in ,

Top 13 Tempat Wisata di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung

Pantai Mandapa [image source]

Saatnya jalan-jalan ke kabupaten hasil pemekaran dari Lampung Selatan yakni kabupaten Pesawaran. Mendengar namanya yang jelas daerah ini masih asing di telinga para traveler tapi tempat wisata yang ada di dalamnya kebanyakan sudah cukup familiar didengar, sebut saja Pulau Pahawang dan Kelagian.

Baca juga : Modifikasi Snack Cheetos Jadi Kuliner Kekinian, Bagaimana Rasanya ya?

Kabupaten ini baru berdiri pada tanggal 2 November 2007 dan berbatasan langsung dengan Teluk Lampung serta kabupaten Lampung Selatan. Tanpa deskripsi terlalu panjang langsung saja yuk kita tengok 12 tempat wisata andalan kabupaten Pesawaran.

1. Gunung Pesawaran, Treknya Bikin Traveler Penasaran

Gunung Pesawaran [image source]
Gunung Pesawaran adalah gunung tertinggi di kabupaten Pesawaran dengan ukuran sekitar 1.682 mdpl. Ukurannya yang tidak terlalu tinggi ini sangat cocok untuk dijadikan spot trekking bagi pendaki pemula. Tapi jangan nekad mendaki tanpa mengajak penduduk lokal sebab alam gunung ini masih diselimuti oleh hutan perawan.

Gunung Pesawaran, via instagram
Gunung Pesawaran, via instagram

Meski ukurannya pendek tapi jalur pendakian ke puncak Gunung Pesawaran cukup menantang dan bikin penasaran. Pasalnya jalur pendakian harus melintasi rute dengan kondisi alam yang masih alami tanpa fasilitas pendukung. Sebaiknya persiapkan fisik dan perbekalan yang mencukupi sebelum mendaki ke gunung ini.

Nama Tempat : Gunung Pesawaran
Lokasi :Kabupaten Pesawaran, Lampung

2. Gunung Betung, Pendaki Pemula Wajib Berkunjung

Gunung Betung [image source]
Kalau dirasa Gunung Pesawaran masih terlalu berat coba dulu latihan mendaki Gunung Betung yang tingginya hanya selisih sekitar 400 meter saja. Gunung ini menjadi tujuan favorit para petualang karena aksesnya mudah dijangkau dan lokasinya berada dekat dengan kota Bandar Lampung.

Gunung di Lampung [image source]
Sebagian besar kawasan Gunung Betung berupa hutan konservasi yang dikelola oleh pemerintah dalam bentuk Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman. Tentu saja pemandangan sepanjang rute pendakian akan menyejukkan mata. Apalagi traveler akan berjumpa dengan banyak air terjun yang begitu indah.

Nama Tempat : Gunung Betung
Lokasi : Kabupaten Pesawaran, Lampung

3. Pulau Kelagian, Suasananya Bikin Ketagihan

Pulau Kelagian
Pulau Kelagian [image source]
Kalau traveling ke kabupaten Pesawaran jangan sampai tidak mengunjungi Pulau Kelagian, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang menjadi tujuan sempurna untuk me-recharge energi. Pulau ini bisa traveler akses dengan menyeberang dari Pantai Klara. Biaya sewa perahunya beragam tergantung hasil tawar menawar traveler dengan pemilik perahu umumnya berkisar antara Rp. 150-250 untuk jasa penyeberangan pulang pergi.

Pulau Kelagian
Pulau Kelagian [image source]
Pulau Kelagian dikelilingi oleh pasir pantai putih yang sangat lembut. Kondisi alam bawah lautnya pun masih terjaga sehingga pas untuk snorkeling melihat-lihat kehidupan bawah air yang keren. Sayangnya traveler tidak bisa menginap di pulau ini lantaran tidak ada penginapan. Waktu terbaik mengunjunginya adalah pagi hari dan pulang saat sore.

Nama Tempat : Pulau Kelagian
Lokasi : Gebang, Padang Cermin, Pesawara, Lampung

4. Pulau Pahawang, Keindahannya Akan Selalu Terbayang-Bayang

Pulau Pahawang [image source]
Selain Pulau Kelagian ada pulau lain yang tak kalah terkenal sebagai tujuan wisata populer di Lampung dan menjadi andalan wisata di kabupaten Pesawaran yaitu Pulau Pahawang. Secara administratif pulau ini terletak di kecamatan Punduh Padada dan terbagi atas Pulau Pahawang Besar dan Kecil.

Pulau Pahawang [image source]
Kedua pulau tersebut sama-sama mempunyai pemandangan yang luar biasa mempesona. Pulau Pahawang Kecil bahkan memiliki jembatan alami seperti gosong atau pasir timbul saat surut yang menghubungkannya dengan Pulau Tanjung Putus. Kegiatan yang berhubungan dengan air menjadi andalan di pulau ini seperti menyelam dan snorkeling.

Nama Tempat : Pulau Pahawang
Lokasi : Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung

5. Pulau Tangkil, Menikmati Pantai Dengan Olahraga Ekstrim

Pulau Tangkil [image source]
Traveler yang suka dengan olahraga ekstrim bisa mengunjungi Pulau Tangkil. Di pulau seluas 12 hektar ini traveler akan ditawarkan dengan berbagai aktivitas seru mulai dari banana boat hingga parasailing. Tentu saja ini adalah spot parasailing satu-satunya yang ada di kabupaten Pesawaran atau bahkan mungkin di Lampung.

Wisata Parasailing [image source]
Pulau Tangkil adalah salah satu destinasi wisata yang baru dikembangkan tahun 2014. Tak butuh waktu lama untuk menggaet wisatawan berkunjung ke pulau tersebut. Hadirnya berbagai fasilitas pendukung yang lengkap menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata yang layak diperhitungkan. Pulau ini bisa traveler akses melalui Pantai Mutun dengan menyewa perahu dengan tarif yang cukup terjangkau.

Nama tempat : Pulau Tangkil
Lokasi : Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

6. Pantai Mutun, Dijamin Sekali Berkunjung Langsung Tertegun

Pantai Mutun [image source]
Pantai Mutun adalah salah satu pantai yang cukup populer di Lampung. Pantai ini berada di kabupaten Pesawaran yang berjarak hanya 25 kilometer dari kota Bandar Lampung. Di pesisir pantainya telah disediakan gazebo untuk beristirahat dan meletakkan barang bawaan.

Pantai Mutun [image source]
Pantai Mutun adalah gerbang utama menuju ke Pulau Tangkil. Dari pesisir pantainya terlihat sayup-sayup pulau Tangkil yang indah. Pantai berombak tenang ini cukup memanjakan pengunjung yang suka dengan kegiatan air semisal berenang dan snorkeling. Tidak heran jika setiap akhir pekan kunjungan ke pantai ini sangat membludak.

Nama tempat : Pantai Mutun
Lokasi : Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pasawaran, Lampung

7. Pantai Klara, Indahnya Pantai Bikin Terpesona

Pantai Klara [image source]
Pantai Kelapa Rapat atau lebih dikenal dengan nama Pantai Klara adalah objek wisata pantai yang terletak di kabupaten Pesawaran yang tidak jauh dari Bandar Lampung. Penamaannya sendiri merujuk pada jajaran pohon kelapa yang sangat banyak di pesisirnya. Pantai ini menjadi tujuan rekreasi warga sekitar pada akhir pekan.

Pantai Klara [image source]
Pantai Klara memiliki pasir putih serta terdapat jembatan kayu dengan gazebo di tengah laut yang keren untuk tempat foto. Hanya saja akses menuju ke pantai ini masih sedikit sulit sehingga traveler perlu ekstra hati-hati saat melintasi jalanan yang sempit. Pantai ini juga dikenal sebagai pintu gerbang bagi traveler yang ingin menyeberang ke Pulau Pahawang ataupun Kelagian.

Nama Tempat : Pantai Klara
Lokasi : Jl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

8. Air Terjun Betung, Permata Tersembunyi di Gunung Betung

Air terjun Gunung Bintung [image source]
Air Terjun Betung adalah air terjun yang berada di kawasan Gunung Betung. Jadi kalau traveler tertarik mengunjungi salah satu gunung di kabupaten Pesawaran ini sebaiknya sempatkan pula untuk mengeksplorasi kekayaan air terjunnya. Salah satu yang paling terkenal adalah air terjun Betung ini.

Air terjun Gunung Bintung Air terjun Gunung Bintung [image source]
Air Terjun Betung memiliki ukuran tinggi sekitar 30 meter. Sumber airnya sangat berlimpah dan sangat segar. Kebanyakan pecinta alam yang mendaki gunung Betung dan mampir ke air terjun ini akan menyempatkan diri untuk bermain air di bawah air terjun. Indahnya suasana alam dan segarnya air terjun Betung bisa menjadi pemulih tenaga setelah melahap trek yang terjal dan melelahkan.

Nama Tempat : Air terjun Betung
Lokasi : Gnung Betung, Kabupaten Pesawaran, Lampung

9. Curup Sinar 3, Indahnya Luar Biasa

Air terjun Sinar Tiga [image source]
Beralih ke dusun Sinar Tiga, desa Harapan Jaya, kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pesawaran. Di dalam wilayah tersebut dijumpai permata tersembunyi dalam bentuk Curup Sinar 3, sebuah air terjun cantik setinggi 20 meter yang masih terjaga kealamiannya.

Curup Sinar 3, via instagram
Curup Sinar 3, via instagram

Belum banyak orang yang tahu keberadaan air terjun ini pun juga belum ada tarif masuk mengunjungi spot keren ini. Padahal lokasinya cukup mudah diakses dari Bandar Lampung dengan mengambil rute menuju ke tempat wisata pantai Mutun. Dari pemukiman penduduk terakhir di dusun Sinar Tiga sebagai tempat parkir traveler masih harus trekking jalan kaki selama 20 menit untuk sampai di depan air terjun.

Nama Tempat : Curup Sinar 3
Lokasi : Air Terjun Sinar Tiga, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung

10. Pulau Balak, Tampilan Pantainya Buat Mata Traveler Terbelalak

Pulau Balak [image source]
Pulau Balak menyuguhkan dua lanskap alam yang berbeda dalam satu wilayah. Di sisi timur pulau ini berupa batuan cadas sedangkan sisi barat hingga utara diisi dengan garis pantai berpasir putih yang keren. Pulau ini berada di tengah Teluk Punduh Pidada sehingga kondisi pantainya sangat landai dengan ombak yang tenang.

Pulau Balak [image source]
Layaknya pulau-pulau lain yang belum banyak terjamah manusia, kondisi alam bawah laut di Pulau Balak masih sangat terjaga. Terumbu karangnya dalam kondisi yang bagus dan menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil berwarna-warni. Kalau lagi beruntung traveler yang bersnorkeling di Pulau Balak bisa bertemu dengan spesies penyu sisik.

Nama Tempat : Pulau Balak
Lokasi : Pulau Balak, Kabupaten Pesawarn, Lampung

11. Pantai Dewi Mandapa, Yakinlah Setiap Traveler yang Berkunjung Bakal Tergoda

Pantai Mandapa [image source]
Pantai Dewi Mandapa adalah pilihan tempat wisata baru di kabupaten Pesawaran yang mulai dilirik oleh traveler. Pantainya sendiri berada sejalur dengan obyek wisata yang telah terkenal duluan yaitu Pantai Klara. Sehingga menemukannya bukanlah hal yang sulit.

Pantai Mandapa [image source]
Pantai Dewi Mandapa terkenal dengan suasananya yang masih alami dipenuhi oleh pepohonan bakau yang rimbun. Ada dua spot yang menjadi incaran pengunjung saat tiba di pantai ini. Pertama adalah Pulau Cinta yang berbentuk seperti hati. Sedangkan spot kedua adalah kawasan hutan bakau yang telah ditata sedemikian rupa menjadi seperti beranda yang mengapung di tengah laut.

Nama Tempat : Pantai Dewi Mandapa
Lokasi : Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

12. Pasir Timbul Sari Ringgung, Destinasi yang Lagi Hits di Lampung

Pasir Timbul [image source]
Satu tempat wisata pantai yang cukup terkenal di Lampung dan berada di kabupaten Pesawaran yaitu Pantai Sari Ringgung. Pantai ini sudah biasa menjadi tujuan rekreasi di akhir pekan namun ada satu spot di dekat pantai tersebut yang kini mulai naik daun.

Pasir Timbul [image source]
Adalah Pasir Timbul Sari Ringgung, sebuah fenomena alam berupa pasir pantai yang timbul ke permukaan saat laut sedang surut. Menuju ke spot ini traveler perlu menyewa perahu dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar 15 menit. Di tempat ini traveler bisa bebas melakukan apa saja yang berhubungan dengan air.

Nama Tempat : Pasir Timbul Sari Ringgung
Lokasi: Jl. Way Ratai KM. 14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung

13. Marines Eco Park

Marines eco park [image source]
Dikenal juga dengan sebutan MEP, merupakan tempat wisata Lampung yang baru dan mulai populer. Lokasinya sendiri ada di Pantai Lembing, Piabung bagian dari wilayah Pesawaran. Sejak dibuka pertama kali beberapa waktu yang lalu, tempat ini sudah didedikasikan untuk masyarakat umum dan prajurit marinir.

Marines eco park [image source]
Itu karena tak jauh dari MEP ada markas MEP berada tepat di depan Komandi Brigade Infanteri 3 (Brigif 3) Marinir Piabung. Harapannya masyarakat bisa mendapatkan pelajarn seputar eco park sekaligus punya waktu untuk bersenang-senang bersama dengan keluarga.

Nama Tempat Marines Eco Park

Lokasi : Jl. Pematang Awi, Sanggi, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Masih ada tempat wisata di kabupaten Pesawaran favoritmu yang luput Travelingyuk sebutkan? Jangan kecewa, kalian bisa melengkapinya dengan menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Masjid di Jogja yang Memberikan Buka Gratis, Musafir Boleh Mampir!

Traveling ke Jepang, Traveler Bisa Mencicipi Es Krim Emas!