in ,

10 Acara Unggulan Pariwisata Kemenpar 2019, Jangan Sampai Kelewatan!

Kemenpar Rilis Daftar 10 Acara Unggulan Pariwisata 2019

Acara Unggulan Pariwisata Kemenpar 2019

Gelaran festival atau event khusus juga jadi salah satu andalan Indonesia dalam menarik minat wisatawan. Tiap tahun sejumlah wilayah mengadakan beragam festival menarik dengan tema budaya serta tradisi. Asyiknya, belum lama ini rilis daftar acara unggulan Pariwisata Kemenpar 2019.

Baca juga : Wisata Bukit Tepi Pantai di Malang dengan Pemandangan Lautan

Daftar tersebut dipublikasikan Kemenpar sebagai panduan bagi para pelancong, lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan festival terbaik di seluruh Indonesia. Tentunya bisa jadi inspirasi Teman Traveler yang masih bingung tentukan lokasi liburan tahun ini. Apa saja acara yang masuk dalam daftar tersebut? Berikut penjelasannya.

Bintan Triathlon

Bintan Triathlon
Bintan Triathlon via Instagram.com/thennyfeliciano_sportshoot

Teman Traveler yang hobi mengasah kebugaran boleh menjajal Bintan Triathlon. Sembari berkompetisi di ajang lari, renang, dan bersepeda, kalian bisa menikmati indahnya panorama Riau.

Event akbar ini bakal digelar antara 7-9 Juni 2019 di Bintan Langon Resort. Triathlon tahun ini akan menjadi edisi ke-12 dan tercatat sudah diikuti lebih dari seribu peserta dari 39 negara. Tunggu apa lagi Teman Traveler? Segera daftarkan diri di kegiatan menantang ini.

Java Jazz Festival

Penampilan musisi di Java Jazz
Penampilan musisi di Java Jazz via Instagram.com/cjerichoo

Festival musik kenamaan ini tentunya tak boleh dilewatkan begitu saja. Java Jazz tahun ini bakal antara 1-3 Maret 2019 di Jakarta. Tentunya bakal kian lebih megah dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Java Jazz Festival kerap menarik perhatian lantaran mendatangkan bintang atau legenda jazz kenamaan dunia. Tahun ini penikmat musik Indonesia bakal dihibur aksi panggung menarik band legendaris, Toto.

Karnaval Kemerdekaan

Ilustrasi karnaval kemerdekaan
Ilustrasi karnaval kemerdekaan via Instagram.com/zielach_.33

Karnaval Kemerdekaan Indonesia bakal dihelat di Jakarta pada 18 Agustus mendatang. Teman Traveler bakal berkesempatan menyaksikan sederet pertunjukan karnaval dengan tema kemerdekaan yang tentunya sangat luar biasa. Jangan sampai lewatkan jika kalian tengah berada di ibu kota.

Asia Afrika Festival

Festival Asia Afrika
Festival Asia Afrika via Instagram.com/rossyrostiawati

Sesuai namanya, festival ini bertujuan memperingati Konferensi Asia Afrika yang pertama kali digelar di Bandung. Dalam acara yang bakal digelar di Bandung ini penonton akan disuguhkan indahnya arak-arakan kostum terbaik dari negara Asia serta Afrika. Pastikan untuk tidak melewatkan keseruannya pada 19 Mei 2019 mendatang.

Borobudur Marathon

Borobudur Marathon
Borobudur Marathon via Instagram.com/borobudur.marathon

Para peserta akan diajak berkompetisi di ajang lari marathon sembari nikmati indahnya panorama Candi Borobudur. Marathon kali ini akan diadakan pada 17 November 2019. Tak hanya peserta lokal, Borobudur Marathon biasanya juga diikuti sederet atlet berbakat dari luar negeri.

Banyuwangi Ethno Carnival

Banyuwangi Ethno Carnival
Banyuwangi Ethno Carnival via Instagram.com/subahn7

Bagaimana jadinya jika budaya Jawa, Madura, Bali, Palungan, dan Osing berpadu apik dalam satu pertunjukan cantik dan enak ditonton? Suguhan tersebut bisa Teman Traveler nikmati di Banyuwangi Ethno Carnival. Rencananya acara ini akan diadakan di Taman Blambangan pada 28 Juli 2019. Tertarik datang?

Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival
Jember Fashion Carnival via Instagram.com/celexa17

Kemeriahan acara tahun ini tak perlu diragukan lagi. Bahkan tak sedikit yang membandingkannya dengan parade meriah di Rio, Brasil. Parade kreasi kostum unik Jember Fashion Carnival tahun ini bisa Teman Traveler saksikan antara 31 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Sanur Village Festival

Sanur Village Festival
Sanur Village Festival via Instagram.com/herrygnwan

Tak mau ketinggalan, Bali juga ikut menyumbang event di daftar Acara Unggulan Pariwisata Kemenpar 2019. Salah satunya adalah Sanur Village Festival di Pantai Matahari Terbit. Dalam gelaran yang akan dihelat pada 21-25 Agustus 2019 ini, pengunjung akan diajak menyaksikan beragam kreasi musik, makanan, serta atraksi seni dan budaya.

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali
Pesta Kesenian Bali via Instagram.com/aylecarg

Satu lagi acara unggulan dari Pulau Dewata. Dari segi skala, Pesta Kesenian Bali mungkin jadi salah satu terbesar di daftar ini. Pelaksanaannya direncanakan antara 15 Juni hingga 13 Juli 2019 atau hampir satu bulan lebih.

Ribuan seniman dari penjuru Pulau Dewata bakal tumplek blek di acara luar biasa ini. Selain itu bakal ada beberapa kompetisi menarik untuk menghibur para turis lokal maupun mancanegara.

F8 Makassar

Meriahnya F8 Makassar
Meriahnya F8 Makassar via Instagram.com/f8makassar

Salah satu event tahunan terbesar di Makassar. F8 sendiri merupakan istilah untuk menyebut fashion, food, fiction writer, fonts, fine art, folks, fusion, flora, fauna, dan film. Deretan karya kreatif tersebut bakal ditampilkan, dalam festival yang tahun ini bakal dihelat di Pantai Losari antara 4-8 September 2019.

Itulah sederet acara unggulan Kemenpar 2019 yang bisa Teman Traveler sambangi sepanjang tahun ini. Dari 10 gelaran menarik di atas, manakah yang paling menarik minat kalian? Next

ramadan
Jessica Mila Liburan di Bali

Liburan Jessica Mila di Bali, Si Cantik Pemeran Utama Film Mata Batin 2

Hotel dengan Rooftop di Jogja

6 Hotel dengan Rooftop Bar di Jogja, Menikmati Cantiknya Kota Gudeg dari Sisi Lain