in , ,

Candi Wringin Lawang, Pintu Gerbang Menuju Kerajaan Majapahit

Sederhana, tapi ada rahasia besar di dalamnya

Jawa Timur menyimpan banyak sekali destinasi wisata situs peninggalan zaman kerajaan. Seperti Mojokerto yang kaya akan candinya. Salah satunya Candi Wringin Lawang yang masih belum banyak diketahui orang. Kalau kalian penasaran dengan situs ini, bisa simak ulasan berikut, ya.

Baca juga : Bubur Ayam, Sarapan Nikmat di Patangpuluhan Yogyakarta

1. Lokasi Candi

Bagian depan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi satu ini berlokasi di Dukuh Wringin Lawang, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Untuk menuju ke sini kalian cukup melewati jalur utama Mojokerto – Jombang dengan menempuh waktu selama kurang lebih 20 menit dari Kota Mojokerto. Setelah sampai di daerah Jati Pasar kita cukup sedikit masuk ke dalam gang yang terpasang petunjuk arah menuju Candi Wringin Lawang di depannya.

2. Asal Mula Nama Candi

Candi bagian depan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada sebab mengapa candi ini dinamakan Wringin Lawang. Wringin artinya beringin, sedangkan Lawang adalah pintu, apabila dijadikan satu Wringin Lawang diartikan sebuah candi yang berbentuk seperti pintu. Sementara itu tepat di dekat bangunan candi ini dulunya juga ditemukan sebuah pohon beringin besar.

3. Semua Sisi Candi Ada Maknanya

candi wringin lawang
Candi dari samping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Wringin Lawang merupakan salah satu situs yang berbentuk gapura tanpa atap. Menurut sejarah, candi ini diperkirakan adalah gapura menuju salah satu kompleks bangunan yang berada di kota Majapahit zaman dahulu kala. Entah untuk pintu masuk atau keluar.

candi wringin lawang
Detail candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk keseluruhan bangunan terbuat dari bahan batu bata merah. Dari bagian atap sampai dengan kaki candi. Nah, setiap bagian memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan candi lainnya. Pada bagian atap berbentuk piramida bersusun dengan puncak persegi. Sedangkan pondasinya berbentuk persegi.

4. Tidak Ada Relief Pada Candi

candi wringin lawang
Detail dinding candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak seperti candi pada umumnya, situs bersejarah tidak memiliki relief pada dindingnya. Candi ini hanya mempunyai pola natural dari batu bata merah. Kemungkinan besar, ini karena candi hanya berfungsi sebagai pintu masuk atau keluar.

5. Ada Tempat untuk Sesajen di Tengah Gapura

candi wringin lawang
Tempat sesajen (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meskipun hanya sebuah gapura, tapi di sini kalian bisa menemukan tempat sesajen. Tempatnya berupa mangkuk berbahan tanah liat. Menurut penjaga candi, di hari-hari tertentu ada beberapa warga yang masih suka meletakkan sesajen dan berdoa di candi ini .

Itulah sekelumit informasi tentang Candi Wringin Lawang yang ada di Mojokerto. Di sini kalian bisa menemukan banyak sejarah serta keunikan di setiap detailnya. Jadi, jangan lupa mampir ke sini kalau sedang berlibur ke Mojokerto, ya. Next

ramadan

4 Kuliner Super Murah di Indonesia, Ada Soto Harga Seribu

Spot Foto Gratis di Kota Batu, Tetap Eksis Tanpa Bikin Dompet Nangis