in ,

Mari ke Museum Hingga Keraton, Tempat Wisata Populer Joglosemarkerto Pas Saat Musim Hujan

Jalan-jalan ke Tempat Wisata Populer Joglosemarkerto yang Penuh Sejarah dan Budaya

Diluncurkannya Kereta Api Joglosemarkerto beberapa hari lalu, membuat perjalanan menjadi lebih mudah. Termasuk memudahkan perjalanan Teman Traveler menuju wisata Jogja, Solo dan Semarang dan Purwokerto. Apa saja wisata populer Joglosemarkerto, terutama yang aman saat musim hujan? Berikut ulasannya!

Baca juga : Exploring Most Popular Lakes in South Sulawesi

1. Kota Lama Semarang

Gereja Blendhuk di Kawasan Kota Lama Semarang via Instagram/ fernando_dondo

Tempat wisata populer Joglosemarkerto yang pertama harus dikunjungi adalah kawasan Kota Lama Semarang. Di sini terdapat berbagai bangunan tua peninggalan Belanda yang masih digunakan. Seperti Gereja Blenduk atau Lawang Sewu. Gedung-gedung tersebut menjadi destinasi yang menyenangkan untuk disambangi. Terutama jika Teman Traveler menyukai hal-hal berbau budaya serta sejarah. Selain itu, bentuk bangunan yang jadoel, jadi spot cantik untuk foto-foto.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu yang Bersejarah via Instagram/ fiaarhmh

Bagian dari kawasan Kota Lama Semarang ini terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Meski demikian, Lawang Sewu tidak pernah sepi pengunjung. Menggunakan KA Joglosemarkerto, Teman Traveler akan lebih mudah berkunjung ke kawasan ini. Sesampainya di Lawang Sewu, jangan lupa untuk menjelajahi setiap sudutnya yang cantik. Tertarik untuk mencobanya?!

3. Museum Benteng Vredeburg

Mengunjungi Vredeburg Bersama Teman-teman via Instagram/ desi_sinta_r

Wisata populer Joglosemarkerto selanjutnya yang aman dikunjungi saat musim hujan adalah Museum Benteng Vredeburg yang ada di Jogja. Bangunan ini didirikan oleh Belanda pada 1765 sebagai penahan serangan dari Keraton Jogja. Ia dilengkapi dengan parit, menara pengawas dan meriam. Benteng Vredeburg dilengkapi dengan berbagai fasilitas berupa ruang pertunjukan, ruang seminar, perpustakaan, audio visual ruang belajar kelompok dan berbagai fasilitas lain.

4. Malioboro

Jalan Malioboro yang Legendaris dan Ikonik via Instagram/ ameviaap

Selanjutnya, ke Jogja menaiki KA Joglosemarkerto, sayang sekali kalau tidak dipakai untuk mampir ke Malioboro. Kawasan belanja paling terkenal se-Jogja ini memang tidak pernah habis daya tariknya. Jajaran toko-toko batik, pedagang-pedagang di sepanjang jalan yang penuh sesak, justru adalah keistimewaannya. Teman Traveler jalan-jalan ke Jogja tapi nggak ke Malioboro? Belum sah!

5. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat yang Kental Akan Budaya via Instagram/ thoriqseptiawan_k.oyiiex

Lanjut ke Solo, wisata populer Joglosemarkerto di kawasan ini yang nggak boleh dilewatkan adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Sebagai kawasan istana resmi dari Kasunanan Surakarta, Keraton Surakarta Hadiningrat akan membuat Teman Traveler takjub dengan nuansa dan suasana kerajaan Jawa yang kental. Cocok sekali untuk siapa pun yang memang menaruh kecintaan lebih pada budaya serta tradisi Jawa. Teman Traveler apakah salah satunya?

6. Pura Mangkunegaran

Berkunjung ke Pura Mangkunegara Takkalah Menyenangkan via Instagram/ atiningtyas

Satu lagi destinasi menyenangkan di kawasan Joglosemarkerto yang populer dan aman untuk dikunjungi saat musim hujan. Ia adalah Pura Mangkunegaran. Dua lokasi menakjubkan di Solo ini benar-benar harus menjadi bagian dari itinerary saat Teman Traveler berkunjung. Pura Mangkunegaran berdiri sejak 1757. Bangunan bercorak Jawa dan Eropa ini tidak akan berhenti membuat kagum. Terutama jika memang Teman Traveler menyukai sejarah dan budaya Jawa terutama Solo.

7. The Village Purwokerto

Wahana Seru di The Village Purwokerto via Instagram/ thevillagepurwokerto

Beberapa pilihan destinasi wisata di Purwokerto juga tidak luput diuntungkan dengan hadirnya KA Joglosemarkerto beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah The Village. Sebuah kawasan wisata buatan yang sangat kekinian. Diresmikan pada 07 Februari 2018 oleh Ganjar Pranowo, The Village langsung menarik perhatian. Foto-foto di kawasan ini? Bisa sekali! Siapkan saja outfit kecenya!

8. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia yang Juga Bersejarah via Instagram/ trie141

Wisata populer di Joglosemarkerto selanjutnya yang takkalah menarik dikunjungi adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Ia berada di Jln. Jenderal Sudirman No. 57, Pesayangan, Kedungwuluh, Banyumas. Lokasi wisata ini menyimpan berbagai hal tentang sejarah berdirinya Bank Rakyat Indonesia, yang menurut sejarah, pertama kali didirikan di Purwokerto. Ketika dibangun pada 16 Desember 1895, namanya adalah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang artinya Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto.

Menarik ya? Beberapa wisata populer Joglosemarkerto di atas punya nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Berkunjung ke tempat-tempat tersebut, akan ada hal lain yang didapat selain kesenangan. Jadi kapan nih mengagendakan untuk jalan-jalan, sekalian coba untuk menaiki KA Joglosemarkerto? Next

ramadan
Hotel Sekitar Bandara Apung Ahmad Yani Semarang

Pilihan Hotel Sekitar Bandara Apung Ahmad Yani Semarang, Anti Ketinggalan Pesawat

Devoyage Bogor

Devoyage, Wisata Bogor Rasa Eropa Lengkap dengan Menara Eiffel