in , ,

Begini Cara Berfoto dengan Puncak Merapi Tanpa Harus Mendaki

Caranya mudah dan tidak membahayakan

Gunung Merapi sampai saat ini menjadi favorit para wisatawan untuk mendaki. Namun sayangnya, seringnya gunung ini erupsi membuat semua orang mengurungkan niat untuk mendaki ke puncaknya. Tapi, kalian tak perlu kecewa dengan ini, karena kalian bisa berfoto dengan Puncak Merapi tanpa harus mendaki. Penasaran dengan caranya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Sop Kambing Kumango, Kuah Lezatnya Bikin Melongo

Begini Cara Selfie dengan Puncak Tanpa Harus Mendaki

berfoto dengan puncak merapi
Tanda pengesahan bunker (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin berfoto dengan puncak Gunung Merapi tanpa mendaki bisa berkunjung ke Bunker Kaliadem. Bunker ini berada di Dusun Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Bila dijangkau dari pusat kota Jogja, Teman Traveler membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sementara untuk menuju lokasi bisa mengendarai sepeda motor atau mobil.

Bila ingin lebih seru, Teman Traveler bisa menyewa Lava Tour Jeep Merapi. Harga berkisar Rp350.000 per jeep untuk 4 orang. Disediakan juga jeep kapasitas 6 orang atau 8 orang dengan harga yang berbeda. Untuk rute tour, Teman Traveler bisa request kepada petugas.

Ada Mitos Mistis  

berfoto dengan puncak merapi
Bunker saat siang (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Bunker Kaliadem dulu berfungsi sebagai benteng perlindungan kala Merapi erupsi. Desain bangunan dibuat menjorok ke bawah tanah dengan anak tangga yang dibuat sempit serta pintunya berlapis besi.

berfoto dengan puncak merapi
Pemandangan sekitar bunker (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Meski begitu, tetap saja ada dua relawan yang meninggal dunia saat bersembunyi di sana. Sejak kejadian ini, banyak warga dan beberapa pengunjung mendengar suara tangisan atau jeritan di sekitar bunker.

Ada Pemandangan Eksotis di Setiap Sudut

img_20200118_075157_1_n8e.jpg
Berfoto dengan puncak Merapi (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Kegagahan Puncak Merapi nampak lebih bagus kala pagi atau sore hari. Sementara jika ingin melihat gerombolan awan putih, Teman Traveler dapat berkunjung sekitar pukul 09.00 WIB. Tidak ada tiket masuk ke kawasan Bunker. Kalian hanya membayar retribusi wisata Kabupaten Sleman sebesar Rp5.000 per motor.  

Setelah melewati bangunan bunker, pengunjung bisa berjalan naik mendekati puncak. Untuk melakukan aktivitas ini, gunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman agar tidak terantuk batu-batu tumpahan lahar. Selain itu, siapkan topi sebagai pelindung panas, karena di siang hari cuacanya sangat terik.   

Ada Tips Berfoto Agar Hasilnya Indah 

inshot_20200120_161523668_1_HWY.jpg
Berfoto dengan properti tanaman liar (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Untuk berfoto di sini, ada tips supaya hasilnya lebih indah. Yaitu menggunakan properti untuk berfoto. Biasanya, pengunjung di sana memanfaatkan tanaman liar yang bisa kalian pegang sebagai properti. Selain itu, Teman Traveler juga bisa berfoto di atas bebatuan besar yang ada di sekitar bunker. Kalian bisa berdiri atau duduk di atas batu tersebut dengan berlatarkan Gunung Merapi.

img_20200118_073254_1_KMF.jpg
Batuan sebagai properti foto (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Itulah cara berfoto dengan Puncak Merapi tanpa harus mendaki. Kalian bisa berfoto sepuasnya, tanpa khawatir akan keselamatan diri. Nah, apakah kalian ingin mencobanya setelah ini? Next

ramadan

Museum Bertertema Unik di Kota Kanazawa, Salah Satunya 21 Century Museum of Contemporary Art

Satu Hari Jelajah Wisata Alam Seputar Cikole, Temukan Spot Instagenic