Kalinampu Natural Park