in , ,

Alun-alun Mojokerto, Tempat Teduh dengan Beragam Spot Menarik di Dalamnya

Ada perpustakaan juga di sini

Mojokerto sebagai daerah industri tidak lantas membuat kota ini tak punya spot menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Alun-alun Kota Mojokerto atau Mojokerto Square. Lalu ada apa saja sih di tempat ini? Simak eberapa hal berikut ini.

Baca juga : 5 Kuliner Sehat Berbumbu Kacang, Cita Rasanya Tak Bisa Ditawar

1. Ada Tugu Kebanggaan

alun-alun mojokerto
Tugu di alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di bagian tengah alun-alun terdapat sebuah tugu yang berukuran cukup besar dan bentuknya unik. Masyarakat setempat menamakannya sebagai “Cermin Pengilon” atau cermin untuk mawas diri. Keberadaan tugu di alun-alun ini sebagai tanda penyerahan kekuasaan Mojokerto ke tangan pemerintah Indonesia dari tangan kolonial Belanda.

2. Ada Peralatan Perang dan 3 Buah Candi

alun-alun mojokerto
Sebuah meriam di dalam alun alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain tugu, Teman Traveler juga bisa melihat meriam yang sudah tak terpakai lagi. Kemudian ada juga tiga buah candi yang ikut menghiasi alun-alun. Salah satunya memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dari dua lainnya.

alun-alun mojokerto
Bentuk candi dengan 8 pendamping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk dua candi yang sama terbuat dari batu bata merah. Lalu terdiri dari candi utama dengan 8 candi pendamping yang mengelilinginya. Kemudian, candi yang paling berbeda terletak di belakang alun-alun. Bentuknya mirip dengan Candi Brahu dan ukurannya pun cukup besar dari dua candi sebelumnya.

alun-alun mojokerto
Bangunan yang mirip Candi Brahu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

3. Ada Area Bermain dan Olahraga

alun-alun mojokerto
Patung gajah Sumatra (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di Alun-Alun Kota Mojokerto ini juga ada sebuah tempat bermain bernama Taman Bermain Nastoria. Diresmikan tanggal 17 Juli 1989, monumen peresmian terletak di sebuah balok yang menjadi pijakan dari patung gajah Sumatera.

lrm_export_20190811_115056_zYT.jpg

Di taman bermain ini terdapat beberapa wahana yang dapat dimainkan. Seperti ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga alat olahraga yang bisa digunakan pengunjung.

4. Ada Spot Foto Unik

lrm_export_20190811_115402_h9Q.jpg
Spot foto di alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini kalian juga bisa melihat spot foto yang unik. Di dekat pintu masuk bagian selatan, terdapat kumpulan foto menarik yang dipajang di beberapa pigura sederhana. Para pengunjung bisa melihat foto-foto tersebut sambil menjadikanny sebagai spot untuk mengabadikan momen.

5. Terdapat Area Khusus Lansia

lrm_export_20190811_115142_xR0.jpg
Area khusus lansia (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain menyediakan tempat berolahraga, ada area khusus lansia dengan track jalan kaki yang terbuat dari bebatuan. Track ini sangat baik untuk memperlancar peredaran darah bagi para lansia. Tapi, track ini masih bisa digunakan untuk semua kalangan

6. Ada Perpustakaan Ruang Terbuka Hijau

lrm_export_20190811_115245_zz5.jpg
Perpustakaan Ruang Terbuka Hijau (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kemudian ada juga sebuah Perpustakaan Ruang Terbuka Hijau. Perpustakaan ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Dengan adanya perpustakaan ini diharapkan pengunjung yang datang ke area alun-alun bukan hanya bermain, tapi juga menyempatkan diri untuk belajar.

7. Menjadi Tempat yang Teduh Bagi Pengunjung

alun-alun mojokerto
Area teduh alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di Alun-alun Kota Mojokerto kalian akan banyak menemukan tanaman hijau yang sangat rindang. Salah satu yang menarik perhatian adalah pohon kelapa sawit yang berjajar rapi mengelilingi alun-alun ini. Berpadu dengan tanaman hijau lainnya membuat alun-alun menjadi lebih sejuk.

Itulah sekilas mengenai Alun-alun Mojokerto yang menjadi tempat nyaman di tengah panasnya kota. Kalau kalian ingin mengunjunginya, bisa mampir ke Jl. KH. Hasyim Ashari Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto Next

ramadan

Harina, Akomodasi Cepat Surabaya – Bandung

5 Tempat Makan di Sekitar Omicho Tradisional Market Jepang