in ,

Bu Sie Itek, Nasi Gulai Bebek Lezat Asli Aceh

Kuliner Bu Sie Itek Bireuen

Termasuk penggemar kuliner olahan daging bebek dan tengah berada di Aceh? Maka tak ada salahnya jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bireuen. Daerah yang sempat menjadi basis utama Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini memiliki masakan khas berbahan dasar bebek bernama Bu Sie Itek atau yang bernama nasi gulai bebek dalam bahasa Indonesia.

Baca juga : The Heritage Palace, Destinasi Hits Bernuansa Lawas di Solo

 Bu Sie Itek Bireuen
Bu Sie Itek Bireuen [image source]
Meskipun memang di Bireuen ada banyak sekali masakan yang populer seperti mie kocok Geurugok dari Gandapura, rujak manis dan bakso Gatok dari Kuta Blang sampai sate matang dari Peusangan, kunjunganmu tak akan lengkap sebelum menyantap Bu Sie Itek. Untuk mencicipinya pun tak sulit, karena kamu tinggal bertandang ke kawasan jalan Ramai di pusat Kota Juang, Kabupaten Bireuen saat sore hari. Di sana bakal ada banyak sekali penjual yang berjejer-jejer.

 Bu Sie Itek Bireuen
Bu Sie Itek Bireuen [image source]
Ada dua macam Bu Sie Itek yang bisa kamu pilih yakni yang puteh serta meurah. Untuk jenis meurah memiliki kuah berwarna merah yang dimasak dengan bumbu cabe merah sehingga berasa pedas. Sementara Bu Sie Itek puteh mempunyai kuah berwarna putih dan tidak pedas. Dimasak dengan bumbu rempah khas dataran Rencong, kamu akan merasakan kuah kari yang sangat dan tak akan dijumpai di daerah lain.

 Bu Sie Itek Bireuen
Bu Sie Itek Bireuen [image source]
Dengan harga mulai Rp13.000 per porsi, kamu akan memperoleh satu bungkus nasi putih lengkap dengan potongan gulai daging bebek beraroma kari rempah-rempah yang memikat perut siapapun. Rahasia kelezatan Bu Sie Itek adalah pada daging bebek yang lembut karena memang dimasak sangat lama dengan baluran bumbu remah seperti cabe, bawang, merica, lada, ketumbar dan lainnya.

Meskipun zaman terus berkembang dan semakin banyak saja kuliner khas Aceh yang seolah tergerus waktu, Bu Sie Itek membuktikan kalau memang layak disantap lintas generasi. Bahkan saat bulan puasa tiba, para penjaja gulai bebek ini begitu laris manis lantaran diburu. Kamu yang tidak terlalu suka daging bebek, jangan berkecil hati. Karena para penjual juga menyiapkan potongan daging/hati ayam. ikan, pepes udang hingga ikan asin yang sangat cocok berpadu dengan kuah kari. Jadi, yuk kita ke Bireuen! Next

ramadan

Sambut Natal dan Tahun Baru, Kini Kota Malang Bersalju

Kuliner Malam Bawah Tenda di Jakarta, Enak dan Ramah di Kantong