in , ,

Bali Eco Deli, Kafe Unik Ramah Lingkungan di Nusa Lembongan

Jaga Lingkungan Sambil Ngafe di Bali Eco Deli

Bali Eco Deli
Bali Eco Deli (c) Helga Christina/Travelingyuk

Makanan sehat dan resto eco-friendly belakang cukup tren. Hal ini seiring kian tingginya keprihatinan terhadap menumpuknya sampah plastik, terutama di lautan. Semakin hari makin banyak bisnis kafe dan restoran di Bali menerapkan konsep ramah lingkungan plus menu sehat. Salah satu yang patut Teman Traveler kunjungi adalah kafe Bali Eco Deli di Nusa Lembongan.

Baca juga : Panaitan Island, a Surfing Paradise on Ujung Kulon

Seperti apa konsep unik yang diusung tempat ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Berada di Pusat Keramaian

Bagian depan Bali Eco Deli (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bali Eco Deli berada di Nusa Lembongan, pulau kecil di sekitaran Bali. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit, menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Lokasinya berada di pusat keramaian, tepatnya di kawasan Jungut Batu. Mereka buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 21.00.

Makanan Sehat

Menu sehat nan menggiurkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Soal kualitas tidak usah ditanya. Semua sajian di sini dibuat menggunakan bahan organik dan diambil langsung dari kebun sendiri. Mereka juga menyediakan berbagai jenis minuman seperti espresso, cappuccino, latte, berbagai jenis jus.

Nikmati beragam minuman menyegarkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa menikmati salad buah, granola muesli, serta berbagai jenis kue-kue. Saya sendiri sempat mencoba kelezatan brownies di sini. Intinya, kafe cantik ini memang cocok untuk para vegan dan vegetarian

Fasilitas Nyaman dan Memanjakan

Interior di sekitar kafe (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bali Eco Deli memang tidak terlalu luas, namun suasana di dalamnya terasa sangat nyaman. Sekelilingnya ditumbuhi deretan tanaman hijau. Bangunannya didominasi material kayu, sementara atapnya terbuat dari daun kelapa.

Jangan khawatir masalah koneksi Internet. Mereka menyediakan WiFi dengan kecepatan cukup memadai. Sangat pas bagi yang ingin bekerja di sini.

Eco Deli juga menyediakan gratis refill air minum bagi pelanggan yang membawa botol sendiri. Namun bagi yang mengisi di botol plastik, akan dikenakan biaya tambahan. Hal ini merupakan dari upaya kafe untuk mengedukasi pelanggan agar hidup dengan prinsip ramah lingkungan.

Tak heran jika mereka juga menghindari penggunaan plastik sekali pakai. Bagi yang tertarik, Bali Eco Deli juga menjual tumblr serta tas kain untuk mendukung gerakan ramah lingkungan.

Komitmen Terhadap Lingkungan

Suasana asri di dalam kafe (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bali Eco Deli ternyata sudah menerapkan konsep ramah lingkungan sejak 2017. Kala itu mereka membuat panel tenaga surya yang sanggup menghasilkan listrik 25 kW per hari. Dengan demikian, listrik yang mengaliri tempat ini benar-benar berasal dari sumber daya alam dan ramah lingkungan.

Kafe ini juga menerima botol plastik bekas, kantong plastik, kotak susu dan jus, serta baterai bekas dari pelanggan. Setelah terkumpul, semua limbah tersebut akan diproses untuk didaur ulang. 

Bagaimana Teman Traveler, sangat menarik bukan? Tak hanya menikmati kuliner, di sini kalian juga bisa mendapat banyak pengetahuan menarik soal prinsip hidup ramah lingkungan. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ilustrasi Paspor Terkuat Dunia 2019 via Instagram @miss_finny

Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia 2019, Indonesia Termasuk?

Hotel Murah Dekat Venue Konser Ed Sheeran via topaz.id

Hotel Murah Dekat Venue Konser Ed Sheeran, Pesan Dari Sekarang!