in , ,

Wisata Religi di Tuban, Menilik Sejarah yang Mengagumkan

Berkunjung ke Wisata Religi di Tuban, Pilihan Liburan Akhir Pekan Bareng Keluarga

Wisata Religi Tuban
Wisata Religi Tuban (c) reezumiku/Travelingyuk

Ada rencana untuk pelesiran ke kota Tuban? Destinasi yang bisa dikunjungi di Bumi Ronggolawe beragam dengan sejuta pesonanya. Tak hanya alam dan kuliner, wisata religi di Tuban juga tak kalah mengagumkan. Apa saja tempat yang bisa dijelajahi untuk berwisata religi bareng keluarga ini? Berikut rangkuman dari Kontributor Travelingyuk, Reezumiku.

Baca juga : Cafe dengan Spot Warna Warni di Jogja, Manjakan Lidah dan Mata

1. Gua Akbar

Bagian dalam Goa
Bagian dalam Gua (c) Reezumiku/Travelingyuk

Wisata religi di Tuban ini beralamat di Dusun Semanding, Desa Gedongombo. Lebih tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban. Gua Akbar dibuka pada pukul 07.00 – 18.00 dengan harga tiket masuknya, yaitu Rp4.000 di hari biasa dan Rp5.000, saat weekend atau pada hari besar. Fasilitas dan sarana di dalamnya cukup lengkap. Ada area parkir kendaraan, tempat istirahat, toilet, mushola, tempat wudhu, rumah makan, dan lain sebagainya.

Lukisan alam indah dalam staklamit dan staklatit
Lukisan alam indah dalam staklamit dan staklatit (c) Reezumiku/Travelingyuk

Konon, Gua Akbar pernah dijadikan tempat tinggal oleh Sunan Kalijaga. Beberapa tempat di dalamnya juga dipercaya bahwa dulu dijadikan sebagai tempat pertapaan bagi Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga. Sedangkan di depan musholla dalam gua terdapat ruang yang dikenal sebagai Paseban Para Wali, tempat para wali menyampaikan fatwa dan ajaran agama kala itu.

Staklamit dan staklatit dalam gua berpadu dengan penerangan temaram lampu kecokelatan membuat siapapun berdecak kagum. Jalur guanya sangatlah panjang sehingga semakin jauh ke dalam akan menciptakan suasana yang menegangkan. Bagaimana, tertarik untuk jelajah wisata di Tuban satu ini?

2. Masjid Perut Bumi

Pintu masuk Masjid Perut Bumi
Pintu masuk Masjid Perut Bumi (c) Reezumiku/Travelingyuk

Nama lainnya Masjid Aschabul Kahfi Al-Maghribi. Disebut ‘Perut Bumi’ karena lokasinya terletak di dalam gua dengan kedalaman sekitar 5 meter di bawah permukaan tanah. Alamatnya di Jalan Gedongombo, Dusun Wire, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Untuk masuk ke area gua dan bangunannya ini, Teman Traveler harus melepas alas kaki dan membawanya di dalam kantong kresek.

Ukiran di dinding
Ukiran di dinding (c) Reezumiku/Travelingyuk

Bagian depan masjid terlihat mencolok dengan perpaduan warna terang. Tak luput pula ukiran kaligrafi yang juga berkombinasi dengan aksara jawa. Lalu, akan ada anak tangga menuju perut gua. Di dalamnya terdapat kubah yang dibuat dengan unsur seni dengan kaligrafi ayat-ayat Al-qur’an-nya. Masjid ini berdiri di atas 3 hektar tanah dengan tujuh tingkatan di dalamnya. Hingga saat ini tahap pembangunannya masih terus berjalan.

3. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang
Makam Sunan Bonang (c) Reezumiku/Travelingyuk

Tempat wisata religi di Tuban ini berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban. Makam ini tidak jauh dari alun-alun kota, hanya sekitar 200 meter. Sebagai salah satu dari Sembilan Wali (Walisongo) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, Makam Sunan Bonang ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi, bila menjelang bulan Ramadhan. Masih banyak peziarah yang berduyun-duyun datang ke sini.

Area makam Sunan Bonang
Area makam Sunan Bonang (c) Reezumiku/Travelingyuk

Datang berziarah disini tidak dikenai tiket masuk. Namun, Teman Traveler bisa menyumbang seikhlasnya untuk pemeliharaan kawasan wisata. Keunikan yang dimilikinya berupa gapura besar berdesain klasik dengan bentuk paduraksa. Arsitektur bangunan yang ada pun perpaduan gaya Hindu dan Islam, sehingga suasana di sini terlihat indah dan menarik.

Ukiran di bagian luar Masjid Perut Bumi
Ukiran di bagian luar Masjid Perut Bumi (c) Reezumiku/Travelingyuk

Di dalam kompleks pemakaman terdapat pula masjid dengan nama Masjid Astana Sunan Bonang. Sedangkan di luar kompleks terdapat banyak kios-kios pedagang. Karena letaknya tak jauh dari alun-alun kota, maka kawasan ini selalu ramai pengunjung. Kita bisa membeli oleh-oleh atau pun souvenir khas Tuban di sini.

Menarik bukan tempat wisata religi di Tuban ini? Teman Traveler penasaran untuk berkunjung di sini? Makin seru jika liburan bersama dengan keluarga tercinta saat akhir pekan atau liburan panjang telah tiba. Setuju kan? Next

ramadan

Written by Reezumiku

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Wisata Kabupaten Sumba Barat Daya

Seger-Segeran di Wisata Alam Kabupaten Sumba Barat Daya, Pesonanya Bikin Nggak Berdaya

Pantai Syariah Banyuwangi, Begini Keseruan Ketika Menikmati Pantai Taksaling Ditemani Pasangan