in ,

10 Wisata Murah di Purwakarta, Ada yang Gratis

Sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Ketika berkunjung ke Jawa Barat, Teman Traveler jangan hanya mampir ke wisata Bandung atau Bogor. Alasannya karena ada satu daerah yang juga kaya akan wisata menarik. Adalah Kabupaten Purwakarta. Menariknya, banyak wisata murah di Purwakarta yang tentu bisa menghemat budget kalian untuk berlibur. Mau tahu apa saja? Simak keragaman wisatanya di bawah ini, ya. 

Baca juga : Pemandian Alami di Malang dengan Air Jernih Menyegarkan

Curug Cipurut 

wisata murah di purwakarta
Curug Cipurut via instagram/anedis_aceflesmana

Tak hanya Bogor, Purwakarta juga punya banyak curug dengan panorama yang mengagumkan. Yaitu Curug Cipurut yang berlokasi di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Curug satu ini memiliki keunikan, karena ada tujuh air terjun di sana. Namun sayangnya, para pengunjung hanya bisa melihat tiga curug, lantaran empat lainnya berada di lokasi yang sulit untuk dijangkau. Meski begitu, keindahan dari tiga curug ini tetap akan membuat kalian terpesona, kok. 

Curug Cipurut dari depan via instagram/erickridwanbadon

Selain itu, di bagian samping kanan dan kiri air terjun terdapat dua buah curug yang cukup landai. Biasanya, wisatawan memanfaatkannya untuk seluncuran menuju ke dalam air. Nah, kalau kalian tertarik ke sini, bisa merogoh kocek sebesar Rp5 ribu.

Taman Batu Mata Air Cijanun 

wisata murah di purwakarta
Kolam renang Taman Batu Mata Air Cijanun via instagram/dra_alhakim

Bagi yang suka main air namun bosan ke curug, ada rekomendasi tempat menarik di Purwakarta. Adalah Taman Batu Mata Air Cijanun. Di sini kalian bisa berenang dengan kesegaran yang berbeda, lantaran airnya langsung turun dari pegunungan. Untuk kolamnya sendiri ada dua macam, yakni bagi dewasa sedalam 30 meter dan anak-anak sekitar 50 cm. 

Mata Air Cijanun via instagram/ovinqf_ 

Dengan membayar Rp10 ribu, kalian bisa menikmati kesegarannya sekaligus pemandangan indah di sekitarnya. Lokasinya berada di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 

Galeri Wayang 

wisata murah di purwakarta
Relief kisah wayang via instagram/museumrepublic

Kalau Teman Traveler ingin belajar tentang kebudayaan Indonesia, bisa datang ke Galeri Wayang. Ada banyak informasi tentang wayang yang bisa kalian dapatkan di sana. Contohnya kisah wayang yang populer yaitu Ramayana dan Mahabarata. Selain itu, kalian juga akan banyak belajar tentang macam-macam wayang di Indonesia. Baik dari bahan pembuatannya atau pun jenis-jenisnya. 

Pengunjung memgang wayang golek via instagram/henynraln

Galeri satu ini berada di Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta yang buka dari pukul 10.00 sampai 18.00. Untuk harinya, buka dari Selasa sampai dengan Minggu. Nah, galeri ini dibuka untuk umum dan menariknya lagi tidak dipungut biaya apapun. 

Ujung Aspal  

wisata murah di purwakarta
Spot di Ujung Aspal via instagram/dnhoktaviani

Purwakarta juga punya hutan pinus yang bernama Ujung Aspal. Selain ada pohon pinus yang berjajar, di sana kalian juga bisa berfoto di beberapa spot menarik. Kemudian, ada lagi dua curug yang dapat Teman Traveler kunjungi. Seperti Curug Pamoyaman dan Miminarasa yang punya keindahan masing-masing. 

Bagian hutan pinus via instagram/anedis_aceflesmana

Untuk kalian yang ingin ke sini, langsung saja meluncur ke Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Untuk tiketnya, kalian harus merogoh kocek sekitar Rp10 ribu. 

Curug Tilu 

wisata murah di purwakarta
Curug Tilu via instagram/yoga1902

Di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, ada Curug Tilu yang tak boleh kalian lewatkan. Curug ini memiliki tiga undakan yang membuatnya unik ketika dilihat dari kejauhan. Selain itu, warna dari air curugnya kehijau-hijauan mirip Grand Canyon di Loji Karawang dan Pangandaran Jabar. 

Warna kehijauan Curug Tilu via instagram/hens4m

Ketika kalian berkunjung ke sini, ada aturan yang perlu diperhatikan. Adalah dilarang berenang pada hari Selasa pada pukul 12.00 sampai 13.00. Masih belum diketahui apa alasannya, namun kalian wajib menurutinya. Untuk dapat menikmati pesona dari Curug Tilu ini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu. 

Bukit Panenjoan 

Spot sarang burung via instagram/adityasuryap33

Dengan uang Rp5 ribu, kalian bisa berselfie sepuasnya di Bukit Panenjoan. Tempat wisata ini menyediakan banyak spot yang dapat kalian gunakan. Di antaranya adalah spot sarang burung, gardu pandang, bambu love dan jembatan kayu.

Spot matahari via instagram/why_ajie

Selain itu, Teman Traveler juga bisa melihat pemandangan sebagian dari Purwakarta dari ketinggian. Apabila kalian tertarik untuk mengunjunginya, datanglah ke Kampung Cinangka, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 

Bukit Katumbiri 

Spot gazebo via instagram/muhammadyusupsaputra_

Selain Bukit Panenjoan, ada wisata selfie lain yang dimiliki Purwakarta, yaitu Bukit Katumbiri. Di sini kalian akan menemukan banyak spot foto kece yang terbuat dari bambu. Seperti gazebo dan gardu pandang yang banyak diminati.

Gardu pandang via instagram/be_siska28

Ketika kalian berfoto di spot-spot tersebut, kalian juga akan melihat panorama yang sangat indah. Berupa pepohonan hijau yang mungkin tidak akan kalian temukan di pusat kota. Untuk Teman Traveler yang tertarik, bisa segera meluncur ke kawasan Klarapedes dan mengeluarkan Rp10 ribu sebagai biaya tiketnya. 

Gunung Bongkok 

Pemandangan puncak Gunung Bongkok via instagram/ceuceu.sri

Kabupaten Purwakarta juga mempunyai wisata gunung yang banyak dicari oleh wisatawan. Namanya Gunung Bongkok yang lokasi tepatnya berada di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta. Kelebihan yang dimiliki oleh gunung satu ini adalah pemandangan matahari terbit dan terbenamnya sangat indah.

Gunung Bongkok via instagram/adnansamsuleh

Selain itu, Gunung Bongkok tidak terlalu tinggi, sehingga dapat dicapai dengan mudah oleh siapa saja, bahkan pemula sekali pun. Kalau kalian ingin naik ke puncaknya, cukup membayar sebesar Rp10 ribu saja. 

Urban Farming Center 

Spot rumah via instagram/ruri_cahya

Tidak kalah dengan De Voyage Bogor, Purwakarta juga punya wisata ala Eropa bernama Urban Farming Center. Di sana terdapat deretan rumah petani bergaya Eropa yang warnanya bermacam-macam. Kemudian kalian juga akan melihat adanya bunga-bunga yang ditata sesuai warna, sehingga tampak indah.

Sisi lain Urban Farming Center via instagram/amelyadewii

Selain itu, Urban Farming Center juga menyediakan taman kelinci. Nah, dengan harga tiket Rp15 ribu, kalian sudah bisa menikmati semua wisata yang berada di Desa Benteng, Kecamatan Cempaka ini. 

Cikao Park 

Spot tiang di Cikao Park via instagram/dzierdjiharkah_qa

Apabila kalian ingin berwisata ke taman bermain, Cikao Park adalah tempatnya. Tempat wisata ini menggabungkan banyak hal sehingga membuatnya menjadi taman hiburan yang paling dicari. Seperti waterpark, taman satwa, taman lampion dan masih banyak lagi.

Spot warna warni Cikao Park via instagram/annisanurbaitih

Uniknya, kalian hanya ditarik bayaran mulai dari harga Rp10 ribu apabila ingin menelusuri area Cikao Park. Sedangkan untuk wahana lainnya, kalian perlu menambah tiket antara Rp10 ribu sampai Rp50 ribu. Kalau kalian tertarik, datanglah ke Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Itu tadi, deretan wisata murah yang ada di Purwakarta. Semuanya mempunyai kelebihan yang bisa Teman Traveler pilih sesuai keinginan. Jadi, segera rencanakan liburanmu ke Kabupaten Purwakarta ini, ya.  Next

ramadan
Suasana di Diskusi Kopi

Diskusi Kopi, Kafe yang Pas untuk Tempat Berdiskusi

4 Wisata Pantai Tanjung Selor, Kalimantan Utara