in , , , ,

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Menciptakan Destinasi Berkelas Dunia

fi anugerah desa wisata indonesia

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 telah dibuka Menparekraf, Sandiaga Uno pada Rabu 14 Juli 2021. Kegiatan bertajuk Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan destinasi berkelas dunia, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga : 4 Oleh-oleh Berbahan Umbi Khas Malang yang Menyehatkan

Pariwisata Berkelas Dunia

pariwisata kelas dunia
Ilustrasi via instagram latin.spirit

Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 yang telah berlangsung pada hari Rabu 14 Juli 2021 merupakan ajang untuk menjadikan desa wisata yang ada di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Sekaligus membangun motivasi bagi pengelola desa untuk mengembangkan dan menjadikan desa sebagai penggerak ekonomi dengan mengedepankan kearifan lokal. Hal tersebut dikatakan oleh Sandiaga Uno saat meluncurkan kegaiatan ‘Bimtek & Workshop Online ADWI 2021.

Pengembangan Desa Wisata

fokus pengembangan desa wisata
Ilustrasi via instagram jadesta.official

Selanjutnya Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menambahkan, salah satu program unggulan pengembangan pariwisata saat ini menjadi fokus pemerintah terutama Kemenparekraf adalah pengembangan desa wisata.

Pengembangan destinasi berkualitas dan berkelanjutan harusnya dimulai dari pengembangan wisata pedesaan sebab ketangguhan pariwisata nasional terdapat di pedesaan. Salah satu cara mewujudkannya dengan menyelenggarakan kegiatan ADWI ini.

Diharapkan Mendorong Semua Pelaku Wisata

diharapkan mendorong semua pelaku wisata
Ilustrasi via instagram jadesta.official

ADWI 2021 ini memiliki tema Indonesia Bangkit, diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat dan bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi covid-19.

Terdiri Tujuh Kategori Penilaian

terdiri tujuh kategori
Ilustrasi via instagram jadesta.official

Kemudian pemilihan desa wisata Indonesia tahun ini terdiri dari tujuh kategori diantaranya penilaian homestay, toilet, souvenir, desa digital CHSE, konten kreatif dan daya tarik wisata. Kategori tersebut menjadi tolak ukur bagi desa wisata dan pelaku ekonomi di desa wisata untuk mengembangkan desa agar lebih berkualitas serta berkelanjutan.

Sebelumnya launching ADWI 2021 telah dilakukan pada 30 April 2021. Rangkaian selanjutnya yaitu registrasi oleh para pelaku desa wisata melalui website, lalu dilakukan penilaian oleh dewan juri dan pemenangnya akan ditentukan pada 7 Desember 2021 mendatang.

Demikian penjelasan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai bentuk pengembangan serta bangkitnya pariwisata di tanah air dari pandemi covid-19. Next

ramadan

Museum Astronomi Shanghai Terbesar di Dunia Akan Segera Dibuka

Desa Ollon di Tana Toraja

Desa Ollon, Indah dengan Sungai Amazonnya Indonesia