in ,

Lontong Dharma di Pemalang, Temani Pecinta Kuliner Sudah Lebih 100 Tahun

Inilah Lontong Dharma di Pemalang yang Berusia Lebih 100 Tahun

Lontong Dharma
Lontong Dharma

Jika traveling ke Pemalang, ada banyak kuliner yang bisa kamu coba kenikmatannya. Paling terkenal adalah Nasi Grombyang dan Sate Loso. Ada satu tempat lagi yang legendaris dan sudah berpuluh-puluh tahun eksis. Sampai sekarang pun masih menjadi jujukan saat orang-orang traveling ke Pemalang, namanya adalah Lontong Dharma. Seperti apa ya kuliner Pemalang satu ini?

Baca juga : Soto Tangkar Mahmud Tangerang Selatan, Setia Menemani Sejak Pasca Reformasi

Lontong Dharma Berusia Lebih 1 Abad Lamanya

Lontong Dharma yang melegenda, via Instagram/kabarpemalang
Lontong Dharma yang melegenda, via Instagram/kabarpemalang

Mutia (50) merupakan pemilik Warung Lontong Dharma, merupakan generasi ketiga bisnis kuliner keluarga ini. Usia tempat makan di Pemalang ini ternyata telah lebih dari seratus tahun. Awalnya, sang kakek yang merintis usahanya berjualan dengan menggunakan pikulan. Kemudian, ayah Mutia juga meneruskannya dengan memanfaatkan gerobak.

Pilihan kala jelajah Pemalang, via Instagram/primagung
Pilihan kala jelajah Pemalang, via Instagram/primagung

Usaha Lontong Dharma sudah memiliki tempat menetap. Usianya memang lebih dari seratus tahun, tapi citarasanya tetap sama. Pasalnya sang penerus masih mempertahankan resep warisan keluarga.

Usaha kuliner ini juga tidak memperkerjakan orang lain untuk menjaga kerahasiaan resep Lontong Dharma. Cita rasa yang begitu istimewa dan bikin tergoda untuk segera mencicipinya.

Cita Rasa yang Boleh Diadu

Pilihan dengan sate uniknya, via Instagram/dhuta_oldscoot
Pilihan dengan sate uniknya, via Instagram/dhuta_oldscoot

Sekilas, olahan lontong di sini tak jauh beda dengan pada umumnya. Namun, rasanya boleh diadu. Aromanya gurih dan memiliki harum tauco yang cukup kuat. Salah satu rahasia kenikmatan olahan lontong di sini adalah memanfaatkan bahan-bahan alami dan tak menggunakan penyedap rasa.

Rekomended untuk dicoba, via Instagram/markthambas
Rekomended untuk dicoba, via Instagram/markthambas

Satu porsi lontong di sini berisi irisan lontong, taoge, gorengan, kerupuk, dan kuah santan yang gurih. Dipadu dengan sate ayam kampung yang sudah disiram dengan kuah santan, bikin rasanya makin istimewa saja.

Alamat Lontong Dharma yang Melegenda

Sate ayam yang unik, via Instagram/ririenloch
Sate ayam yang unik, via Instagram/ririenloch

Sangat menggiurkan buat dicoba, bukan? Kamu bisa langsung meluncur ke Jl. Veteran Pemalang. Di samping Pasar Anyar dan berada di dekat alun-alun. Bukanya mulai dari jam 07:00 hingga 16:00 WIB. Tak perlu khawatir bikin kantong jebol. Dua porsi lontong ditambah 5 sate hanya Rp50.000 saja.

Kamu perlu mencobanya supaya bisa tahu perbedaan Lontong Dharma dengan yang lainnya. Jika berkunjung ke Pemalang, pastikan jangan lupa mencobang kuliner yang rasanya bikin terkenang satu ini, ya. Next

ramadan

Miliki Monumen Al-Qur’an Berukuran Besar, Alun-alun Cianjur Makin Instagenic

Destinasi Pilihan Wisata Durian di Jogja dan Sekitarnya, Surganya Pecinta King of Fruit!