in , ,

Air Terjun Tretes Pengajaran, Pesona Alam di Jombang

Air Terjun Tretes Pengajaran di Jombang Setinggi 150 Meter

Air Terjun Tretes Pengajaran Jombang (c) prasetia bayu Travelingyuk
Air Terjun Tretes Pengajaran Jombang (c) prasetia bayu Travelingyuk

Jika menyebutkan air terjun tertinggi di Jawa timur biasanya kalian akan terpikikan Air Terjun Madakaripura yang berada di Kabupaten Probolinggo, bukan? Rupanya di Jombang juga ada air terjun yang tingginya hampir sama dengan Madakaripura yaitu Air Terjun Tretes Pengajaran. Simak ulasan lengkapnya, ya.

Baca juga : All You Need to Know About Galungan and Kuningan

Lokasi Air Terjun

lrm_export_20191206_200428_RFJ.jpg
Penampakan air terjun dari kejauhan (c)prasetia bayu/ Travelingyuk

Air Terjun Tretes Pengajaran berlokasi di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Berada di ketinggian kurang lebih 1000 mdpl di lereng pegunungan Anjasmoro.   

Meskipun berada di wilayah Kecamatan Wonosalam, air terjun ini lebih ceoat di akses melaluli Kecamatan Bareng (jika kalian dari kota Jombang). Sampai di bumi perkemahan dusun Pengajaran kalian lurus terus, dari sini jalanan mulai rusak. Tapi tenang, sekitar 200 meter sudah sampai di parkiran sepeda motor kok.

Ojek Air Terjun

Kalian akan di kenakan tarif Rp2.000 untuk parkir sepeda motor. Dari parkiran masih harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 km. Jika kalian takut capek berjalan sejauh itu, kalian bisa banget kok naik ojek yang mangkal di parkiran motor. Tarif sewa ojek sendiri  Rp. 20.000 sekali jalan.

Itu akan menghemat waktu dan tenaga, sekitar 10 menit naik ojek sampailah di loket masuk air terjun. Jika ingin menghemat uang dan lebih memilih berjalan kaki dari parkiran ke loket, perjalanan kalian akan memakan waktu sekitar 30 menit. jangan kawatir, karena di sepanjang perjalanan terdapat warung yang menjual jajanan dan air mineral. 

Harus Treking

Air Terjun Tretes Pengajaran Jombang
Tampak dari bukit yang berada di dekat air terjun (c) prasetia bayu/ Travelingyuk

Setelah membayar tiket masuk ke Air Terjun Tretes Pengajararan sebesar Rp10.000an, kalian diharuskan treking kembali. Kali ini tak ada ojek yang mengantarkan karena memang sudah termasuk kawasan tahura. Jalan setapak dengan sebelah kiri jurang mengharuskan lebih hati hati dalam berjalan.

Di tengah perjalanan rasa capek akan hilang dengan pemandangan Air Terjun Tretes Pengajaran dari kejauhan. Nampak air terjun yang sangat tinggi, tak salah jika air terjun Tretes pengajaran menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa timur. Setelah 15 menit berjalan kaki, sampailah di lokasi air terjun.

Air Terjun Setinggi 150 Meter

Air Terjun Tretes Pengajaran Jombang
Air di bawah air terjun yang tidak terlalu dalam (c)prasetia bayu/ Travelingyuk

Air Terjun Tretes Pengajaran mengalir deras dengan tinggi sekitar 150 meter. Jika  kabut menyelimuti ujung air terjun, seakan air terjun turun dari langit. Air terjun ini aliranya tak begitu deras dengan kedalaman air di sekitarnya tak terlalu dalam. Sehingga cocok banget dibuat untuk mandi.

Tapi tetap hati hati, sebab bahaya longsoran batu yang berasal dari atas air terjun bisa saja terjadi. Untuk fasilias yang tersedia di lokasi air terjun adalah toilet dengan bangunan yang permanen. Kalian bisa buang air atau  hanya sekadar ganti pakaian setelah bermain air di air terjun. 

Tips Mengambil Foto

lrm_export_20191206_203341_EcJ.jpg
Tampak 2 aliran air terjun (c)prasetia bayu/ Travelingyuk

Karena Air Terjun Tretes Pengajaran ini sangatlah tinggi, jadi usahakan mengambil foto lebih menjauh dari lokasi aliran air. Sehingga air terjun dapat terfoto secara keseluruhan. Posisi kamera bisa juga kalian buat format potret. 

Semakin tertarik untuk berkunjung, bukan? Maka masukkan Air Terjun Pengajaran ke dalam daftar tempat wisata saat berada di Jombang. Next

ramadan

Jembatan Sumatera Barat, 4 Spot Foto Instagenic Terkeren

4 Mitos Tempat Gaib di Indonesia yang Bikin Merinding