in ,

Sejuknya Air Terjun di Lampung, Bikin Pingin Terus Nyemplung

4 Air Terjun Megah di Lampung

Bicara tentang Provinsi Lampung, tak melulu soal konservasi gajah di Taman Nasional Way Kambas. Masih ada Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, hutan hujan tropis yang menjadi rumah untuk beragam spesies dengan eksistensi di ujung tanduk. Pun begitu dengan potensi wisata alam pada provinsi paling selatan pulau Sumatera ini. Salah satunya adalah kemegahan air terjun yang akan memukau setiap pelancong yang datang.

Baca juga : Uklam-uklam Heritage Kayutangan, Lepas Kangen Tempo Dulu di Malang

Curup Gangsa

Batu-batuan curup gangsa yang eksotis
Batu-batuan curup gangsa yang eksotis [image source]
Curup Gangsa terletak pada Kabupaten Way Kanan, di bagian paling utara provinsi Lampung. Bersumber dari patahan sungai Way Tangkas dan memiliki ketinggian 50 meter juga lebar pematang sekitar 20 meter. Sekelilingnya, dipenuhi dengan hijau tanaman yang sesekali tertutup kabut. Tak terlalu pekat, namun khas dengan suasana perbukitan.

Arus yang deras
Arus yang deras [image source]

Air Terjun Lembah Pelangi

Panorama air terjun Lembah Pelangi
Panorama air terjun Lembah Pelangi [image source]
Berada di Kabupaten Tanggamus yang notabene memiliki kontur perbukitan, membuat cuaca sejuk begitu kental terasa pada air terjun dengan jatuhan yang deras ini. Dengan ketinggian kurang lebih 90 meter dan debit air begitu besar, membuat air yang jatuh sangat deras. Sedikit turun ke bawah terdapat sebuah kolam air panas, namun tanpa aroma belerang yang menusuk hidung.

Dikelilingi tanaman hijau
Dikelilingi tanaman hijau [image source]

Air Terjun Putri Malu

Kolam di bawah jatuhan air terjun
Kolam di bawah jatuhan air terjun [image source]
Masih berada pada kabupaten Way Kanan, tempat ini memiliki panorama megah. Dengan tebing lebar membentang juga jatuhan air terjun yang tinggi menjulang, Putri Malu adalah surga yang tersembunyi di balik hutan Kecamatan Banjit. Berendam di segarnya air yang membentuk kolam adalah kegiatan yang menyenangkan, namun jangan terlalu dekat dengan jatuhan airnya.

Debit air yang besar dan air terjun yang deras
Debit air yang besar dan air terjun yang deras [image source]

Air Terjun Way Tayas

air terjun Way Tayas
air terjun Way Tayas [image source]
Way tayas terletak di kaki gunung Rajabasa, tepatnya di kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Jatuhan airnya cukup tinggi dan deras. Jika matahari sedang terik, percikan-percikan dari air ini terbias caha dan menimbulkan pelangi. Akses menuju ke tempat ini pun tergolong seru, perjalanan trekking dihiasi dengan perkebunan kakao dan kopi pada sisi jalan.

Way tayas dari kejauhan
Way tayas dari kejauhan [image source]
Masih banyak potensi di Provinsi Lampung yang sangat layak untuk dijadikan destinasi plesir. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga keasriannya. Jelajah provinsi Lampung yuk.

 

  Next

ramadan
Resort mewah di Maratua

Resort Mewah di Maratua dengan Pemandangan yang Memukau

Rasakan Sensasi Berenang Bersama Penyu di Danau Moko