in ,

Cakue Peneleh Pasar Atom, Camilan Legendaris di Surabaya yang Wajib Dicoba

Langganan artis
Langganan artis

Pasar Atom selama ini memang jadi tempat berkumpulnya makanan lokal legendaris di Surabaya. Karena hal inilah, tidak jarang wisatawan yang jalan-jalan ke Surabaya mampir ke Pasar Atom. Ada salah satu camilan yang wajib dicoba. Namanya adalah Cakue Peneleh yang legendaris dan unik. Mau jalan-jalan ke Surabaya? Pastikan yang satu ini masuk daftarmu.

Baca juga : Itinerary 2D2N di Kota Jogja, Kulineran dan Bersenang-senang Sampai Khatam

Cakue Peneleh Sudah Ada Sejak Tahun 1988

Cakue Peneleh original, via Instagram/mgjastip.sby
Cakue Peneleh original, via Instagram/mgjastip.sby

Cakue Peneleh merupakan salah satu jajanan legendaris Surabaya yang umurnya sudah 30 tahun lamanya. Tepatnya dirintis sejak tahun 1988 yang lalu oleh Tjio Le Loe dan Kho Sioe Yan. Awalnya, tempat ini menawarkan kue cakue polos pada umumnya. Namun di tahun 1994 yang lalu, mereka berinovasi membuat cakue yang ternyata digemari oleh para pelanggan yang datang.

Cakue Berbeda dengan Isian yang Tak Biasa

Cakue yang berbeda, via Instagram/cakue.peneleh
Cakue yang berbeda, via Instagram/cakue.peneleh

Inovasi cakue di sini adalah dengan menambahkan cincangan udang dan ayam ke dalamnya. Unik sekali, bukan? Dengan perbedaan yang sangat unik inilah, dari hari ke hari kuliner Surabaya ini menjadi semakin terkenal saja. Cacahan daging ayam ataupun udang dimasukkan ke dalam belahan cakue kemudian digoreng sampai kering dan renyah.

Cakue daging dan udang, via Instagram/duoeaters
Cakue daging dan udang, via Instagram/duoeaters

Ukuran cakue di sini juga bisa dibilang cukup besar, khususnya yang original. Hanya makan satu sampai dua, kamu akan kekenyangan. Pasangan cakue di sini pas disantap dengan saus tomat, cuka, juga bawang putih. Kamu juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh ya Teman Traveler.

Pilihan Jajanan Selain Cakue Peneleh

Pilihan menu lainnya, via Instagram/andreyongz
Pilihan menu lainnya, via Instagram/andreyongz

Paling banyak diburu memang cakue. Namun, ada banyak juga jajanan lain yang bisa kamu cicipi kenikmatannya. Mulai dari roti goreng, kompyang, bika ambon, onde-onde, ote-ote sampai beragam minuman yang hangat. Untuk cakue ada yang sudah digoreng (siap dimakan) dan juga dalam bentuk froozen (dingin bisa dibawa pulang).

Alamat Lengkap Cakue Peneleh

Langganan artis, via Instagram/erlina.liang
Langganan artis, via Instagram/erlina.liang

Cakue Peneleh berada di Jl. Bunguran No. 45, Bongkaran, Surabaya. Tepatnya berada di Pasar Ato Lama Tahap III, lantai I. Dari pintu masuk belakang Pasar Atom yang letaknya berseberangan dengan POP Hotel, lurus kemudian masuk ke dalam gerbang terus belok kanan.

Bukanya mulai jam 09:00 hingga 17:00 WIB. Usahakan untuk datang lebih awal supaya tidak antri lama-lama ya, Teman Traveler. Satu buah cakue original dipatok Rp5.000. Sementara yang rasa udang dibanderol Rp6.000.

Surabaya juga tidak jauh beda dengan kota lainnya di Indonesia, banyak sekali kuliner legendaris yang bisa diburu. Tak hanya rawon atau lontong balap saja ya, jajanan seperti Cakue Peneleh Pasar Atom ini juga bisa diburu. Ada yang pernah coba? Next

ramadan

Aktivitas Seru di Hutan Mangrove PIK, Liburan Menyenangkan di Sekitar Jakarta

Spot Foto Rumah Terbalik di Indonesia, Instagenic Walau Rasanya Jungkir Balik!