in , ,

Nama Unik Desa di Indonesia, Bahkan Ada Desa Siluman

fi nama unik desa di Indonesia

Indonesia termasuk negara terluas di dunia jadi tidak heran ada 83.931 wilayah administrasi setingkat desa yang tercatat pada 2018. Setiap desa ini pasti memiliki nama, nah berikut 5 nama unik desa di Indonesia, bahkan ada desa bernama Siluman lho! Yuk simak ulasan ini.

Baca juga : Cagar Alam Mutis, Hutan Bonsai Yang Cantik

1. Desa Kasmaran

desa kasmaran
Ilustrasi via [image source]

Pertama ada desa dengan nama Kasmaran yang terletak di Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Konon nama ini diambil dari peristiwa perebutan lahan antara Kerajaan Sumedang Larang dan Pangeran Darma yang kala itu memimpin Indramayu.

Menurut history of Cirebon, untuk merebut sebuah wilayah milik Raja Sumedang, Pangeran Darma mengubah penampilan menjadi wanita. Raja Sumedang Larang sangat mudah terbius akan kecantikan wanita, hal ini dimanfaatkan Pangeran Darma. Kemudian nama Kasmaran lahir dari peristiwa kasmarannya dua tokoh tersebut.

2. Desa Pacar Peluk

desa pacar peluk
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya setelah Kasmaran ada Desa Pacar Peluk yang berada di Jombang, Jawa Timur. Konon nama ini diambil sebab banyak ditemukan tanaman pacar air saat pertama kali pembukaan lahan desa. Kemudian tanaman ini dimanfaatkan warga setempat sebagai pewarna kuku atau kutek.

3. Sumberdukun

desa sumberdukun
Ilustrasi via [image source]

Desa Sumberdukun berlokasi di Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Bukan karena banyak masyarakatnya berprofesi sebagai dukun. Ternyata nama ini adalah bentuk penghormatan untuk dukun yang telah berjasa besar menemukan sumber mata air, di mana memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat zaman dahulu hingga sekarang.

4. Desa Montok

desa montok
Ilustrasi via instagram anggachristianhananta

Berikutnya ada Desa Montok berlokasi di Kecamatan yang memiliki nama unik juga yaitu Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Desa ini memiliki objek wisata indah Pantai Talang Siring, sebagai salah satu sumber ekonomi desa tersebut.

5. Desa Siluman

desa siluman
Ilustrasi via instagram boomdua_

Terakhir Desa Siluman, terdengar menyeramkan ternyata sejarah desa ini tidak ada unsur mistisnya. Nama Desa yang terletak di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat ini adalah dari sungai kecil yang bernama Ci Silukman.

Demikian ulasan 5 nama unik desa di Indonesia yang memiliki arti lain jika diartikan secara langsung. Kira-kira masih ada nama unik lainnya, Teman Traveler? Next

ramadan
fi syarat perjalanan ke jepang

Siapa Saja yang Diperbolehkan Memasuki Negeri Sakura? Berikut Syarat Perjalanan ke Jepang

fi waroeng sumber gentong

Waroeng Sumber Gentong di Malang, Suasana Jadul Tempo Dulu