in

Indahnya Wisata Samosir, Kamu Wajib Mampir

Pemandangan dengan latar belakang Pulau Tulas [image source]

Toba dan samosir adalah sebuah tempat di mana kepenatan dan segala gelisah bisa terusir. Menghirup udara segar dari puncak bukit hingga berjalan di tepian danau adalah kegiatan seru yang membuatmu harus mampir. Siapkan liburanmu karena beberapa wisata Tanah Batak berikut ini telah menunggu. Apa saja ya?

Baca juga : Melihat Lumba-lumba Di pantai Lovina

1. Pulau Tulas

Pemandangan dengan latar belakang Pulau Tulas [image source]
Danau Toba dianggap paling luas di Asia Tenggara. Saat ke sini, kamu akan teringat dengan Pulau Komodo atau Padar di Nusa Tenggara. Keindahannya memang mirip samudra. Bahkan ada daratan kecil bernama Pulau Tulas. Keadaannya memang tidak berpenghuni dan jarang ada yang ke sini. Namun hal tersebut justru membuatnya jadi alami. Akses ke Tulas bisa kamu jangkau dari Pangururan dengan perjalanan selama setengah jam. Kamudian lanjut naik speedboat dan mengarungi Danau Toba.  Pulangnya bisa kulineran atau bermalam di Saulina, Resort yang berjarak 15 menit dari Pulau Tulas.

Berpose di Resort [image source]
Lokasi : Siboro, Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir

2. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata [image source]
Ke Samosir tidak harus selalu menikmati Toba, kamu juga bisa merasakan kesegaran dari cipratan Air Terjun Efrata. Lokasinya juga tidak jauh dari Menara Tele, salah satu tempat melihat keindahan Toba dari ketinggian. Lebih tepatnya hanya terpaut 15 menit perjalanan dengan kendaraan. Kamu mungkin akan tercengang karena di sekitarnya ada pasar. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal kuliner. Berbagai hidangan khas Batak bisa kamu buru sampai puas.

Menara Tele [image source]
Lokasi : Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

3. Gunung Toba

Mendaki Gunung Toba [image source]
Sudah mendaki Semeru atau Rinjani tapi belum pernah menyentuh Gunung Toba patut disayangkan sekali. Memang tidak terlalu tinggi, namun sensasinya jelas tidak akan kamu dapatkan saat ‘muncak’ di jalur lain. Bagian daratan yang dikelilingi oleh Danau Toba ini termasuk purba dan tentu saja indah. Di semua titik pemberhentian menyuguhkan pemandangan alam. Dari lembah, belantara, hingga hamparan perairan tawar semuanya memesona.

Pemandangan di sekitar Gunung Toba [image source]
Lokasi : Toba, Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

4. Huta Bolon

Huta Bolon [image source]
Jejak leluhur Suku Batak bisa kamu temukan di Museum Huta Bolon. Warisan Raja Sidauruk ini telah lama menjadi tempat menyimpan benda bersejarah, termasuk juga rumah adat dengan arsitektur khas. Setelah kenyang dengan pengetahuan sejarah, kamu bisa lanjut memanjakan perut dengan menikmati kuliner sekitarnya. Ada Sekapur Sirih Restaurant yang jaraknya sekitar 7 km dari Huta Bolon.

Huta Bolon [image source]
Lokasi : Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Sumatera Utara boleh bangga punya Kabuaten Samosir dengan wisata adat hingga alam. Jika kamu ingin mengunjungi Danau Toba dalam waktu dekat ini, jangan sampai melewatkan beberapa tempat di atas ya. Next

ramadan

Tempat Menginap Murah Tapi Indah di Pangandaran

Warung Nasi Ampera Bandung

Warung 24 Jam di Bandung ini Jadi Favorit untuk Sahur