in ,

Bubur Ase Khas Betawi, Tetap Bertahan Meski Nyaris Hilang Disapu Zaman

Bubur Ase di Betawi yang Hampir Punah

Bubur Ase di Betawi
Bubur Ase di Betawi

Saat membahas bubur di Jakarta, kebanyakan yang lebih terkenal adalah Bubur Ayam Cirebon ataupun Bubur Ayam Sukabumi. Namun tahukah kamu jika Betawi memiliki bubur legendaris yang sekarang keberadaanya makin langka. Rasanya juga unik, bikin orang penasaran. Namanya adalah Bubur Ase khas Betawi. Yuk kita ulas supaya kekayaan Betawi tidak hilang begitu saja.

Baca juga : Kapal Karam di Perairan Indonesia Ini Konon Simpan Harta Karun, Penasaran?

Bubur Ase Khas Betawi yang Kian Langka

Kian tergerus oleh zaman, via Instagram/waroeng.eyang
Kian tergerus oleh zaman, via Instagram/waroeng.eyang

Keberadaan bubur ase sekarang ini sudah semakin langka saja. Bahkan di Ibu Kota, hanya ada beberapa tempat saja yang menyajikan kuliner asli Jakarta ini. Bubur ase ini seakan menjadi penanda adanya masa lalu. Bubur ase ini sudah mulai muncul berpuluh-puluh tahun yang lalu. Rasa serta tampilannya spesial dan beda dengan yang lainnya.

Ase sendiri digadang-gadang merupakan kepanjangan dari ‘Asinan’ dan ‘Semur’. Ada pula yang menyebutkan jika “Ase” di sini memiliki arti dingin, karena bubur ini disajikan dalam kondisi dingin. Kombinasi asinan dan semur memang terasa asing, namun siapa sangka kedua bahan ini bisa juga disatukan, kenyataanya rasanya juga enak dan menggugah selera.

Seporsi Kenikmatan Bubur Ase yang Patut Dilestarikan

Bubur Ase khas Betawi, via Instagram/nyamfoodies
Bubur Ase khas Betawi, via Instagram/nyamfoodies

Satu porsi bubur ase biasanya akan ada bubur beras dengan siraman kuah semur yang manis. Kemudian ditambah dengan asinan sayur seperti halnya sawi, taoge, timun, lokcoi, dan juga sepotong semur (bisa daging, telur, ataupun kentang). Kemudian ditambah dengan kacang tanah goreng, kerupuk dan emping.

Biasanya juga ditambah dengan teri Medan gorang, makin gurih saja. Buat kamu yang suka pedas, ada sambal yang terbuat dari cabai mentah. Satu porsi kenikmatan yang akan membuat kamu terheran-heran, paduan yang tak biasa namun rasanya istimewa.

Tempat Berburu Bubur Ase di Ibu Kota

Kombinasi kuah semur dan asinan, via Instagram/_mamijo_
Kombinasi kuah semur dan asinan, via Instagram/_mamijo_

Bubur ase ini memang sudah sangat langka di Ibu Kota. Penjualnya hanya tinggal beberapa saja. Ada Bubur Ase Bang Lopi yang terkenal dengan kenikmatannya. Alamatnya berada di Kebon Kacang. Harganya juga cukup terjangkau, Rp15.000 saja. Buat kamu yang tertarik mencicipi bubur ase buatan Bang Lopi, datang di pagi hari mulai dari 06:00 sampai dengan 12:00 WIB.

Bubur Ase khas Betawi, via Instagram/im_as_cool
Bubur Ase khas Betawi, via Instagram/im_as_cool

Ada juga lokasi lain yang bisa kamu kunjung yakni Bubur Ase Ka Ela Gang. H. Said di Tanah Abang. Di sini juga masuk jajaran legendaris. Satu porsi lengkap dengan kerupuk warna warninya, dipatok Rp8.000 sampai dengan Rp15.000.

Yuk jika sedang berada di Jakarta, coba bubur asli Betawi ini. Jangan sampai warisan budaya nenek moyang hilang, kasihan anak cucu kita tidak mengetahui bubur dengan cita rasa begitu nikmat ini. Next

ramadan

Luweng Sampang Waterfall, a Wonderfully Unique Waterfall

Ini Lho 4 Bandara dengan Toilet Instagenic, Indonesia Termasuk