in ,

Nikmati Liburan Akhir Tahun Anti Stres dan Drama, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Aneka tips dan trik agar liburan kalian bahagia

Tak terasa kita sudah masuk penghujung tahun. Berbagai macam tempat wisata dan agensi tur berlomba-lomba menawarkan aktivitas berlibur terbaik. Namun, sudahkah Teman Traveler menyiapkannya dengan benar? Sebagai panduan, berikut 5 tips yang harus kalian ikuti jelang liburan akhir tahun.

Baca juga : Viral Kebun Binatang Kotor, Lakukan Ini Agar Liburan Sambil Jaga Lingkungan

1. Bikin Itinerari dan To-Do-List selama Liburan

Ilustrasi membuat itinerari via Shutterstock

Satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah membuat itinerari atau perencaan perjalanan. Ini penting untuk mencegah liburan kalian jadi berantakan dan tak beraturan. Dengan merancang perjalanan plus to-do-list, Teman Traveler jadi tahu tempat wisata andalan yang layak dikunjungi dan terbebas dari ancaman terkena zonk.

2. Bikin Perencanaan Budget dengan Rapi dan Sistematis

Ilustrasi menabung untuk liburan via Shutterstock

Banyak sekali kejadian turis terlantar di daerah atau negara asing akibat kehabisan uang di tengah liburan. Tentu Teman Traveler tidak mau hal ini terjadi pada kalian, bukan?

Ketika membuat itinerari, jangan lupa untuk merencanakan keuangan juga. Berapa uang yang dipunyai sekarang, berapa uang yang akan digunakan selama liburan, berapa uang yang harus ditabung untuk mencukupi rancangan itinerari, semua itu harus dipikirkan dengan baik-baik.

Dengan merancang budgeting yang rapi dan sistematis, kalian bakal bisa berlibur dengan tenang. Ancaman terlantar di daerah asing takkan menimpa Teman Traveler.

3. Hindari Membuat Terlalu Banyak Janji dengan Orang Lain

Ilustrasi terlalu banyak janji bikin kalian dilema via Shutterstock

Biasanya, Desember merupakan bulan-bulan yang dipenuhi aneka acara menyenangkan, mulai dari pesta semalam suntuk hingga hangout bersama teman-teman sebaya. Tapi ingat! Kalian tentu tidak bisa memenuhi semua acara itu, bukan? Apalagi jika Teman Traveler punya agenda sendiri untuk berlibur ke destinasi wisata favorit.

Maka sebagai saran, aturlah jadwal kalian sebaik mungkin. Jangan sampai bertabrakan hingga membuat Teman Traveler banyak membatalkan jadwal dan mengecewakan teman-teman sendiri.

4. Pesan Hotel dan Tiket Perjalanan Jauh-Jauh Hari

liburan akhir tahun
Ilustrasi memesan tiket perjalanan via Shutterstock

Untuk mendapatkan biaya akomodasi dan perjalanan semurah mungkin, Teman Traveler harus selalu update terhadap pola perubahan harga yang ada. Misalkan untuk mendapatkan tiket pesawat termurah, cobalah memesan penerbangan paling pagi atau membeli di hari tertentu, seperti Selasa.

Sementara untuk meraih kamar hotel dengan harga terjangkau, Teman Traveler bisa memesannya di aneka aplikasi populer yang pastinya sedang panen promo. Selain itu, kalian bisa menginap di hotel yang baru saja dibuka, atau bahkan ikut kuis dengan hadiah akomodasi menarik.

5. Jaga Kesehatan dengan Makan Kuliner Bergizi dan Olahraga Teratur

liburan akhir tahun
Ilustrasi olahraga teratur via Shutterstock

Ini poin yang paling penting. Tentu bukan hal menyenangkan kalau Teman Traveler malah jatuh sakit menjelang atau di tengah liburan? Maka dari itu, mulailah menjaga kesehatan dari sekarang. Bisa dari rutin berolahraga secara teratur dan mengonsumsi kuliner yang bergizi.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan mental, Teman Traveler bisa mulai rutin bermeditasi dan melakukan yoga. Hal ini penting mengingat saat liburan, kalian juga akan dihadapkan pada hal-hal yang memacu daya tahan psikis, misalkan bertemu lingkungan dan budaya baru di tempat berlibur.

Itulah tadi 5 tips penting yang bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan liburan akhir tahun. Selamat berlibur, Teman Traveler! Next

ramadan

Candi Kidal, Pesona Situs Bersejarah di Tengah Kabupaten Malang

5 Destinasi Terbaik Ramah Kantong di Asia 2019,Liburan Ala Travel Influencer Modal 100 Ribuan