in ,

Demi Menonton Piala Dunia, Bersepeda ke Rusia Pun Dilakoni Pria Ini

Bersepeda Demi Menonton Piala Dunia, Hobi Memang Tak Bisa Dihentikan

Jika menggemari sebuah hobi, apapun akan dilakukan meskipun butuh pengorbanan yang besar. Walaupun harus rela menyebrang laut dan benua, tetap saja harus tercapai. Seperti apa yang dilakukan Clifin Francis, pria asal India yang nekat bersepeda ke Rusia demi menonton piala dunia. Upah kerjanya sebagai guru freelance matematika sebesat 40 dollar per hari tidak dapat menghalangi ambisinya untuk bersepeda demi menonton Piala Dunia.

Baca juga : The Edge Restaurant Medan, Makan Malam Romantis Serasa Dewa

Perjalanan Bersepeda Dimulai dari Iran

Clifin Francis dalam perjalanannya menuju rusia via instagram/clifin_francis

Perjalanan Francis dimulai dengan ke Dubai setelahnya baru dia menyebrang ke Iran dengan menggunakan kapal. Baru setelah sampai di Iran, Francis baru memulai perjalanan dengan sepeda. Dari Iran, jarak yang harus ditempuh masih sepanjang 4200 kilometer menuju ibukota Rusia.

Menempuh Perjalanan Selama 5 Bulan

Foto yang diambilnya saat di Iran via instagram/clifin_francis

Perjalanan Francis dimulai pada tanggal 23 Februari 2018. Meskipun terbang dari Dubai dan perjalanan bersepedanya dari Iran, waktu yang ditempuh untuk untuk sampai ke Rusia. Setelah menempuh perjalanan selama lima bulan, guru matematika ini sampai di Tambov, sekitar 460 km dari Moskow, pada tanggal 26 Juni 2018.

Dilarang Masuk di Dua Negara

Memang memiliki hobi bersepeda via instagram/clifin_francis

Namun perjalanannya menuju Rusia tidak mudah. Dia sempat diberhentikan di perbatasan Azerbaijan. Karena tidak memiliki uang yang cukup, Francis mendirikan tenda. Namun hambatan tak berhenti sampai di situ saja. Sesampainya di Georgia, Francis dihentikan dan ditolak untuk masuk. Hingga akhirnya ia menemukan rute baru di Azerbaijan yang berbatasan dengan wilayah Dagestan, Rusia.

Sempat Dilarang Masuk Karena Kehilangan Berat Badan

Clifin Francis menyempatkan selfie di tengah perjalanannya via instagram/clifin_francis

Francis dihentikan di Azerbaijan lantaran ciri-ciri fisiknya tidak dapat dikenali. Petugas perbatasan sama sekali tidak dapat mengenalinya sama sekali. Penampilannya sama sekali berbeda, karena banyak kehilangan berat badan saat bersepeda jarak jauh. Wajahnya sangat jauh berbeda dengan yang tertera pada identitas. Petugas perlu memverikasi data selama delapan jam.

Jika memang hobi, apapun akan dilakukan. Seperti apa yang dilakukan oleh Clifin Francis demi melihat Piala Dunia 2018. Menempuh perjalanan ribuan kilo pun dilakukan. Bagaimana perjuanganmu untuk mendukung tim kesayangan? Next

ramadan
Ilustrasi nonton bareng Piala Dunia

Pilihan Camilan Nonton Piala Dunia, Seru Meski Cuma Lewat TV

Pilihan Wisata di Karangasem Bali, Super Eksotis