in ,

4 Peristiwa Langit Bulan Juli 2019, Siap-siap Ada yang Bisa dilihat di Indonesia Lho

Peristiwa langit bulan Juli 2019 siap membuat suasana liburanmu semakin meriah, Teman Traveler. Jangan sampai ketinggalan mengabadikannya.

blood moon

Bulan Juli 2019 menawarkan banyak sensasi, Teman Traveler. Aneka fenomena langit siap mengguncang waktu liburmu. Kejadian unik ini bahkan ada yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia. Berikut adalah empat peristiwa langit bulan Juli 2019 yang bisa kalian nikmati. Ayo siapkan tiketmu untuk berburu indahnya momen peristiwa langit ini.

Baca juga : Indahnya Taman Bunga Gemitir di Bali, Destinasi Liburan Murah Namun Mewah Penghilang Lelah

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total via Pixabay

Gerhana matahari total terjadi pada 2 Juli 2019. Ketika gerhana terjadi, di Indonesia waktu sudah menunjukkan lewat dini hari. Sayangnya lagi, pengamat di Indonesia tidak dapat melihat peristiwa tersebut karena jalur gerhana hanya melintasi wilayah Samudera Pasifik bagian selatan, hingga ke Cile dan Argentina.

Gerhana matahari total merupakan peristiwa ketika Matahari, Bulan, Bumi berada di garis lurus dan membuat permukaan Matahari terhalang oleh Bulan. Jadi, bukan dimakan raksasa seperti cerita zaman dulu ya. 

Oposisi Saturnus

Oposisi Saturnus via Pixabay

Saturnus akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada 9 Juli 2019 mendatang lho. Planet bercincin ini akan terletak pada jarak 9,03 AU dari Bumi dan akan terlihat lebih terang. Saturnus akan terlihat seperti bintang, namun tidak berkelap-kelip. Untuk bisa melihat cincin saturnus, Teman Traveler harus menggunakan bantuan teleskop.

Gerhana Bulan Sebagian

gerhana bulan via pixabay

Gerhana bulan parsial akan terjadi pada 17 Juli 2019. Peritiwa gerhana dimulai pada pukul 01:44 WIB. Gerhana ini merupakan gerhana pertama yang bisa diamati di Indonesia pada tahun 2019.

Puncak gerhana ini akan terjadi pukul 04:31 dini hari ketika 65 persen dari permukaan Bulan berada di dalam umbra Bumi. Gerhana diprediksi berakhir pada pukul 05:59 waktu setempat.

Gerhana Bulan Parsial dapat diamati dengan mata telanjang dan bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Lokasi terbaik untuk menikmati gerhana bulan parsial ini adalah di Indonesia bagian barat. Jadi tidak ada salahnya tanggal 17 Juli kalian melancong ke arah barat.

Konjungsi Bulan dengan Jupiter

Konjungsi Bulan dan Jupiter via pixabay

Pada 13 Juli 2019 mendatang Bulan dan Jupiter akan terlihat sangat dekat. Saat konjungsi terjadi, Jupiter akan berada sejauh 2 derajat dari Bulan. Teman Traveler di Indonesia dapat mulai melihat kedekatan Jupiter dan Bulan setelah Matahari terbenam ya. Keduanya akan berada di langit timur. Jupiter akan terlihat seperti bintang terang di sebelah Bulan.

Itu dia deretan peristiwa langit bulan Juli 2019 yang sudah diurutkan sesuai tanggal kemunculan. Jangan lupa mengabadikan momen langka ini di timeline sosial mediamu ya, Teman Traveler. Next

ramadan
Menyantap Menu ala Korea di Tomoo Steak

Tomoo Steak Malang, Korean BBQ yang Harganya Tak Bikin Pingsan

Tempat Menginap di Jogja dengan Spot Piknik, Staycation Lebih Seru