in , , ,

Air Terjun Terinting di Kalimantan Barat, Keindahan di Atas Awan

Fi air terjun terinting

Tidak hanya di Jawa saja air terjun di Pulau Borneo juga sangat menakjubkan. Salah satunya Air Terjun Terinting di Kalimantan Barat. Berada pada puncak perbukitan sehingga keindahannya seperti di atas awan. Lokasi yang pas untuk berpetualang serta liburan seru Teman Traveler. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 11 Destinasi Wisata Kabupaten Karawang, Siap Membawamu ke Dunia Penuh Petualangan

Air Terjun di Atas Awan

Air terjun di atas awan
Ilustrasi via instagram telajak.jalan

Air terjun Terinting atau biasa disebut Rombo Terintik yang berada di Bukit Terinting ini, merupakan air terjun tipe multi-step yaitu terdiri dari dua undakan pancuran. Memiliki ketinggian mencapai 50 mdpl, jadi pemandangan sekitar puncaknya seakan berada di atas awan. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Selain itu alam sekitar yang menakjubkan akan menyapa Teman Traveler di sini, mulai dari view pegunungan, hamparan hutan rimbun serta perbukitannya. Panorama ini bisa membuat pikiran tenang serta menyejukkan mata, sangat cocok menjadi lokasi refreshing.

Jalur Trekking Menantang

Jalur trekking menantang
Ilustrasi via instagram hndropriyono

Meski terkenal memiliki jalur trekking menantang tetapi semua akan terbayarkan jika sampai tujuan. Teman Traveler harus melewati jalur hutan dan tebing menanjak dan licin, membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan sampai puncak air terjun. Untuk pemula dan pertama kali ke sini, disarankan menyewa pemandu trekking dari masyarakat sekitar dengan biaya mulai Rp 30 ribu saja.

Setelah sampai bukit, Teman Traveler bisa bermalam di sini dengan membangun tenda atau penginapan setempat. Sebab, momen matahari terbitnya sangat mempesona tidak boleh terlewatkan.

Rute dan Lokasi

Rute dan lokasi terinting
Ilustrasi via instagram ai_direction

Selanjutnya rute menuju air terjun yaitu jika Teman Traveler dari kota Pontianak mengambil jalan menuju Kabupaten Landak atau daerah Ngabang. Kemudian melewati daerah Serimbu sampai Dusun Engkangin dan Dusun Jamu Teman Traveler bisa beristirahat. Lalu melanjutkan trekking dengan memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam perjalanan.

Air Terjun Terinting berlokasi di Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sempatung Lawek, Kalimantan Barat. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian ulasan Air Terjun Terinting di Kalimantan Barat, bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler selanjutnya. Jaga selalu protokol kesehatannya ya. Next

ramadan
Fi satu arah coffee

Satu Arah Coffee di Muntilan, Kafe Dengan Suasana Pantai

Fi pulau Sombori

Pulau Sombori di Sulawesi Tengah, Surga Dunia yang Dijuluki Raja Ampat Mini