in , ,

Candi Tawangalun, Situs Purbakala di Daerah Pesisir Sidoarjo

Ada banyak keunikan di dalamnya

Menjelajah candi di Mojokerto rasa-rasanya sudah jadi hal biasa. Lantas, bagaimana kalau kalian mencari candi di Sidoarjo? Pasti agak susah, ya. Namun, ternyata ada satu candi di Sidoarjo yang bisa kalian kunjungi dan penuh sejarah di balik pendiriannya. Namanya adalah Candi Tawangalun. Kalau Teman Traveler ingin tahu lebih banyak, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Long Bawan Krayan, Ada Desa Adat Suku Dayak Lundayeh di Kalimantan Utara

Sejarah Singkat Candi Tawangalun

candi tawangalun
Bagian depan Candi Tawangalun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Situs purbakala ini mempunyai beberapa cerita di baliknya. Menurut warga setempat, di wilayah ini dulunya pernah ada seorang raja yang berkuasa. Ia bernama Resi Tawangalun, yang konon dirinya merupakan bangsa jin sehingga memiliki kekuatan di luar nalar. Oleh karena itu juga, banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.

Selain itu, dikabarkan juga kalau Resi Tawangalun mempunyai seorang anak perempuan. Konon katanya, anak gadisnya ini memendam rasa cinta kepada Raja Brawijaya yang merupakan penguasa Kerajaan Majapahit.

Lokasi Dan Rute Menuju Candi Tawangalun

candi tawangalun
Jalan menuju candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi Tawangalun berlokasi di Jalan Candi Tawangalun I, Dukuh Kampung Baru RT. 10 RW. 05 Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tepatnya berada di belakang kompleks Akademi Perikanan Sidoarjo (APS). Kalau dari perempatan Gedangan – Sidoarjo. cukup lurus saja sampai menemukan Desa Buncitan.

Jalan Menuju Candi yang Kurang Terlihat

candi tawangalun
Tangga menuju candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler masuk ke area candi, kalian langsung saja menuju ke sisi selatan situs. Di sana akan ada bekas anak tangga yang ditutupi oleh rumput liar untuk mengarah ke candi. Kalau kalian perhatikan lebih detail, susunan tangga ini tidak terbuat dari bata merah seperti candi pada umumnya. Melainkan terbuat dari bebatuan andesit.

Bentuknya Sangat Unik

lrm_export_20190826_063533_i7K.jpg
Penampakan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak seperti candi pada umumnya yang punya kaki, tubuh dan kepala. Candi Tawangalun bentuknya lebih sederhana, hanya berupa tumpukan batu bata. Namun, ini bukan bentuk candi yang sebenarnya, Teman Traveler. Candi berbentuk seperti ini karena bangunan sudah tinggal separuh bagian saja.

lrm_export_20190826_063708_3KR.jpg
Batuan di sekitar candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sementara itu, di halaman candi Teman Traveler akan menemukan tumpukan batu bata merah yang merupakan sisa rontokan bangunan candi yang tersusun melingkar. Belum ada yang tahu apakah struktur awalnya melingkar, atau hanya sekedar disusun melingkar agar terlihat rapi.

Ada Cawan di Sekitar Candi

lrm_export_20190826_063803_Yr4.jpg
Cawan di sekitar candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di bagian depan candi, ada sebuah cawan yang memiliki ukiran dan terbuat dari batuan andesit. Kalau diperhatikan lebih teliti, cawan tersebut mirip dengan umpak atau tatakan kayu sebagai penyangga bangunan. Dulu, cawan tersebut berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan dupa.

Hasil Karya Warga Setempat di Sekeliling Candi

lrm_export_20190826_063636_NoV.jpg
Batuan di sekitar candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sekitar candi ada juga batuan andesit yang diperkirakan merupakan runtuhan candi. Tapi, warga setempat mengukir batuan tersebut sedemikian rupa agar terlihat seperti wajah manusia. Ini dilakuakn supaya candi terlihat lebih menarik. Jadi, bagaimana menurut Teman Traveler hasil ukirannya?

Itulah Candi Tawangalun yang berada di Sidoarjo. Banyak hal yang bisa kalian temukan di sini, mulai dari sejarah hingga benda-benda unik yang belum pernah diliht sebelumnya. Jadi, jangan lupa berkunjung ke sini ketika berada di Sidoarjo, ya. Next

ramadan
Bebek bakar prasamanan di Pandaan

5 Favorit Olahan Bebek Pandan, Gurihnya Bikin Terlena

Menikmati Panorama Pantai Kasap

Pantai Kasap, Mengagumi ‘Raja Ampat’ Lewat Pacitan