in , , , ,

5 Hal ini Jangan Dilakukan Saat Berwisata di Korea Selatan

fi jgn dilakukan di korsel

Sebelum Teman Traveler pergi liburan di Negri Ginseng perlu perhatikan beberapa kebiasaan yang perlu dihindari. Berikut 5 hal jangan dilakukan saat berwisata di Korea Selatan, untuk menghormati dan menghargai adat istiadat yang berbeda dengan kita. Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga : Cafetel, Hostel Khusus Perempuan di Jepang yang Imut dan Instagenic

1. Jangan Bicara Informal Dengan Orang Baru Dikenal

jangan bicara informal
Ilustrasi via pexels Markus Winkler

Dikutip dari Kompas.com, Teman Traveler jangan berbicara informal dengan orang yang baru saja ditemui. Ada baiknya berbicara menggunakan bahasa formal atau honorifik, sebab di Korsel ada tiga tingkatan utama dalam kesopanan berbahasa Korea.

Tingkatan pertama yaitu menunjukkan rasa hormat yang paling formal, kedua rasa sopan sedikit formal, dan ketiga percakapan santai atau informal. Nah, hindari tingkatan ketiga kecuali untuk teman sebaya.

2. Jangan Makan Terlebih Dahulu

jangan makan terlebih dahulu
Ilustrasi via pexels Markus Winkler

Kemudian saat makan bersama dalam satu meja jangan makan terlebih dahulu, tunggu orang yang lebih tua duduk dahulu. Setelahnya Teman Traveler boleh menikmati makan.

3. Jangan Tinggalkan Sisa Makanan

jangan sisa makanan
Ilustrasi via pexels Becerra Govea Photo

Selain itu Teman Traveler jangan sampai meninggalkan sisa makanan di meja restoran, harus membereskan meja sendiri setelah selesai makan. Banyak restoran di Korea Selatan yang sudah menerapkan hal tersebut, terutama restoran fast food. Pisahkan juga sampah bekas makan sesuai jenisnya pada tempat sampah yang telah disediakan.

4. Jangan Buang Sampah Sembarangan

jangan buang sampah sembarangan
Ilustrasi via pexels Steve Johnson

Berikutnya yang tidak boleh dilakukan adalah jangan buang sampah sembarangan. Seharusnya mau di mana pun lebih baik memang jangan melakukan hal ini. Di Korsel ada banyak CCTV jika nekat membuang sampah sembarangan, bisa saja Teman Traveler kena denda atau apapun itu. Selain itu, sampah di sini harus dipisah menurut jenisnya yaitu sampah tidak dapat didaur ulang dan sampah makanan.

5. Jangan Bersila di Kursi

jangan bersila di kursi
Ilustrasi via pexels Mikhail Nilov

Selanjutnya Teman Traveler harus menghindari duduk bersila di kursi, atau mengangkat kaki ke atas. Etika di sini harus duduk dengan tegak dengan kedua kaki masih menapak di lantai.

Demikian daftar 5 hal jangan dilakukan saat berwisata di Korea Selatan, coba perhatikan dan diingat-ingat ya, Teman Traveler! Next

ramadan

Ujung Senja, Spot Memburu Sunset Favorit di Pantai Ujungnegoro, Batang

fi etika membawa tas ransel

Etika Membawa Tas Ransel di Pesawat ala Garuda Indonesia