in ,

5 Desa Adat Terbaik di Indonesia, Budayanya Bikin Bangga

Menelusuri kekayaan budaya Indonesia

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara terindah di dunia. Kecantikan alam dan budayanya berhasil menelurkan banyak sekali desa adat terbaik. Berikut 5 di antaranya!

Baca juga : Wisata Hutan Lindung Sesaot, Obat Galau Anak Milenial Lombok

1. Desa Adat Praijing, NTT

Image may contain: sky, cloud, mountain, outdoor and nature
Desa Adat Praijing via Instagram/hansontjung

Kampung ini terletak di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sini karena desain rumah tradisionalnya yang unik dan etnik. Tercatat sekitar 38 bangunan adat yang berdiri, di mana tiap rumah terbagi atas 3 bagian.

Pertama, pada bagian bawah (Lei Bangun) difungsikan untuk memelihara hewan ternak. Kemudian pada bagian tengah (Rongu Uma) digunakan untuk penghuni, sementara bagian atas atau menara (Uma Daluku) digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan benda pusaka.

2. Kampung Naga, Tasikmalaya

Image may contain: tree, plant, sky, grass, house, outdoor and nature
Kampung Naga via Instagram/josh.photoworks

Desa adat terbaik selanjutnya berada di Kampung Naga, Tasikmalaya. Perpaduan alamnya yang indah ditambah teguhnya masyarakat menjaga adat dan tradisi nenek moyang membuat desa ini menjadi incaran banyak ilmuan. Konon kampung ini menjadi tempat peristirahatan/petilasan Singaparna, abdi dalem Sunan Gunung Jati.

Tempat wisata ini juga pernah dibumihanguskan oleh pemberontak DI/TII di tahun 1956 karena menolak tunduk pada mereka dan lebih memilih setia pada Bung Karno. Desa yang memiiliki rumah adat dari kayu dan bambu ini pun kembali dibangun dan dipercantik hingga seindah sekarang.

3. Desa Dayak Pampang, Kaltim

Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Aksi para penari desa via Instagram/rslnd_ocha

Dusun ini sudah lama menjadi destinasi andalan, khususnya bagi mereka yang menyukai wisata budaya sekaligus mengenal seni daerah suku Dayak. Di sini, Teman Traveler bisa menikmati tarian tradisional khas seperti Bangen Tawai, Hudoq, dan Kanjet Anyam Tali.

Selain itu, daya tarik utama yang ada di desa ini adalah rumah adat megah yang dipenuhi ukiran indah khas Dayak. Bangunan yang bernama Lamin Adat Pamung Tawai ini terbuat dari kayu ulin, sementara atapnya dibuat dari kayu sirap.

Semuanya diberi ukiran-ukiran indah. Setiap Minggu selalu diadakan pertunjukan tari tradisional di sini, jadi jangan sampai ketinggalan, ya!

4. Desa Wae Rebo, NTT

Image may contain: one or more people, people standing, mountain, sky, outdoor and nature
Desa Wae Rebo via Instagram/tantoharis

Kampung ini terkenal karena pemandangannya yang eksotis dan cantik. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, kawasan wisata ini sangat cocok bagi Teman Traveler yang ingin merasakan kesejukan alam Flores.

Daya tarik utama desa Wae Rebo ini adalah rumah adatnya yang berbentuk seperti kerucut. Berjumlah 7 buah, masing-masing didiami 5 hingga 8 anggota keluarga sekaligus. Banyak sekali warga luar seperti Belanda, Perancis, Jerman hingga Amerika ingin bertandang ke Wae Rebo karena tertarik dengan rumah adat berlantai 5 ini.

5. Desa Adat Suku Baduy

Image may contain: one or more people and outdoor
Suasana kampung Baduy via Instagram/hianusaeka

Siapa yang tidak kenal dengan desa yang satu ini? Kawasan tempat tinggal suku Baduy ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaannya terletak pada aturan adat dan kebiasaannya, di mana masyarakat Baduy Dalam masih memegang aturan adat yang sangat murni dan tidak diperbolehkan keluar-masuk dengan bebas.

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan alamnya yang asri dan rindang, lengkap dengan arsitektur bangunan tradisionalnya yang menggunakan bambu dan kayu. Sungguh klasik dan etnik!

Demikian 5 desa adat terbaik di Indonesia yang berhasil dihimpun Travelingyuk. Tunggu apalagi, yuk berangkat! Next

ramadan

4 Mitos Larangan Keluar Maghrib di Berbagai Daerah, Salah Satunya Bertemu Lampor

Melihat Sunset Gratis di Tebing Pantai Tegal Wangi