in

7 Wisata Terasering untuk Liburan yang Menyegarkan, Tidak Cuma di Bali

Wisata Terasering Indonesia

Saat sudah lelah dengan hiruk pikuk padatnya perkotaan, rasanya pasti akan sangat menyenangkan jika bisa berlibur ke tempat yang menyegarkan. Seperti persawahan misalnya. Tidak heran jika tempat wisata seperti persawahan di Bali selalu ramai pengunjung. Sensasi pemandangan hijau itu loh yang bikin mata jadi teduh.

Baca juga : Menikmati Akhir Pekan dengan Game Outbound di Malang

Tapi tidak hanya di Bali, di bagian Indonesia lainnya juga ada wisata terasering. Di mana saja ya?

1. Jatiluwih, Tabanan

Wisata Terasering di Jatiluwih merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di daerah Pedungan, Distrik Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Terasering di Jatiluwih menawarkan pemandangan hijau yang sangat luar biasa, di mana pohon-pohon kopi dan sawah tradisional menghiasi kawasan ini.

Foto via Jonny Melon

Tiket masuk ke tempat ini dibanderol dengan harga Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari ketika matahari mulai terbit, karena pemandangan yang dihadirkan benar-benar menakjubkan. Tapi sore juga punya sunset yang tak kalah menakjubkan.

2. Tegalalang, Gianyar

Terasering Tegalalang terletak di atas tebing, menawarkan pemandangan menakjubkan sehingga terkenal sebagai tempat yang tepat untuk berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Di antara rumpunnya padi, kamu akan melihat pohon palem, pemandangan gunung yang membentang di latar belakang juga kebun sayur dan buah.

Foto via Viator

Harga tiket masuk ke lokasi Tegalalang Bali hanya Rp20.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari, di mana pengunjung dapat menikmati momen matahari tenggelam nan indah dari atas dengan pemandangan hijau sawah.

3. Panyaweuyan, Majalengka

Terletak di Desa Panyaweuyan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, wisata ini menyajikan pemandangan hijau nan indah dengan terasering melingkari kawasan. Kamu bisa menikmati pemandangan hutan pinus, sawah terasering, danau, jembatan kayu, serta taman bunga. Kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang menarik, seperti flying fox, ATV, dan outbound.

Foto via Kabar Alam

Harga tiket masuk wisata terasering di Panyaweuyan Majalengka adalah Rp.10.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini adalah pada pagi hari, sejak jam 07.00 WIB hingga 11.00 WIB. Saat itu, pemandangan di sekitar wisata akan terlihat sangat indah karena terpaan sinar mentari pagi.

4. Terasering Sitegong, Magelang

Terasering Sitegong merupakan destinasi wisata yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan, karena diapit oleh bukit dan sawah serta terhampar pemandangan Gunung Sumbing di kejauhan. Di Terasering Sitegong juga terdapat fasilitas taman, tempat beristirahat, dan masjid.

Foto via Kendhil

Harga tiket masuk ke Terasering Sitegong cukup terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang dan Rp3.000 per kendaraan. Selain itu, dapat juga menikmati keindahan pemandangan alam dengan bersepeda seharga Rp15.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Terasering Sitegong adalah sore hari, karena pada saat itu matahari mulai sedikit menurun dan udara yang menghangat.

5. Busungbiu, Buleleng

Terasering Busungbiu berada di Desa Kekeran. Objek wisata ini menyajikan pemandangan indah dengan terasering tinggi yang membentang sejauh kurang lebih 500 meter. Terasering Busungbiu juga memiliki beberapa spot foto yang sangat indah. Dari terasering ini, kamu bisa melihat pemandangan sawah yang menghijau, bukit dan hutan pinus, serta gunung yang menjulang di kejauhan.

Foto via TICMPU

Tiket masuk ke Terasering Busungbiu cukup terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 per orang. Pengunjung juga bisa menikmati aneka makanan dan minuman yang tersedia di sekitar lokasi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Terasering Busungbiu adalah pada pagi hari atau sore hari. Saat itu, pemandangan akan terlihat lebih indah dengan sinar cahaya matahari yang menggantung di atas lokasinya.

6. Danau Maninjau, Sumatra Barat

Terasering Danau Maninjau adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Indonesia. Lokasinya berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 72 km dari Kota Bukittinggi. Terasering Danau Maninjau memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Foto via Indonesia Kaya

Di sini, kamu dapat menikmati panorama indah dari danau berwarna hijau tosca, gunung-gunung yang hijau, dan juga hutan. Harga tiket masuk ke Terasering Danau Maninjau adalah Rp10.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat matahari terbit, karena pada saat itu pemandangan di danau akan terlihat lebih indah. Kamu juga akan dapat melihat matahari terbit di balik gunung-gunung yang hijau.

7. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Terasering Tana Toraja adalah salah satu destinasi wisata utama di Sulawesi Selatan. Terletak di jalur trekking Pangala-Kepe-Limbong-Ma’dong-Rantepao. Pemandangan alam yang dapat dilihat di sini adalah bukit-bukit yang berdiri tegak dengan kabut menyelimuti puncaknya, hutan yang dipenuhi dengan berbagai jenis pohon dan tanaman.

Foto via Jadesta

Tiket masuk terasering cukup terjangkau, yaitu hanya Rp15.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan April sampai dengan bulan Agustus, saat cuaca di sini adalah cerah dan tidak terlalu panas. Selain itu, jalan-jalan di sini pun dapat dilakukan sepanjang tahun.

Informasi baik yang berkaitan dengan fasilitas atau harga mungkin berubah sewaktu-waktu. Tapi semoga yang disajikan di artikel ini cukup membantumu ya. Next

ramadan
Enam Langit by Plataran

Enam Langit by Plataran, Wisata Kuliner di Magelang dengan Pemandangan 6 Gunung Sekaligus

Getuk Goreng manjadi Camilan asli Banyumas yang dinobatkan sebagai warisan budaya bukan benda

Keren! Jajanan Tradisional Ini Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Nasional Bukan Benda