in , ,

Candi Surawana, Secuil Peninggalan Bersejarah yang Punya Pesona Unik

Cerita dari reliefnya cukup menarik nih

Indonesia, khususnya Jawa Timur memiliki banyak sekali peninggalan sejarah. Apalagi kalau bukan candi yang tersebar di berbagai kota. Salah satu situs yang jarang diketahui adalah Candi Surawana yang ternyata punya banyak sejarah menarik di dalamnya. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Asyiknya Wisata Sambil Belajar di PPLH Puntondo

1. Lokasi dan Sejarah Candi

candi surawana
Salah satu candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi Surawana merupakan sebuah situs peninggalan Hindu Siwa dan berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri , Jawa Timur. Lokasi candi ini tidak jauh dari sebuah peninggalan bersejarah lainnya bernama Candi Tegowangi.

Candi yang mempunyai nama asli Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja kerajaan Wengker yang berada dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit. Dalam Kitab Negarakertagama juga diriwayatkan Raja Hayamwuruk dari Majapahit pernah berkunjung ke candi ini di tahun 1361 Masehi.

2. Disambut Puing-puing Candi

candi surawana
Puing-puing candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Keadaan Candi Surawana tidak lagi utuh. Namun, kalian masih bisa menemukan puing-puing candi yang sengaja ditata rapi oleh pengelola Candi Surawana. Bahkan cukup menarik untuk kita jadikan objek foto. Sedangkan di sisi timur komplek candi, kalian bisa menemukan puing-puing bagian tubuh arca. Salah satu pecahan puing arca yang bisa kita temukan adalah arca siwa yang hanya tersisa badan hingga kepalanya.

candi surawana
Puing arca (c) Welly Handoko/Travelingyuk

3. Candi Utama yang Hanya Tersisa Bagian Kaki

candi surawana
Bagian utama candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan semakin masuk ke belakang komplek Candi, kita akan menemukan bangunan utama yang sudah tidak utuh lagi bentuknya. Bahkan yang bisa kita lihat hanya bagian dasar atau kaki candinya. Untuk bagian badan dan puncak candi memang sudah tidak ada sejak awal ditemukan.

4. Mengamati Relief Pada Dinding Candi

lrm_export_20190804_090954_Yw5.jpg
Relief candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pada badan bangunan Candi Surawana terdapat berbagai macam cerita, ini karena reliefnya pun terbagi atas beberapa bagian. Antara lain Relief dalam panel persegi panjang kecil, Relief dalam panel persegi besar, Relief Kakawin Arjunawiwaha, Relief Sri Tanjung, dan Relief Bubuksah.

Tapi dari kesekian banyak relief itu, yang paling menarik diamati adalah Relief Kakawin Arjunawiwaha. Dalam relief itu diceritakan Arjuna yang sedang bertapa di Gunung Mahameru dan digoda 7 bidadari, namun Arjuna tidak tergoda sama sekali. Sampai akhirnya dia diberikan tugas oleh Batara Indra untuk membunuh raksasa pengganggu kayangan. Arjuna pun berhasil membunuhnya dan diberi anugerah menikahi 7 bidadari.

5. Bagian Atas Candi yang Hadirkan Pemandangan Indah

lrm_export_20190804_091012_8GT.jpg
Tangga menuju atas candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meskipun tidak utuh, pengunjung masih bisa ke bagian atas candi. Dengan menaiki tangga kecil yang ada di salah satu sisi candi. Dari sana, kalian bisa melihat keseluruhan komplek candi yang tampak indah. Kemudian, kalian juga bisa melihat kumpulan batu bata merah di sana yang biasa digunakan pengunjung untuk berpijak.

lrm_export_20190804_091056_87o.jpg
Bagian atas candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun sudah tak utuh, Candi Surawana tetap menghadirkan pesona tersendiri. Baik dari puing-puingnya hingga relief yang masih tersisa. Bagaimana, apa kalian tertarik mengunjungi situs bersejarah satu ini? Next

ramadan

Taman Apkasi, Spot Hijau di Balik Pekatnya Lumpur Lapindo

Tips Menghadapi Banjir Saat Berwisata, Liburan Tetap Aman dan Tenteram