in , ,

5 Ruang Publik Yang Memiliki Wifi Gratis di Kota Solo

Wisata solo

Jika kalian sedang membutuhkan akses internet selama 24 jam penuh di Kota Solo, maka tempat-tempat ini layak kalian sambangi sebagai rujukan. 

Baca juga : Pantai dengan Pemecah Ombak di Indonesia, Super Instagenic!

Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini tanpa berlangganan. Selain terdapat wifi, tempat ini juga merupakan area publik yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Solo dan sekitarnya, sehingga menyediakan tempat yang nyaman untuk hangout bareng-bareng.

1. Plasa Sriwedari

Wisata Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Tempat pertama ini paling mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan utama Slamet Riyadi. Dulunya Taman Sriwedari digunakan sebagai tempat hiburan rakyat murah meriah, contohnya wayang orang. Di dalamnya masih terdapat sebuah patung sepasang penari yang masih kokoh berdiri sebagai peninggalan sejarah yang sangat berharga. Di depannya terdapat sebuah panggung yang terbuat dari batu berhiaskan meriam hitam jaman dulu. Pada momen tertentu tempat ini juga dipakai untuk berbagai macam kegiatan.

Plasa Sriwedari termasuk dalam citywalk Slamet Riyadi, pada hari minggu tempat ini akan penuh dengan pedagang kaki lima sebagai bagian dari car free day. Setiap hari juga banyak pengunjung yang bersantai di bawah rindang pohon yang menaunginya sambil menikmati akses internet serta melihat lalu lintas jalanan kota Solo.

2. Plasa Manahan

Wisata Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Sama seperti Plasa Sriwedari, kawasan ini juga menjadi satu kompleks dengan stadion kebanggaan kota Solo yaitu Stadion Manahan. Di tempat ini sering terdapat event-event skala lokal dan nasional  karena letaknya yang strategis di tengah kota. Juga menjadi titik kumpul beberapa penghobi, mulai dari sepeda sampai fotografi.

Di bagian selatan stadion terdapat sebuah patung Presiden RI pertama yaitu Ir Soekarno yang sedang duduk membaca buku sambil menghadap ke selatan, ke arah kota. Di bawahnya terdapat air mancur yang akan berubah menjadi berwarna-warni ketika malam tiba.

3. Benteng Vastenburg

Wisata Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Benteng peninggalan Hindia Belanda ini terdapat di sebelah utara Pusat Grosir Solo dan Pusat Perbelanjaan Beteng yang terkenal murahnya itu. Benteng ini dulunya di bangun untuk mengawasi gerak-gerik keraton seperti halnya di Jogjakarta. Di sebelah barat terdapat pula Balai Kota Solo yang dulunya merupakan kediaman gubernur Hindia Belanda yang menjadi destinasi wajib para traveler.

Di bagian barat benteng inilah kalian dapat menemukan wifi gratis dari pemerintah kota Solo. Selain gratis, kalian juga mendapatkan kesejukan dari pohon-pohon besar yang menaungi tempat ini.

4. Monumen Banjarsari

Wisata Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Monumen ini merupakan peringatan dari serangan umum selama tujuh hari yang di pimpin oleh Slamet Riyadi. Dahulu tempat ini begitu kumuh dan tidak menarik, bahkan menjadi tempat jualan barang bekas,  tapi sekarang pemerintah sudah menyulap Monumen Banjarsari menjadi public space yang nyaman untuk pengunjung. Selain nyaman, tempat ini juga menyediakan banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua kalangan baik tua maupun muda.Misalkan taman bermain anak-anak, wifi gratis, area sepeda dan mushola.

Kalian bisa menemukannya di sebelah utara Pasar Legi dan di sebelah selatan kantor Radio Republik Indonesia. Tempatnya memang agak sulit diketemukan, karena bukan di pinggir jalan utama.

5. Taman Balekambang

Wisata Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Taman hijau yang luas ini dulunya merupakan tempat rekreasi keluarga keraton Surakarta. Namun, kini semua pengunjung dapat menikmatinya dengan gratis. Di dalamnya terdapat banyak fasilitas yang lengkap seperti kolam pemancingan, kapal bebek, rusa, kalkun, taman kelinci, taman ular, gedung wayang orang dan sebuah amphiteater mini yang menjadi tempat berbagai event di gelar. Berbeda dengan ke empat tempat di atas, kalian harus membayar untuk dapat menikmati beberapa fasilitas yang disediakan. Harganya bervariasi. Namun masih dalam kategori ramah di kantong.  Kalau ingin gratis, kalian cukup duduk-duduk di tepi kolam atau kursi taman yang banyak tersebar di tempat ini.

Kalian bisa menemukan Taman Balekambang di sebelah utara Stadion Manahan Solo, atau di pinggir jalan raya menuju terminal Tirtonadi.

Itulah lima tempat asyik yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan jaringan internet gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Solo. Tak hanya internet, kalian juga dapat menikmati suasana kota dengan nyaman tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Next

ramadan
Kafe di Seminyak

Kasava Resto and Bar, Pilihan Makan Hemat di Seminyak Bali

Pantai Kukup Jogja

Pesona Pasir Putih di Pantai Kukup yang Lagi Hits