in , ,

Yuk Jelajah Candi Plaosan, Tak Kalah Cantik dari Prambanan

Candi Plaosan Bisa Jadi Alternatif Wisata Selain Candi Prambanan

Candi Plaosan
Candi Plaosan (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Jogja merupakan salah satu destinasi liburan populer. Para pelancong menyukai ragam wisata yang ditawarkan Kota Gudeg. Mulai dari gunung, pantai, wisata kuliner, sampai dengan wisata budaya. Keberagaman tersebut didukung mudahnya akses ke kota/kabupaten perbatasan. Salah satunya adalah Klaten, tempat Candi Plaosan berada.

Baca juga : Ini Lokasi Berenang dengan Hiu Paus, Indonesia Memang Serba Ada

Dari segi struktur dan kerumitan, Plaosan tak kalah elok dari Prambanan. Tiket masuknya sangat terjangkau dan jaraknya juga tak terlalu jauh. Seperti apa asyiknya jalan-jalan di sini? Mari kita simak penuturan kontributor Travelingyuk – Annyta Sumarya.

Sedetik dari Candi Prambanan

Salah satu struktur di Candi Plaosan
Salah satu struktur di Candi Plaosan (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Plaosan terletak di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kota Klaten. Lokasinya berada dekat kompleks Candi Prambanan. Bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dilihat sepintas kawasan Plaosan belum terlalu ramai. Namun jangan salah, peninggalan bersejarah ini sebenarnya tak kalah cantik dibandingkan Prambanan. Jika Teman Traveler ingin mencari lokasi wisata yang relatif sepi dan menawarkan suasana lebih tenang, Candi Plaosan adalah solusi tepat.

Plaosan terletak tak jauh dari Jogjakarta
Plaosan terletak tak jauh dari Jogjakarta (c) Annyta Sumarya

Rute menuju Candi Plaosan bisa diakses melalui Jl Laksda Adisutjipto dan Jl Raya Solo-Jogja ke arah timur. Jarak dari pusat kota Jogjakarta kurang lebih 18,9 kilometer atau bisa ditempuh kendaraan bermotor hanya dalam waktu sekitar 38 menit. Cukup dekat bukan, Teman Traveler?

Banyak yang beri julukan Candi Kembar
Banyak yang beri julukan Candi Kembar (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Candi Plaosan konon merupakan persembahan Raja Dinasti Syeilendra untuk istrinya. Kompleks peninggalan sejarah ini terdiri dari dua bangunan utama, Candi Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Tak sedikit orang menyebut lokasi ini sebagai Candi Kembar, karena dua struktur utama tersebut memiliki bentuk hampir sama.

Wisata Sejarah nan Edukatif

Plaosan hadiah dari seorang Raja untuk Sang Istri
Plaosan hadiah dari seorang Raja untuk Sang Istri (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Bicara mengenai candi berarti bicara mengenai sejarah. Seperti yang sudah diulas di atas, Candi Plaosan dibuat seorang raja beragama Hindhu untuk istri tercintanya yang memeluk kepercayaan Buddha. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa bangunan ini merupakan persembahan Rajai Pikatan dari Dinasti Syeilendra untuk Sang Istri Pramodyawardani dari Dinasti Sanjaya.

Candi Plaosan menjadi simbol kekuatan cinta yang sanggup menyatukan perbedaan apapun. Struktur cantik ini juga bisa dianggap sebagai perlambang toleransi antar umat beragama.

Mengajak buah hati berkunjung ke sini bisa menjadi salah satu sarana edukasi yang baik. Anak bisa melihat langsung apa yang sudah diajarkan guru di sekolah.

Salah satu bagian dalam candi
Salah satu bagian dalam candi (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Tiket masuk Candi Plaosan tergolong murah. Teman Traveler cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 per orang. Biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk sepeda motor. Kawasan ini bisa jadi alternatif wisata Candi Prambanan. Selain lokasinya tak beda jauh, tarif masuknya juga ekonomis dan suasana yang ditawarkan relatif lebih tenang.

Pengunjung Dimanja Fasilitas Lengkap

Pemandangan di sekitar kompleks candi
Pemandangan di sekitar kompleks candi (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Fasilitas di kawasan wisata Candi Plaosan cukup lengkap. Selain lahan luas, ada juga mushala dan toilet. Di luar komplek candi terdapat beberapa tempat makan dan pusat suvenir. Warung kopi dan kafe bisa ditemui di belakang kawasan Plaosan.

Teman Traveler tak perlu khawatir jika berkunjung ke Candi Plaosan, semua kebutuhan dijamin aman. Jika perut lapar, tinggal berjalan sedikit ke depan untuk mencari warung makan. Beribadah maupun berbelanja oleh-oleh juga bisa dilakukan di sini.

Plaosan punya nilai sejarah tinggi
Plaosan punya nilai sejarah tinggi (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Berwisata ke candi adalah salah satu bentuk cinta pada sejarah. Bagaimana menurut Teman Traveler? Adakah di antara kalian yang tertarik mengunjungi bangunan peninggalan masa lampau?

Jogja dan sekitarnya punya banyak candi-candi cantik seperti Candi Plaosan loh. Cobalah menjajal wisata Jogja yang memiliki nilai budaya sesekali, karena jalan-jalan tak melulu ke gunung atau pantai, bukan? Selamat liburan, Teman Traveler. Next

ramadan

Written by Annyta Sumarya

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kyoto International Manga Museum, Surganya Pecinta Komik Jepang dengan Koleksi Bacaan Terbanyak di Dunia

Gedung Sate

Keliling Kota Kembang Seharian, Ini Wisata Bandung Murah Meriah