in , ,

Tak Hanya Karimun Jawa, 6 Pantai di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Pesona pantai Jawa Tengah yang memesona mata

Jepara adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki letak geografis di bagian paling utara dan berada dekat dengan laut. Karena itulah, tak heran jika di Jepara banyak sekali ditemui pantai-pantai berpasir putih nan eksotis. Saking banyaknya, di sini bahkan Teman Traveler bisa mengunjungi dan bermain-main di pantai tanpa mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Berikut 6 pantai di Jepara yang wajib kamu kunjungi.

Baca juga : Lima Kafe Bandung yang Baru dan Instagenic, Bikin Nongkrong Makin Asyik

1. Pantai Bondo

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_9JF.jpeg
Pantai Bondo (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Bondo terletak di Bondo Bangsri RW I, Mulyoharjo, Jepara. Pengelolaan tiket masuk di Pantai Bondo dikelola oleh BUMDES, masyarakkat setempat. Sesampainya di lokasi Pantai Bondo, kamu akan disuguhi air laut yang jernih dan pasir pantai putih sepanjang mata memandang. Selain itu disini juga banyak ditemukan spot foto instagramable seperti, kayu lengkung, ayunan, hingga spot foto love yang viral.

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_0v0.jpeg
Spot foto di Pantai Bondo (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Saat sudah lelah bermain di pantai dan mulai merasa lapar dan haus, jangan khawatir karena di sini tersedia banyak warung di sepanjang pantai dan juga memiliki banyak payung serta tempat duduk sehingga pas untuk tempat berisitirahat dan berfoto. Biaya tiket hanya sebesar Rp5.000 per kendaraan.

2. Pantai Empurancak

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_cKl.jpeg
Sunset di Empurancak (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Empu Rancak atau disebut juga Pantai Purancak adalah pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Di kalangan masyarakat Jepara, Pantai Empurancak lebih identik dengan ikan bakarnya yang lezat tiada duanya. Di sini, banyak ditemukan rumah makan dan warung yang menjual aneka hidangan laut mulai dari ikan bakar, seafood, hingga makanan khas Jepara, pindang serani.

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_Kpl.jpeg
Pantai Empurancak (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selain makanannya yang terkenal lezat, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dengan suguhan air laut yang jernih serta pasir laut yang putih. Untuk masuk ke sini Teman Traveler tak perlu membayar tiket masuk. Cukup hanya dengan Rp2.000 untuk biaya parkir kendaraan, sudah bisa menikmati wisata pantai sepuasnya.

3. Pantai Teluk Awur

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_Z0d.jpeg
Pantai Teluk Awur (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Teluk Awur terletak di Jalan Teluk Awur, Telukawur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Pantai ini memiliki wilayah yang paling luas di antara pantai yang lain, dengan air laut yang jernih kebiruan, pasir putih yang halus, serta sunset yang indah.

Aksesnya sangat mudah dijangkau karena beberapa bagian berada tepat di pinggir jalan raya. Dan tentu saja, Teman Traveler tak perlu membayar biaya tiket masuk untuk menikmati suasana pantai di sini.

4. Pantai Kartini

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_PDT.jpeg
Dermaga Pantai Kartini (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Kartini berlokasi di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Pantai Kartini adalah pantai yang memiliki ikon Penyu raksasa yang berisi wahana bermain di dalamnya.

Biaya masuk ke Pantai Kartini sebesar Rp5.000 per orang di hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan. Tapi, di sini Teman Traveler akan disuguhi berbagai lokasi wisata yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Selain penyu raksasa, di sini juga banyak sekali ditemui penjual souvenir khas Jepara, makanan seafood, permainan anak-anak, hingga dermaga. Di sini juga disediakan perahu yang dijajakan masyarakat setempat untuk menuju Pulau Panjang hanya dengan biaya Rp15.000 per orang.

5. Pantai Bandengan

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_OMG.jpeg
Bandengan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Tirto Samudro atau Pantai Klein Scheveningen atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Bandengan adalah pantai yang terletak 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai Bandengan adalah pantai paling ramai di Jepara.

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_vq4.jpeg
Sunset di Bandengan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Di musim liburan dan akhir pekan, pantai Bandengan tak kan pernah sepi pengunjung karena terkenal dengan keindahannya. Selain berenang, Teman Traveler bisa mencoba wahana kano, ATV dan banana boat yang tersedia di sini. Jangan lupa menikmati suasana pantai dengan duduk bersantai di kursi santai dan payung ala-ala Bali di sini ya.

6. Pulau Panjang

whatsapp_image_2020_01_08_at_19_fuF.jpeg
Pulau Panjang (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Destinasi ini merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dengan luas 19 hektare dan berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara. Di sini, terdapat Makam Syekh Abu Bakar yang sering dikunjungi oleh peziarah untuk berdoa. Akses menuju pulau panjang bisa menggunakan perahu kecil yang disewakan oleh warga setempat dengan biaya Rp15.000 per orang, yang dinaiki dari dermaga Pantai Kartini atau Pantai Bandengan.

Di sini, selain menikmati pulau sepi serasa pulau pribadi yang masih sangat terjaga keasriannya Teman Traveler juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Sebelum berkemah jangan lupa izin ya, dan usahakan beramai-ramai serta jaga etika kesopanan.

Itulah tadi 6 pantai di Jepara yang wajib Teman Traveler kunjungi saat sedang berkunjung ke kota ini. Next

ramadan
Pos Koffie Malang

Pos Koffie Malang, Fancy dan Ramah Keluarga

5 Hostel Murah dan Artsy di Kuala Lumpur, Backpackeran Seru Tanpa Bikin Kantong Bolong