in , ,

Nongkrong dan Jajan Seru di Angkringan Gadjah, Tempat Hits Anak Muda Jogja

Angkringan Gadjah, Resto Berkonsep Angkringan di Sleman Jogja

Angkringan Gadjah
Angkringan Gadjah

Yogyakarta terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan’, begitulah quote terkenal dari Joko Pinurbo. Angkringan memang sudah melekat dengan kota ini. Hampir di sepanjang jalan, pasti dengan mudah menemui warung tenda tersebut. Semakin ke sini, tempat nongkrong favorit anak muda ini dimodifikasi menjadi resto yang lebih modern, salah satunya Angkringan Gadjah. Penasaran apa yang ditawarkan? Ini ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Baca juga : Pagoda Shwedagon, Tempat Disimpannya Helaian Rambut Buddha

Angkringan Berikon Gajah

Tempat nyaman Angkringan Gadjah oleh Annissa Saputri
Tempat nyaman suasana tenang (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Rumah makan ini memang beda dengan angkringan, tapi menu yang ditawarkan tak jauh beda. Dengan ikon gajah, Angkringan Gadjah di di Jalan Kaliurang Km. 9, Sleman berdiri sejak tahun 2016. Tempat makan dengan paduan konsep tradisional dan modern ini mudah dituju. Sementara, bukanya setiap hari dari pukul 11.00 hingga 24.00 WIB.

Dekorasi bertema gajah oleh Annissa Saputri
Dekorasi bertema gajah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Konsep Jawa Tradisional dengan Sentuhan Modern

Dekorasi ruang utama oleh Annissa Saputri
Dekorasi ruang utama(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki tempat makan ini, Teman Traveler akan disambut beberapa patung gajah di depan pintu depan. Di ruang utama, menu disajikan di meja ala angkringan dengan pilihan beraneka ragam. Di ruangan tersebut konsep Jawa sangat kental dengan properti bergaya vintage. Tampak televisi kuno, telepon jadul, dan beberapa barang-barang khas jaman dulu. Di sisi timur ruangan terdapat meja kursi dengan latar dinding bergambar wayang.

Ruang indoor oleh Annissa Saputri
Ruang indoor(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sementara untuk area outdoor-nya cukup luas dengan pendopo berukuran besar lengkap meja kursi kayu di tengah. Tak hanya itu, di sisi utara terdapat rumah kayu ala Jawa. Meski konsep tempat makan ini adalah tradisional-vintage, rupanya pengelola tak ingin ketinggalan untuk memadukan sentuhan modern dengan menghadirkan bean bag. Adanya bean bag ini, pengunjung bisa lebih bebas bersantai dan menjadikan sensasi berbeda menyantap menu angkringan di Jogja dengan cara kekinian.

Area outdoor oleh Annissa Saputri
Area outdoor(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Spot Foto yang Kece Abis

Spot apik berfoto oleh Annissa Saputri
Spot apik berfoto(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Masih di area outdoor, terdapat spot yang kerap dijadikan latar berfoto para pengunjung. Spot ini merupakan jendela-jendela kayu ala vintage. Tak jarang pengunjung yang datang ingin mengabadikan momen di sini terlebih dahulu sebelum menjelajah sudut angkringan lainnya. Bagaimana dengan Teman Traveler, berminat untuk OOTD-an di sini kan?

Suasana angkringan oleh Annissa Saputri
Suasana angkringan(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pilihan Menu yang Menggugah Selera

Nasi 'kucing' ala Angkringan Gadjah oleh Annissa Saputri
Nasi ‘kucing’ ala Angkringan Gadjah(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Seperti namanya, Angkringan Gadjah menyajikan berbagai menu ala angkringan. Pilihan menu yang ditawarkan beragam dan membuat pembeli bingung saking banyaknya. Dari pilihan nasinya, kita tak hanya menjumpai nasi sambal teri dan nasi oseng tempe saja, tapi ada banyak varian, seperti nasi sambal udang, nasi tuna, nasi kikil, nasi cumi, nasi langgi, dan nasi dengan varian lainnya.

Aneka sambal oleh Annissa Saputri
Aneka sambal(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memang menu nasi bungkus lebih simple. Namun, di sini juga menyediakan lauk dan sambal terpisah untuk bisa dipilih dengan bebas sesuai selera. Ada 30 macam yang ditawarkan, seperti misalnya sambal wader, sambal bajak, sambal Bali matah, sambal jengkol, sambal kecombrang, sambal mangga, sambal pete, sambal belut, dan masih banyak lagi. Bagi penggemar pedas, wajib untuk coba aneka sambal ala Angkringan Gadjah ini. Harganya mulai Rp3.500.

Sate dan lauk yang menggiurkan oleh Annissa Saputri
Sate dan lauk yang menggiurkan(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sementara itu berbagai sate yang disajikan tak kalah buat ngiler. Ada sate usus, telur puyuh, ati ampela, kepiting, bakso salmon, paru, babat, bakso keju, sate brutu, hingga udang tempura. Hadirnya pilihan menu dan lauk yang bervariasi ini, tak sedikit yang membuat pembeli menjadi kalap.

Lebih Hemat dengan Menu Paket

Menu paket hemat oleh Annissa Saputri
Menu paket hemat (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menu-menu yang tersaji di meja, ada pilihan lain yang bisa bikin Teman Traveler lebih hemat tapi tetap kenyang. Ada menu Paket Sambal yang terdiri dari nasi, lauk, tiga macam sambal, dan lalapan. Selain itu ada menu Tampah Kenyang dengan sajian nasi, dua macam sayur, dan lauk. Kedua menu hemat tersebut bisa dicicip dengan membayar seharga Rp 20.000. Yang lebih terjangkau, yaitu paket All You Can Eat seharga Rp16.500 dimana menu ini terdiri dari nasi, tiga macam sayur, dua lauk, dan minum.

Ketan durian oleh Annissa Saputri
Ketan durian (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang doyan ngemil ada juga paket Jajanangkring. Dengan paket tersebut teman Traveler akan mendapat jajanan dan minum dengan harga Rp15.000. Isinya meliputi ketan srundeng, jadah bakar, dan gorengan. Selain jajanan, ada dessert yang jadi favorit di Angkringan Gadjah, yaitu Es Ketan Durian. Semangkok Es Ketan Durian berisi ketan putih, durian, dan jelly yang dipadukan dengan es dan susu.

Aneka Wedang yang Menyegarkan Tenggorokan

Menikmati wedhang menyegarkan oleh Annissa Saputri
Menikmati wedhang menyegarkan(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Wedhang jahe sepertinya menjadi salah satu signature beverage di angkringan pada umumnya. Namun di Angkringan Gadjah ini, bisa mencoba berbagai wedhang (minuman) yang beda. Ada bandrek, teh tarik, wedhang uwuh, beras kencur, wedhang tape, kopi tubruk, setup jambu, jahe jeruk, dan masih banyak lagi. Seperti wedhang tape, meski minuman ini memiliki rasa yang asam, tapi begitu diteguk akan memberikan sensasi yang menyegarkan. Untuk harga minuman di sini mulai Rp6.500.

Wedhang tape oleh Annissa Saputri
Wedhang tape(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Resto bertajuk angkringan ini memang sudah banyak disambangi oleh berbagai kalangan. Tak hanya makan, ada yang berkunjung hanya untuk nongkrong sambil ngopi, rapat, arisan, atau reuni. Tempatnya yang asyik dan menunya yang lengkap, tidak salah jika mampir ke Angkringan Gadjah. Setuju kan? Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

KA Galunggung Gratis Sampai Januari, Banyak Wisata Asyik Menanti

Homestay warna-warni jaksa agung

Homestay Warna-Warni Jaksa Agung di Malang Ini, Instagenic dan Hanya 39 Ribuan Per Malam