in , ,

Menikmati Sejuknya Jogja, A Cup of Tugu Lor Java Bikin Jatuh Cinta

Temanya beda banget dengan resto lainnya

Ketika berkunjung ke Jogja, Teman Traveler tak hanya bisa berlibur ke pantai atau pun bukit. Tapi kalian juga bisa mampir ke kafe unik bernama A Cup of Tugu Lor Java. Tempat kuliner ini seperti hutan mini, namun tetap menyajikan suasana yang sangat nyaman. Penasaran kan bagaimana serunya tempat ini? Yuk kita mulai berpetualang.

Baca juga : Kuliner Kekinian yang Keju Banget, Mana Favoritmu?

‘Hutan Kecil’ di Tengah Jogja

tugu lor
Bagian depan A Cup of Tugu Lor Java (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Berada di pusat kota, tempat nongkrong yang satu ini menawarkan konsep yang berbeda dengan kafe dan resto pada umumnya. Bernama A Cup of Tugu Lor Java atau biasa disebut dengan Tugu Lor, tempat ini sudah banyak mencuri perhatian banyak pengunjung.

Bagaimana tidak, begitu memasuki tempat ini kalian seakan dibawa ke hutan kecil yang penuh dengan pepohonan menjulang dan tanaman-tanaman hijau. Seperti berada di tempat yang jauh dari kota padahal sedang berada di tengah kota. Menarik sekali kan?  

Lokasi dari Tugu Lor

tugu lor
Tangga menuju area kafe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bernama Tugu Lor karena lokasinya berada di utara Tugu Jogja, di mana dalam Bahasa Jawa kata ‘lor’ berarti utara. Alamat lengkapnya berada di Jalan AM. Sangaji No.72, Jetis, Yogyakarta. Sekitar 1 kilometer dari Tugu Jogja yang bisa ditempuh hanya dengan waktu kurang lebih 5 menit.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi. Sementara jam tutupnya pukul 24.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, kafe ini tutup pada pukul 01.00 WIB.

Menyajikan Suasana Teduh

tugu lor
Suasana dalam kafe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Memasuki area Tugu Lor, kalian akan melewati pintu kayu dengan tangga yang menuju ke bawah. Pepohonan pun akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Tempatnya cukup luas dengan pemandangan pohon dan tanaman di sebelah kanan dan kiri.

20190708_162928_01_3200x1800_9Wz.jpeg
Banyak area duduk (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Ada Area Indoor dan Outdoor

tugu lor
Salah satu sudut dekat bar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Perlu diketahui, meski konsep hijau yang paling ditonjolkan di sini tapi Tugu Lor juga menawarkan area lain yang tak kalah nyaman. Selain outdoor, ada juga area indoor yang menjadi satu dengan bar, lantai atas dan balkon. Meski tak berada di area outdoor, suasana sejuk masih sangat terasa.

20190708_163815_01_3200x1800_2ar.jpeg
Spot lantai atas (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kalian bisa memilih dua area berdinding yakni area bar dan lantai atas. Area bar memiliki suasana homey dengan dekorasi yang elegan. Salah satu dinding merupakan material kaca yang menjadikan ruang terlihat semakin luas. Sedangkan di lantai atas, ruangannya berdinding dengan perpaduan kayu dan kaca serta dilengkapi meja dan kursi yang terbatas.

Di sebelah ruang ini merupakan spot balkon yang menjadi salah satu favorit bagi pengunjung. Spot ini memiliki jangkauan pemandangan yang luas karena posisinya yang berada di atas dan tanpa dinding.

Banyak Spot Nongkrong

20190708_172535_01_3200x1800_66R.jpeg
Spot seru untuk nongkrong (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Sejak 1 Januari 2019, Tugu Lor selalu diramaikan oleh anak muda milenial. Mereka datang beramai-ramai, berdua atau bahkan sendiri. Ada yang sekedar nongkrong santai, rapat dan diskusi atau mengerjakan deadline tugas.

20190708_170551_01_3200x1800_MX9.jpeg
Area lantai atas (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tempatnya yang menunjang dengan suasana yang nyaman memang tak perlu meragukan Tugu Lor sebagai tempat jujugan. Teman Traveler bisa bersantai seru di area outdoor atau area balkon dengan sensasi angin semilir. Kalau kalian butuh socket listrik untuk keperluan mengerjakan tugas, Teman Traveler bisa pilih area bar.  

Menu Makanan dan Minuman yang Bervariasi

20190708_164216_01_3200x1800_a31.jpeg
Minuman segar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Teman Traveler bisa memesan berbagai macam minuman menyegarkan dan makanan yang menggiurkan. Untuk snack ada French Fries, Churros, Potato Wedges, Pisang Goreng, Tape Ball, Kinopio dan Donat. Sementara untuk main course tersedia Nasi Goreng Tugu Kulon, Classic Omellete, Chicken Mozza Katsu, Japanese Curry dan Tugu Lor Spaghetti.

Kisaran harga untuk makanan yakni Rp7.000 hingga Rp35.000. Sementara untuk menu minumnya lebih bervariatif, seperti aneka kopi, squash, teh, latte dan lainnya. Menu kopi sangat beragam, dari traditional hingga signature coffee. Untuk minumannya dibanderol dengan harga mulai Rp18.000 hingga Rp35.000.    

Bagaimana, Teman Traveler tertarik untuk mampir ke A Cup of Tugu Lor Java? Jika iya, jangan lupa masukkan ke list destinasi hangout kamu selanjutnya ya. Atau sudah tidak sabar ingin cepat ke sini? Yuk, siap-siap tancap gas ke Jogja! Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

6 Masjid di Indonesia Dengan Payung Peneduh Khas Madinah

Danau Nong Han di Thailand

Danau Nong Han, Indahnya Surga Teratai di Thailand