in , ,

Candi Kidal, Pesona Situs Bersejarah di Tengah Kabupaten Malang

Banyak hal yang bisa kalian temukan di sini

Kabupaten Malang mempunyai banyak sekali candi di dalamnya. Salah satunya Candi Kidal yang merupakan candi pemujaan tertua di Jawa Timur. Kalau kalian ingin tahu lebih jauh tentang candi tersebut, bisa menjelajah di bawah ini, ya.

Baca juga : Pilihan Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah, Bikin Keluarga Sumringah

1. Lokasi Candi

candi kidal
Candi Kidal dari kejauhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Situs bersejarah ini berlokasi di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 20 km ke arah timur dari kota Malang. Untuk mencapai tempat ini kalian membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

candi kidal
Papan informasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke dalam area candi, setelah mengisi buku tamu di pos penjagaan, kalian akan melihat sebuah papan informasi. Di sana memuat tentang catatan sejarah Candi Kidal. Semuanya tertulis lengkap dan memudahkan pengunjung memahaminya karena tersaji dalam 2 bahasa, indonesia dan inggris.

2. Bangunan Candi Masih Sangat Terawat

candi kidal
Candi tampak samping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Dari kejauhan sudah tampak jelas kalau bangunan Candi Kidal masih sangat bagus dan terawat. Padahal, pondasi candi sudah ada sejak masa pembangunannya. Hal ini terlihat dari sisi-sisinya terdapat pelipit dan juga ornamen yang senada dengan yang ada di badan Candi.

3. Struktur dan Bentuk Bangunan Candi

candi kidal
Bagian depan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pintu Candi Kidal ini menghadap ke barat, dilengkapi dengan bilik dan ada hiasan kalamakara di atas pintu biliknya. Hiasan kepala dengan mata melotot, mulut terbuka dan 2 taring besar dan bengkok. Di kiri dan kanan pintu bilik terdapat relung kecil tempat meletakkan arca yang dilengkapi dengan bentuk atap di atasnya. Di atas relung-relung ini juga terdapat hiasan kalamakara yang menyeramkan.

lrm_export_20190813_105016_kRn.jpg
Bagian pintu bilik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berbeda dengan di bagian pintu bilik, di sekeliling candi masih ada bagian yang seolah membentuk pintu candi walaupun tidak berlubang. Di atasnya tidak terdapat hiasan kalamakara yang menyeramkan. Tapi di bagian sisi samping kiri, kanan, dan belakang candi ini terdapat motif khas yang mencirikan candi Buddha.

lrm_export_20190813_105158_mjZ.jpg
Atap candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sedangkan pada bagian atap, Candi Kidal berebentuk kotak bersusun tiga yang semakin ke atas semakin mengecil. Puncaknya tidak runcing, tapi berbentuk persegi dengan permukaan yang cukup luas. Di sekelilingnya terdapat lapisan yang dihiasi dengan ukiran bunga dan sulur. 

4. Relief dan Patung Candi Kidal

lrm_export_20190813_104939_yts.jpg
Relief dan patung sekitar candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi Kidal ini mempunyai beberapa relief yang bermacam-macam. Relief pertama menggambarkan seekor garuda menggendong 3 ekor ular besar, relief kedua melukiskan seekor garuda dengan kendi di atas kepalanya dan yang ketiga garuda menggendong seorang wanita. Di antara ketiga relief tersebut, relief kedua adalah yang paling indah dan masih utuh.

Untuk Teman Traveler yang menjelajah wilayah Kabupaten Malang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Kecamatan Tumpang. Walaupun jauh kalian akan mendapatkan banyak pelajaran sejarah berharga dari Candi Kidal ini. Jadi, kapan kalian ingin berkunjung ke sini?  Next

ramadan

4 Tempat Seru Adu Lightsaber ala Star Wars, Ada yang Tinggal Mlipir ke Mall

Nikmati Liburan Akhir Tahun Anti Stres dan Drama, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!