in ,

Ayam Goreng Mbah Karto, Warung di Sukoharjo Langganan Presiden Jokowi

Ayam Goreng Mbah Karto di Sukoharjo

Keluarga Jokowi di Warung Mbah Karto
Keluarga Jokowi di Warung Mbah Karto

Mau di mana dan menunya apa, warung yang disinggahi oleh Presiden Joko Widodo selalu hits di media sosial. Setelah Dawet Telasih di Pasar Gedhe dan Kopi Tuku, kali ini Ayam Goreng Mbah Karto yang menarik perhatian pecinta kuliner. Warung yang berada di Sukoharjo ini tidak hanya sekali dikunjungi, tapi menjadi tempat makan langganan keluarga Jokowi. Lalu, apa sih keunikannya? Simak ulasannya berikut yuk!

Baca juga : The Legendary Kari Bihun Tabona of Medan

Warung Sederhana yang Berusia Setengah Abad

Bagian depan warung Mbah Karto
Bagian depan warung Mbah Karto via instagram/@shirleypermatasari31

Ayam Goreng Mbah Karto, begitulah orang mengenal warung di Jalan Jaksa Agung R. Suprapto, Jombor, Kota Sukoharjo ini. Tempatnya tak luas dan menyerupai rumah joglo khas Jawa. Sementara bagian dalamnya berisi deretan kursi jadul lengkap dengan meja. Ornamen di dinding tak banyak, tapi ada beberapa foto Presiden Soekarno hingga Jokowi yang terpajang rapi. Sederhana, tapi tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan masih bertahan hingga kini.

Bagian dalam warung Mbah Karto
Bagian dalam warung Mbah Karto via instagram/@spamnya_aunicp

Ayam Sederhana dengan Rasa Istimewa

Potongan ayam di warung Mbah Karto
Potongan ayam di warung Mbah Karto via instagram/@fennywijanarko

Seperti tempat makannya, menu di warung Mbah Karto juga sederhana dan tak banyak variasi. Hanya sajian ayam  berupa dada, paha, kepala, dan rempelo ati yang disajikan bersama seporsi nasi. Keunikan dari menu di sini adalah racikan bumbunya yang sangat gurih hingga meresap ke bagian terdalam daging. Bahan yang digunakan juga dari ayam kampung kemanggang, yang berusia sekitar empat hingga 6 bulan. Karenanya, tesktur daging di sini empuk banget.

Potongan ayam yang menggugah selera
Potongan ayam yang menggugah selera via instagram/@irmahartono_mc

Sambal Blondho Favorit Jokowi

Sambal Blondho
Sambal Blondho via instagram/@erna_pramasari

Meski tak tertulis, ternyata kamu bisa memesan lauk tambahan seperti tahu, tempe, serta urap. Menu ini satu paket dengan sambal pedas yang menggugah selera. Namanya Sambal Blondho yang memiliki warna gelap. Sambal unik ini terbuat dari endapan santan yang dicampur dengan cabai, gula merah, serta bumbu dan dimasak hingga kecokelatan. Rasanya, tak terlalu pedas melainkan cenderung gurih asin.

Sambal khas Warung Mbah Karto
Sambal khas Warung Mbah Karto via instagram/@enishayla

Minuman Tradisional yang Menggugah Selera

Ayam goreng Mbah Karto
Ayam goreng Mbah Karto via instagram/@whatvinaeat

Menikmati menu racikan generasi kedua Mbah Karto memang kurang pas jika belum memesan minuman tradisionalnya. Ada berbagai macam menu dari es beras kencur, es kunyit asam, es jeruk, es tape, dan banyak lainnya. Harganya juga terjangkau, begitu pula dengan makanannya. Hingga artikel ini ditulis, kamu bisa menghabiskan uang Rp60.000 untuk dua orang. Murah meriah kan?

Menu di Warung Ayam Mbak Karto
Menu di Warung Ayam Mbak Karto via instagram/@vonnylie19

Warung Ayam Goreng Mbak Karto ini sebenarnya sudah menjadi tempat makan langganan Jokowi sebelum menjadi presiden dan walikota. Menu yang dipesan juga tak berubah, yaitu ayam yang lengkap dengan sambal blondho. Bagaimana denganmu, berniat untuk mencoba kuliner enak di Sukoharjo ini? Next

ramadan

Inspirasi Liburan Cantik ala Pevita Pearce, Semuanya Ada di Indonesia

Hotel di Karangasem Bali, Sisi Lain Pulau Dewata yang Indah dan Tenang