in , ,

6 Masjid di Indonesia Dengan Payung Peneduh Khas Madinah

Berwisata dan melepas rindu seperti di Madinah

Bangunan Masjid Nabawi di Madinah memang terkenal sangat monumental, mulai dari arsitekturnya yang indah dan sakral ditambah payung peneduhnya yang sangat ikonik. Ternyata, ada beberapa mesjid di Indonesia yang terinspirasi untuk membuat payung peneduh khas Madinah. Berikut 6 bangunan di antaranya!

Baca juga : 5 Kafe Instagenic untuk Nongkrong di 2020, Foto-foto Cantik Sambil Nikmati Menu Ciamik

1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batam

img_20191010_212311_JCg.jpg
Kemegahan payung peneduh di Masjid Riayat Syah via Instagram/maisusrida

Tempat ibadah yang dibangun pada tahun 2017 ini memiliki arsitektur yang mengadopsi kemegahan Masjid Nabawi. Di pelatarannya sendiri terdapat 8 payung peneduh khas Madinah yang bisa menampung 8.100 jamaah dibawahnya. Payung ini memiliki tinggi sekitar 17 meter dengan luas bentangan 25×25 meter.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dikenal sebagai masjid terbesar di Sumatera dan menjadi ikon wisata religi terbaru di Kota Batam. Luasnya mencapai 4 hektar dan mampu menampung hingga 25.000 jamaah. Selain payung peneduh, ornamen bercorak Arab-Melayu juga sangat memanjakan pengunjung.

2. Masjid Agung Banten Lama, Jawa Barat

img_20191010_212626_8OP.jpg
Wisata religi Banten Lama via Instagram/asepmahdi

Bangunan ini merupakan masjid tertua di Indonesia. Selain memiliki nilai sejarah yang amat besar, bangunan ini memiliki arsitektur yang khas, mulai dari menaranya yang berbentuk seperti mercusuar hingga 6 payung peneduh yang terinspirasi dari Masjid Nabawi.

Kawasan Kesultanan Banten memang sedang dipersiapkan untuk menjadi salah satu destinasi wisata religi kelas dunia. Teman Traveler bisa menikmati kemegahan arsitekturnya serta kebesaran sejarahnya di sini.

3. Masjid Muammar Qaddafy, Jawa Barat

img_20191013_074534_Hs5.jpg
Payung peneduh sebagai simbol keimanan via Instagram/yudhautama28

Tempat ibadah ini sangat monumental karena merupakan sumbangan dari mantan Presiden Libya, Muammar Qaddafi kepada Indonesia. Masjid ini juga dilengkapi payung peneduh seperti di Madinah. Keberadaan benda tersebut seperti menyimbolkan iman Islam yang memayungi kehidupan sehari-hari penganutnya.

Masjid yang kini menjadi markas besar Majelis Az-Zikra pimpinan Ustadz Arifin Ilham ini berada di kompleks bukit Az Zikra, Desa Cipambuan, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain payung peneduh, terdapat menara setingggi 57 meter yang dilengkapi lift. Teman Traveler bisa mencoba melihat keindahan perbukitan Sentul dari atas menara. Arsitektur bangunan yang kental dengan nuansa tropis Indonesia pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

4. Masjid Raya At-Taqwa Cirebon, Jawa Barat

img_20191010_212511_oWw.jpg
Payung peneduh penambah estetika masjid via Instagram/rizkikuk

Bangunan berusia puluhan tahun ini terletak di Jalan R.A. Kartini No. 2, Kota Cirebon. Di selasarnya terdapat 4 buah payung peneduh yang ditambahkan secara khusus untuk menahan panas serta menambah estetika bangunan. Meskipun tidak bisa dibuka-tutup secara otomatis, benda ini memiliki desain seperti payung peneduh khas Madinah.

Menariknya, pengadaan payung ini digerakkan dari wakaf tunai para jemaah masjid. Selain keindahannya, Teman Traveler juga bisa menikmati arsitektur bangunan yang mengombinasi gaya Timur Tengah dengan kebudayaan Jawa. Menarik, bukan?

5. Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah

img_20191010_212447_djT.jpg
Payung peneduh otomatis yang bisa tutup via Instagram/ellylaila_28

Tempat ibadah yang sangat populer di kota Semarang ini juga memiliki payung peneduh khas Madinah yang menawan. Benda ini bisa dibuka-tutup dengan jadwal tertentu, biasanya untuk acara keagamaan ataupun kunjungan wisata. Peneduh ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dengan diameter hingga 14 meter yang terbentang di halaman luar masjid.

Masjid yang diresmikan oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini juga memiiki arsitektur unik hasil perpaduan gaya Jawa-Arab-Eropa. Untuk menikmatinya, Teman Traveler bisa berkunjung ke Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang. Kalian juga diperbolehkan untuk berfoto di sini, dengan syarat tidak mengganggu kegiatan masjid.

6. Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center (BIC), Kalimantan Timur

BIC
Madinah van Borneo via Instagram/a38ryo_ps

Kompleks pusat Islam terbesar di Balikpapan ini kerap dijuluki sebagai ‘Madinah van Borneo‘. Tempat ibadah ini terinspirasi dari Masjid Nabawi, baik desain hingga keberadaan mihrab dan mimbarnya. Di halaman depan, terdapat 6 buah payung peneduh sebagai simbol rukun iman dan syiar agama Islam. Namun, benda tersebut tidak bisa dibuka-tutup seperti halnya di Madinah.

Masjid yang diresmikan pada tahun 2017 ini menjadi objek wisata religi populer di Balikpapan. Teman Traveler bisa mengobati kerinduan akan kawasan Madinah dengan berkunjung ke sini. Lokasinya berada di kawasan kompleks Balikpapan Islamic Center, Jalan Belibis Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Balikpapan.

Itulah rekomendasi wisata religi khas Madinah yang ada di Indonesia. Apakah Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke salah satunya? Next

ramadan
Blue Lagoon Bali

Blue Lagoon, Ketenangan Menghanyutkan di Padang Bai

Menikmati Sejuknya Jogja, A Cup of Tugu Lor Java Bikin Jatuh Cinta