in , ,

Bukit Cumbri, Indahnya Panorama Alam dari Ketinggian Wonogiri

Kalian yang suka mendaki, wajib ke sini!

Alam Indonesia memang tak henti-hentinya menawarkan beragam keindahan. Salah satunya adalah Bukit Cumbri yang terletak di antara Ponorogo dan Wonogiri. Bukitnya yang tidak terlalu tinggi dan mempunyai panorama mengagumkan, menjadikan bukit ini jadi jujugan favorit para pecinta alam. Kalau kalian penasaran dengan bukit tersebut, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Menjajal Mesin Waktu Kuliner Bantul di Kampoeng Mataraman

1. Lokasi Bukit

bukit cumbri
Salah satu spot di bukit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bukit Cumbri berada tepat di perbatasan Ponorogo dengan Wonogiri, tapi secara administratif bukit ini berlokasi di Wonogiri. Tepatnya di Jl. Raya Ponorogo-Wonogiri. Kita bisa menempuh perjalanan ke tempat ini menggunakan mobil ataupun motor, karena akses menuju lokasi pun sudah diaspal mulus, hanya beberapa meter sebelum area parkir yang masih berupa jalanan tanah.

2. Ada Beberapa Fasilitas yang Disediakan

bukit cumbri
Gapura masuk bukit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika kita sudah sampai di area parkir kendaraan, kita akan mendapati beberapa fasilitas umum yang disediakan untuk wisatawan di area parkir. Di dekat tulisan selamat datang, kita langsung bisa melihat sebuah mushalla dengan sebuah kamar mandi di sampingnya.

Jalanan menuju bukit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk kita yang datang ke lokasi wisata Bukit Cumbri ini dengan mengendarai motor, lokasi parkir sudah tersedia dengan baik dilengkapi dengan atap. Sedangkan untuk yang membawa mobil, kita bisa parkirkan mobil dengan leluasa di jalanan yang luas di depan area parkir.

bukit cumbri
Biaya parkir (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk tarif parkirnya bisa dibilang tergolong murah. Untuk motor, dikenai biaya Rp3.000 dan mobil Rp10.000. Lalu, bagi yang menginap, tarif parkirnya berbeda lagi. Untuk mobil Rp20.000 dan motor Rp8.000.

bukit cumbri
Fasilitas warung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, di sini juga ada warung yang menyediakan makanan dan minuman. Menariknya, semua makanan dan minuman di sana dibanderol antara Rp1.000 – Rp5.000 saja. Kemudian, warung juga menyediakan fasilitas stop kontak untuk mengisi daya smartphone dengan tarif Rp1.000 / jam.

3. Jalur yang Menantang

bukit cumbri
Jalur menuju bukit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski hanya memiliki ketinggian 638 mdpl, jalur pendakiannya tidak boleh disepelekan. Ini karena jalur menuju puncak didominasi bebatuan dan juga tanah berpasir. Walaupun begitu, pemandangan pepohonan hijau di sekelilingnya membuat kita sedikit terhibur saat menikmati perjalanan.

4. Ada Gubuk untuk Beristirahat

Gubuk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di tengah pendakian kita bisa menemukan gubuk yang dapat digunakan untuk mengembalikan stamina kita. Tapi perlu diingat, istirahat jangan terlalu lama, karena bisa membuat kita mudah lelah dalam perjalanan selanjutnya.

5. Panorama Indah dari Atas Bukit

Panorama dari puncak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Perjalanan yang memakan waktu hampir 1 jam dengan track menantang akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan. Ketika sampai di puncak bukit, kita bisa melihat hamparan luas pemandangan bukit-bukit kecil yang menghijau. Lebih indahnya lagi, ketika kalian datang pada saat matahari terbit. Teman Traveler dijamin terpana akan panoramanya.

Itulah Bukit Cumbri yang indahnya pantang kalian lewatkan saat berkunjung ke Wonogiri. Dijamin tidak rugi apabila mampir ke bukit satu ini. Tapi harus diingat, Teman Traveler perlu menyiapkan fisik dulu sebelum mendaki, karena jalur sangat menantang. Next

ramadan
Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu di Timor, Cantiknya Bikin Gak Mau Pulang

Nikmatnya sajian rempah di mie aceh Bungong Seulenga

Nikmatnya Sajian Rempah di Mie Aceh Bungong Seulenga