in ,

Masjid di Jogja yang Memberikan Buka Gratis, Musafir Boleh Mampir!

Masjid UAD [image source]

Pada bulan puasa banyak orang yang meningkatkan kualitas ibadahnya. Salah satu caranya dengan giat shalat berjamaah. Tidak heran selama Ramadan masjid-masjid menjadi penuh. Meski niat utamanya adalah beribadah namun di bulan puasa ini banyak pula masjid yang berbagi berkah dengan menyediakan menu berbuka untuk para jamaah. Seperti 7 masjid di Jogja ini.

Baca juga : Tips Menjelajah Pantai Baru yang Minim Fasilitas, Jangan Lupa Hal ini

1. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan [image source]
Masjid pertama ini begitu terkenal setelah keputusan panitia untuk memberikan hidangan berbuka gratis diliput oleh media. Adalah Masjid Jogokariyan, sebuah masjid yang telah menjadi teladan karena kegiatan berbagi rezeki tersebut. Biasanya, panitia masjid menyediakan tak kurang dari 1200 porsi makanan setiap hari.

Masjid Jogokariyan [image source]
Lokasi : Kampung Jogokaryan, kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta

2. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Kauman [image source]
Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta yang terletak di barat alun-alun utara Kraton Yogyakarta ini juga punya menu berbuka gratis yang spesial. Adalah Masjid Gedhe Kauman yang selalu rutin membagikan menu berbuka gratis berupa nasi bungkus. Kebanyakan jamaah yang datang ke Masjid Gedhe Kauman ini adalah mahasiswa yang memang sangat terbantu dengan kehadiran menu buka gratis yang banyak diadakan di masjid-masjid setidaknya bisa buat ngirit biaya makan.

Masjid Kauman [image source]
Lokasi : Jl. Kauman, Alun-Alun Keraton, Ngupasan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta

3. Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM [image source]
Pasti banyak yang tahu keberadaan masjid ini apalagi mereka yang sering berbelanja di Sunmor UGM. Menu berbuka yang disediakan terbilang sangat banyak. Masjid Kampus UGM pada bulan puasa menyediakan sekitar 1000 porsi pada 10 hari pertama , kemudian 750 porsi di 10 hari berikutnya dan 10 hari terakhir menyediakan 500 porsi menu berbuka. Jumlahnya semakin sedikit dengan pertimbangan semakin mendekati hari raya jumlah jamaah yang didominasi oleh mahasiswa juga mulai berkurang. Banyak mahasiswa yang telah pulang kampung menjelang lebaran.

Masjid Kampus UGM [image source]
Lokasi : Jalan Olahraga, Bulaksumur, Kec. Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Masjid Universitas Ahmad Dahlan

Masjid UAD [image source]
Menu berbuka gratis di Masjid Universitas Ahmad Dahlan sudah seperti makan di restoran lho. Bagaimana tidak setiap hari menunya berganti termasuk takjilnya juga dan semuanya enak-enak. Selama sebulan penuh puasa panitia Masjid Universitas Ahmad Dahlan menyediakan menu berbuka yang wah. Sebut saja beberapa diantaranya tongseng, nasi ayam, nasi rames, nasi padang dan juga rica-rica entok. Pasti betah salat berjamaah di masjid ini. Setelah salat magrib sempatkan juga untuk menunggu salat isyak sekaligus tarawih di sana.

Masjid UAD [image source]
Lokasi : Jl. Ring Road Selatan, Banguntapan

5. Masjid Nurul Islam Jakal

Ilustrasi Buka Bersama di masjid [image source]

Masjid terakhir adalah Masjid Nurul Islam Jakal. Masjid ini terletak di Jalan Raya Kaliurang Km. 5,6 dan menjadi salah satu masjid di Jogja yang punya menu berbuka gratis yang istimewa. Kalau sedang beruntung baik warga sekitar maupun musafir bisa mendapatkan menu berbuka berupa nasi padang.

Ilustrasi Buka Bersama di masjid [image source]
Lokasi : Km 5.6 Sarimulyo, Manggung, Jl. Kaliurang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jangan sampai kalian datang ke sana hanya untuk berburu makan gratis jika tidak ada langsung kecewa dan marah. Karena yang terpenting tetaplah ibadah itu sendiri, urusan ada buka gratis atau tidak itu adalah sebuah bonus. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Tukad Unda, Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Top 13 Tempat Wisata di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung