in , ,

Jelajah Candi Kedaton & Sumur Upas, Situs Sejarah Tersembunyi di Mojokerto

Ada sedikit nuansa mistis di sini

Daerah Mojokerto memang identik dengan Candi Tikus. Tapi, sebenarnya ada dua situs lain di sana yang juga menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Candi Kedaton dan Sumur Upas. Kalau ingin tahu apa saja yang ada di sana, Teman Traveler bisa simak ulasan berikut ini.

Baca juga : 4 Wisata di Karangasem Bali yang Anti Mainstream, Pulang-pulang Pengen Balik Lagi

Sisa Bangunan Candi yang Terhampar Luas

Candi Kedaton
Sisi jembatan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika masuk ke dalamnya, Teman Traveler bisa melihat pondasi bangunan purkabala yang terhampar. Nah, untuk memudahkan pengunjung melihat-lihat, ada beberapa jembatan yang bisa dilewati.

candi kedaton
Sisi lain situs (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau kalian memperhatikan lebih detail, akan terlihat sumur di bagian tengah situs. Menurut pengelola setempat, sumur ini dinamakan Upas lantaran mengandung racun yang kadarnya sangat tinggi. Bahkan, racunnya pun bisa merusak saraf manusia.

Selain itu, sumur juga dipenuhi oleh hewan-hewan berbisa. Seperti lipan, kalajengking, ular belang dan kodok bangkung. Dari situlah, kadar racun yang terdapat pada Sumur Upas menjadi lebih tinggi. Oleh karenanya, orang-orang di zaman dulu suka memandikan benda pusaka pada Sumur Upas ini.

Keterangan Tertulis yang Memudahkan Pengunjung

candi kedaton
Keterangan di sisi jembatan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler tak hanya bisa menyusuri situs Candi Kedaton dan Sumur Upas ini. Tapi bisa sekaligus belajar tentang sejarah-sejarahnya. Kalian bisa membaca informasinya dari keterangan yang terletak di sisi kanan dan kiri jembatan. Semua infonya lengkap, baik dari penjelasan maupun foto-fotonya.

candi kedaton
Keterangan di dinding (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Merasa kurang informasi? Tenang, di sini juga ada penjelasan yang terdapat pada dinding. Keterangannya tak kalah lengkap kok dengan yang ada di sisi jembatan. Jadi, kalian semakin banyak ilmu deh ketika berkunjung ke candi di Mojokerto ini.

Ada Sisa Candi Kedaton di Pojok Ruangan

candi kedaton
Sisa Candi Kedaton (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat kalian berjalan ke ujung kompleks situs, di sana terdapat sisa bangunan Candi Kedaton. Kemungkinan besar itu adalah bagian pelataran candi dengan sisa anak tangga di depannya. Sisa dari bangunan ini pun benar-benar dijaga dari kerusakan apapun. Maka dari itu, pengunjung dilarang untuk menyentuh atau naik ke bagian atas candi.

Umpak Sentono di Luar Situs Candi Kedaton

lrm_export_20190816_213849_Nqy.jpg
Umpak Sentono (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di bagian luar situs Candi Kedaton dan Sumur Upas, terdapat area yang menarik perhatian. Namanya adalah Umpak Sentono yang merupakan bekas alas penyangga atap pendopo di masa lalu. Struktur bangunan alas ini berbentuk segi 6 dengan sebuah lubang di tengahnya yang diperpirakan bekas berdirinya kayu penyangga bangunan pendopo. Kini, hanya tersisa 16 Umpak Sentono di sana.

Ada Banyak Sesajen di Sekitar Candi

lrm_export_20190816_214026_77y.jpg
Sesajen di situs Candi Kedaton (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Mengelilingi situs Candi Kedaton dan Sumur Upas ada satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dari perhatian. Yaitu banyaknya sesajen berupa bunga-bunga dan dupa yang diletakkan di dalam area komplek situs. Hal ini secara tidak langsung akan membawa nuansa mistis di dalam komplek situs candi ini.

Tapi, kalian jangan pernah takut untuk datang ke sini. Situs Candi Kedaton dan Sumur Upas ini sangat menarik buat kalian kunjungi. Di sini kalian bisa belajar banyak hal.

Bagi yang sedang berlibur ke Mojokerto, jangan lupa datang ke situs satu ini. Lokasinya terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Jadi, kapan kalian ingin datang ke sini? Next

ramadan
Bangunan bernuansa Eropa

EcoClub House Malang, Nuansa Eropa di Sudut Perumahan

Pesona Doi Inthanon, Tempat Tertinggi di Thailand Utara