in ,

4 Kuliner Super Murah di Indonesia, Ada Soto Harga Seribu

Dijamin enggak rugi kalau sudah makan di sini

Seperti yang kita ketahui selama ini, kalau satu porsi makanan dengan harga Rp5.000 sudah sangat menyelamatkan dompet. Namun, Teman Traveler juga perlu tahu kalau ada beberapa kuliner dengan harga di bawah lima ribu, namun sudah sajikan porsi lengkap. Kira-kira, kuliner super murah apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya. 

Baca juga : Restoran dengan Konsep Unik, Sensasi Makan dalam Kegelapan

1. Nasi Kuning Plus Lauk dengan Harga Rp3.000  

kuliner super murah
Warung Podjok Halal via twitter/RadioElshinta  

Tempat pertama yang menghadirkan menu dengan harga murah adalah Warung Podjok Halal. Warung ini berada di daerah Sunter, Jakarta Utara. Di sini, untuk seporsi Nasi Kuning plus lauk hanya dihargai Rp3.000 . Warung didirikan oleh Muhammad Jusuf Hamka, seorang mualaf keturunan Tionghoa. Tujuannya mendirikan warung makan super murah ini hanyalah untuk berbuat baik.

Warung Podjok Halal sejatinya hanya diperuntukan untuk kaum dhuafa dan fakir miskin. Tapi Jusuf tidak pernah menolak siapapun yang ingin makan di sini. Mereka bebas untuk mengambil nasi dan lauk sepuasnya. Buka setiap hari Senin sampai Jumat saat jam makan siang sekitar pukul 11.00 WIB sampai 12.30 WIB.  

2. Nasi Bungkus Dibanderol Rp.3000 

kuliner super murah
Truk dari Warung Ikhlas via twitter/berbaginasiBGR

Sama seperti Podjok Halal, Warung Ikhlas ini juga menyediakan nasi lengkap dengan sayur dan lauknya yang dijual dengan harga murah yaitu Rp3.000. Dikutip dari laman Kita Bisa, warung ini telah diprakarsai sejak 2012, meskipun baru mulai beroperasi tahun 2013. Habsari Budhi Utami dan Sonnie Wicaksono membuka warung ini dengan tujuan amal dan tidak berorientasi pada profit sama sekali. 

kuliner super murah
Suasana jual beli Warung Ikhlas via instagram/warung_ikhlas_dunsanak

Pada awalnya, mereka mampu membuat 250 bungkus setiap harinya dengan harga Rp2.000. Tapi kini, dengan pertimbangan ketersediaan dana, mereka menjual dengan Rp3.000 dengan minimal 100 bungkus. Fokus mereka kini akan berjualan ke 5 permukiman padat penduduk yang juga sebagai tempat penimbunan sampah. 

3. Mie Ayam dengan Harga Rp2.000 

Rika dan warungnya via twitter/newsragen

Mie Ayam dengan harga Rp2.000 berada di Dukuh Gondang RT 003 RW 007, Desa Grasak, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Mie Ayam ini sempat viral karena netizen takjub dengan harganya yang begitu murah. Pemiliknya yang bernama Rizka tidak terlalu memikirkan keuntungan dari berjualan Mie Ayam, yang penting bagi dirinya bisa bekerja untuk membelikan jajan anaknya. 

Mie Ayam 2000 via twitter/soloinfoID

Lewat postingan warungnya yang viral di Facebook, rezeki Rika dan keluarganya meningkat pesat. Ada yang membayar Rp100.000 dan hanya minta 2 porsi Mie Ayam. Ada juga yang mengirimkan uang Rp100.000 – Rp500.000. Lalu banyak pula pembeli yang datang mengantri di warung Rika. Dalam tempo 4 jam saja, ia bisa menjual 200 porsi Mie Ayam dengan harga super murah tersebut. 

4. Soto yang Dibanderol Rp1.000 

Soto Sewu via Devi Setya/Detik Food

Selanjutnya, ada Soto yang dibanderol dengan harga Rp1.000. Seporsi Soto ini disajikan dalam mangkuk kecil dan porsi lebih sedikit dibandingkan porsi semangkuk Soto biasa. Tapi meski demikian, Sukarni selaku peracik Soto menjamin isian dan rasa Soto tetaplah enak. Kalau semangkuk dirasa kurang, maka bisa tambah sampai puas.  

Sukarni mengatakan pembeli sotonya berasal dari berbagai kalangan, ada ibu-ibu hingga anak-anak. Di sini Sukarni menyediakan dua pilihan porsi Soto yakni Rp 1.000 dan Rp3.000. Untuk soto Rp3.000, tentu porsinya lebih banyak. Warung Soto ini berlokasi di Jl. Raya Slamet Riyadi, Sragen. Buka dari jam 06.00 pagi sampai malam.  

Itulah sejumlah kuliner super murah yang ada di Indonesia. Meski harganya sangat minim, namun kualitas rasanya dapat diadu dengan menu makanan lainnya. Jadi, kalian ingin mencoba yang mana nih?  Next

ramadan
Atta Halilintar Liburan Sekeluarga

Liburan Sekeluarga Jadi Viral! Ini Destinasi Atta Halilintar di Amerika

Candi Wringin Lawang, Pintu Gerbang Menuju Kerajaan Majapahit