in , , ,

Wisata Lebaran Nusantara yang Kini Digantikan #dirumahaja!

Melepas Rindu dengan Beragam Wisata Lebaran Nusantara yang Kini Tertunda dan Digantikan dengan Tetap #dirumahaja!

Setelah berpuasa satu bulan penuh, berwisata menjadi salah satu cara mengisi liburan bersama keluarga besar. Terlebih momen lebaran adalah salah satu sarana berkumpul bagi Teman Traveler yang mencari ilmu dan bekerja diluar daerah. Walaupun lebaran kali ini hanya bisa di rumah, beberapa destinasi wisata yang akan dibahas berikut ini setidaknya bisa sedikit membayar rindu akan alam nusantara yang indah.

Baca juga : Tetap Waspada, Ternyata Menyimpan Barang di Brankas Hotel Belum Tentu Aman

1. Pantai Lampuuk, Aceh

Pantai Lampuuk Aceh via Instagram @triinsani12

Pantai Lampuuk terletak di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar yakni sekitar 20 kilometer dari Banda Aceh. Wisata ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan pasir putih serta ombak yang cukup besar namun begitu bersahabat bagi Teman Traveler yang ingin menghabiskan libur lebaran dengan berselancar.

2. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso via Instagram @endaginting

Air terjun dengan ketinggian 120 meter ini berada tidak jauh dari pemukiman warga dengan hutan pinus yang mengelilinginya. Terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-piso mendapatkan namanya karena air yang terjun dari atas bergitu deras sehingga alirannya bagaikan sebilah pisau yang tajam.

3. Kepulauan Seribu, Jakarta

Kepulauan Seribu via Instagram @radenjetli

Salah satu tujuan wisata lebaran yang dipilih oleh kebanyakan penduduk ibu kota yang tidak mudik adalah Kepulauan Seribu. Gugusan pulaunya yang menwan ditambah dengan alamnya yang masih alami dan tidak jauh dari Ibu Kota membuat wisata ini begitu digerami wisatawan lokal baik saat lebaran maupun libur panjang lainnya.

4. Orchid Forest Cikole, Bandung

Orchid Forest Cikole via Instagram @beesf_

Dinginnya alam Bandung membuatnya punya berbagai wisata alam sejuk yang begitu indah dan menawan sehingga tepat menjadi salah satu destinasi liburan saat lebaran. Salah satu yang paling kerap dikunjungi adalah Orchid Forest Cikole yang menawarkan keindahan hutan pinus, cuaca yang sejuk dan area yang sejuk. Itulah alasan utama wisata ini begitu diincar banyak keluarga.

5. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis via Instagram @pintacak

Mempunyai bibir pantai yang panjang dengan pasir hitam berkilauan membuat Pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi libur lebaran bagi penduduk Yogyakarta. Beragam fasilitas memanjakan yang tersedia membuat siapa pun akan betah berlama-lama, terlebih saat berlibur dan menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga.

6. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar Pacitan via Instagram @riayaa__

Salah satu pantai di Pacitan ini juga sangat pas jika dipilih menjadi destinasi libur lebaran bersama keluarga. Pasir putih dengan deburan ombaknya inilah yang membuat Pantai Klayar begitu hits untuk dijelajahi. Pantai ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo yang hanya berjarak 40 km dari Kota Pacitan.

7. Gunung Bromo, Malang

Gunung Bromo via Instagram @anisadheaa

Salah satu gunung berapi aktif dan tertinggi di Jawa Timur ini menjadi destinasi liburan lebaran berikutnya yang sangat diminati. Hamparan padang pasir bersisiknya yang luas dengan gagahnya Gunung Bromo ini menarik minat wisatawan terlebih dalam mengabadikan momen bersama keluarga saat berlibur.

8. Tanjung Gaang, Gresik

Tanjung Gaang via Instagram @_zidanhrmwn

Tanjung Gaang berlokasi di Dusun Somor-somor, Kelurahan Kumasa, Kecamatan Sangkapura, Gresik ini merupakan wisata alam yang menawarkan berbagai keindahan termasuk sunset dengan langit jingga menawan yang siap memanjakan mata Teman Traveler.

9. Tanah Lot, Bali

Tanah Lot Bali via Instagram @dwaroundtheworld

Walaupun mayoritas dipenuhi penduduk yang beragama Hindu, namun Bali juga mempunyai wisata lebaran yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Tanah Lot. Wisata ini merupakan ikon Pulau Dewata yang terbalut lautan alam yang indah. Mayoritas banyak yang berwisata lebaran ke sini untuk mengabadikan momen berharga dengan keluarga.

10. Tanjung Aan, Lombok

Tanjung Aan Lombok via Instagram @ayhaharlequin

Berbeda dari Bali, pulau yang dimayoritasi oleh penduduk beragama Islam ini juga punya berbagai tempat wisata menarik untuk menghabisi libur lebaran. Salah satu yang paling wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Aan. Wisata yang punya pasir layaknya biji merica ini begitu indah sehingga kerap menjadi tujuan wisata lebaran khususnya bagi penduduk Lombok Tengah.

11. Pantai Walakiri, Sumba

Pantai Walakiri Sumba via Instagram @gustiana.x

Salah satu tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Sumba atau menghabiskan waktu libur lebaran di Sumba adalah Pantai Walakiri. Wisata alam dengan pemandangan alam ikonik ini terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Sentuhan pohon mangrove alaminya inilah yang menjadi alasan mengapa pantai ini bergitu populer di kalangan wisatawan.

12. Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Tanjung Bira via Instagram @andeliansari2712

Maladewanya Indonesia, itulah sebutan bagi Sulawesi yang punya berbagai alam eksotisnya yang menawan. Salah satu wisata yang begitu populer adalah Pantai Tanjung Bira dengan pasir putihnya yang berkilauan. Selain itu, daya tarik lain dari wisata ini ialah penduduk sekitar pantainya yang begitu ramah serta memberikan kehangatan dan kenyaman tersendiri bagi wisatawan.

13. Air Terjun Matabulu, Sulawesi Utara

Air Terjun Matabulu via Instagram @jhul_gabriel

Matabulu merupakan satu dari banyak air terjun di Sulawesi Utara yang menyimpan keindahan alam ciptaan Tuhan yang begitu mempesona. Wisata alam ini berada di Desa Matabulu, Kecamatan Naungan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Lokasinya yang hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki ini membuatnya menjadi mutiara terpendam yang penuh pesona.

14. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Derawan Island via Instagram @travisburkephotography

Tidak kalah dari Sulawesi, Kalimantan juga punya wisata libur lebaran unggulan yakni Derawan. Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini merupakan wisata bahari menawan dengan keindahan laut memesona yang berbeda dengan keindahan bawah laut pulau lainnya yang ada di Indonesia. Oleh karena itulah, tidak heran jika Pulau Derawan melirik mata penyelam kelas dunia.

15. Telaga Biru Tulung Ni Lenggo, Kalimantan Timur

Labuan Cermin via Instagram @itsmona96

Jika ingin menghabiskan waktu libur lebaran dengan cara yang berbeda maka Telaga Biru Tulung Ni Lenggo atau Labuan Cermin bisa menjadi pilihan sempurna. Teman Traveler bisa mengajak sanak saudara bahkan anak untuk memancing bersama. Kualitas waktu berlibur tentu akan lebih berkesan dan begitu membekas. Keindahan alam yang hijau dan air biru telaga ini pun sangat memanjakan mata Teman Traveler.

Itulah beberapa destinasi libur lebaran yang kali ini harus ditiadakan dan digantikan dengan quality time bersama keluarga #dirumahaja! Jangan bersedih, anggap saja Teman Traveler dan alam tengah beristirahat dari rutinitas libur lebaran. Semoga pandemi bisa segera berakhir agar kita bisa kembali berlibur seperti biasanya. Stay home stay safe! Next

ramadan

Unik Plus Creepy, Mannequin Jadi Pengisi Bangku Kosong di Restaurant Ini!

Woroeng Surabi Setiabudi, Nongkrong Asik Sambil Nyanyi Bareng Temen Sejati